Jenis Pelapis Genteng Anti Bocor Untuk Berbagai Kebutuhan

Jenis Pelapis Genteng Anti Bocor Untuk Berbagai Kebutuhan

Sebagai negara dengan dua musim, ada kalanya anda mengalami musim panas yang berkepanjangan dan curah hujan yang tinggi dalam jangka waktu lama, sehingga penting bagi anda untuk memilih pelapis genteng anti bocor yang berkualitas.

Dengan menggunakan pelapis genteng anti bocor akan melindungi genteng anda agar lebih aman dan kuat digunakan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, meskipun anda telah menggunakan jenis genteng yang berkualitas, namun seiring dengan berkurangnya waktu, kekuatan genteng akan berkurang sehingga anda perlu memberikan perlindungan awal saat pembangunan rumah dilakukan.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi pelapis genteng anti bocor untuk melindung rumah anda serta tips merawatnya dengan baik.

penyebab genteng bocor

Penyebab Genteng Bocor

Memiliki jenis genteng dengan bahan terbaik tidak menjadi jaminan bahwa genteng anda bisa bertahan untuk selamanya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kualitas genteng akan semakin menurun karena perubahan cuaca serta sampah yang dapat mempercepat pelapukan.

Tidak hanya itu, beberapa faktor eksternal dan internal juga menjadi penyebab genteng bocor, sehingga anda harus mengetahui solusi yang terbaik bagi mereka.

Karenanya berikut beberapa penyebab genteng anti bocor cara menyelesaikannya dengan jenis pelapis genteng bocor yang sesuai.

Posisi Genteng yang Berubah

Salah satu penyenab umum dari genteng bocor adalah posisinya yang berubah, sehingga tidak selaras satu sama lain.

Hal ini bisa terjadi karena penempatan genteng yang kurang sesuai sejak awal atau angin kenceng yang menyebabkan posisi genteng yang berubah dari tempatnya.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu memilih tukang yang berpengalaman dalam memasang genteng, sehingga pemasangan sesuai dengan tempatnya.

Selain itu, mandor juga perlu mengawasi pekerjaan tukang guna memastikan mereka menempatkan genteng sesuai dengan tempatnya.

Solusi mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah memilih genteng yang berbentuk lembaran, sehingga sekali pemasangan akan sesuai tempatnya serta tidak memakan waktu pemasangan.

Anda juga bisa melakukan pemasangan sendiri, sehingga lebih menghemat biaya dan tidak perlu memanggil tukang renovasi rumah.

Bagian Genteng Rusak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kekuatan genteng akan menurun seiring dengan berjalannya waktu serta perubahan cuaca yang ekstrem.

Hal ini akan menyebabkan beberapa bagian genteng rusak, seperti retak atau patah, sehingga terdapat lubang kecil atau besar yang mencari celah bagi air untuk masuk ke dalam rumah.

Apabila masalah ini dibiarkan terus menerus, maka akan menyebabkan kerusakan rumah lainnya, misalnya pelapukan rangka kayu rumah yang menyebabkan ambrolnya bagian genteng serta terjadi perembesan di bagian rumah tertentu.

Problema ini juga akan menyebabkan estetika rumah yang berkuang karena adanya titik jamur di beberapa tempat serta kerusakan atap rumah yang membahayakan penghuni rumah.

Guna mengatasi masalah tersebut, anda perlu melakukan inspeksi di bagian genteng secara rutin untuk memastikan tidak adanya keretakan atau bagian genteng yang patah.

Apabila anda menemukan salah satunya maka ada baiknya menggunakan pelapis genteng anti bocor yang sesuai dengan jenis atap rumah yang dimiliki.

Lakukan perbaikan di cuaca yang panas agar lebih cepat kering sehingga memberikan proteksi lebih bagi rumah anda.

Namun, pada beberapa kerusakan genteng rumah tertentu, anda mungkin tidak bisa mengandalkan pelapis genteng anti bocor saja.

Akan tetapi diperlukan penggantian pada sebagian atau seluruh bagian genteng agar tidak mengalami kerusakan yang semakin parah.

Penting juga bagi anda memiliki jenis genteng yang memiliki kekuatan ekstra serta sesuai kebutuhan rumah dan jenis cuaca di daerah anda, agar memastikan bahwa atap rumah anda memiliki perlindungan yang kuat untuk jangka waktu lama.

Lakukan juga konsultasi pada mandor atau tukang yang berpengalaman sebelum memilih jenis atap yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Konstruksi Atap Rumah yang Kurang Baik

Selain kerusakan genteng atau atap rumah yang menyebabkan kebocoran, konstruksi atap rumah juga menjadi salah satu penyebab kerusakan hunian.

Hal ini dikarenakan mereka adalah penopang genteng atau atap rumah anda, sehingga apabila anda salah memilih jenis konstruksi dan mengejar harga yang murah, maka akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih jenis konstruksi atap rumah yang sesuai kebutuhan agar sesuai dengan jenis atap atau genteng yang dipilih.

Anda bisa memulainya dengan melakukan survey mengenai jenis genteng yang akan anda pilih, apakah jenis genteng satuan atau lembaran, serta fungsinya untuk jangka panjang.

Bagi calon pemilik rumah yang hendak membangun rumah di hunian tropis, maka ada baiknya memilih jenis genteng yang dapat memberikan rasa sejuk ke dalam rumah, bebas jamur, serta memiliki kekuatan pada curah hujan dan panas yang tinggi, sehingga tidak memengaruhi kerusakan rumah.

Sesuaikan juga dengan desain rumah anda, sehingga saling serasi satu sama lain, beberapa jenis genteng bahkan menyediakan warna yang beragam, sehingga sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda bisa melakukan survey dengan berkunjung ke rumah kenalan atau tetangga dekat yang telah melakukan pembangunan rumah sebelumnya dan meminta ulasan pada jenis genteng yang mereka gunakan, sehingga bisa mengetahui kekuranagn dan kelebihannya.

Lakukan juga survey dengan mengunjungi supermarket bahan bangunan agar bisa melihat jenis genteng yang dipilih serta rekomendasi atap yang sesuai kebutuhan.

Cari tahu juga informasi terbaru mengenai jenis genteng yang beragam, dengan mencarinya di internet atau influencer sosial media tertentu.

Setelah melakukan analisa dan survey yang mendalam, maka anda bisa melakukan konsultasi dengan mandor yang dipilih guna memastikan jenis genteng anda sesuai kebutuhan pembangunan rumah.

Kontraktor tentunya akan memberikan saran yang terbaik guna membeirkan pandangan mengenai jenis genteng yang anda pilih.

Pada proses analisa dan survey jenis genteng terbaik, ketahui juga merk atap rumah yang memiliki kualitas terbaik agar bisa bertahan dalam waktu lama.

Ketahui juga harga genteng rumah, karena setiap jenis atap memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan merk dan kualitas yang dimiliki.

Setelah memilih jenis genteng yang sesuai kebutuhan dan pilihan, jangan lupa untuk memilih kerangka atap yang dapat menanggung beban berat genteng yang dipilih.

Ada baiknya untuk memilih rangka dari besi atau baja sehingga bisa bertahan dalam waktu lama, serta mengurangi resiko serangan rayap.

Jenis rangka dari besi dan baja juga bisa menampung bebragai jenis genteng rumah, sehingga anda tidak perlu bingung untuk menyesuaikan dengan atap yang dipilih.

Pilih juga jenis rangka yang telah memiliki nama di pasaran, sehingga anda merasa aman untuk memilihnya dan mendapatkan garansi yang dalam kurun waktu tertentu.

Cuaca yang Berubah

Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan iklim tropis, sehingga menyebabkan penduduknya cuaca panas sepanjang tahun namun memiliki curah hujan yang tinggi pada durasi waktu tertentu.

Paparan panas sepanjang waktu, tidak hanya menyebabkan kerusakan bagi penghuni rumah, namun juga bahan rumah sendiri.

Sebab hal ini akan menyebabkan jenis genteng tidak mampu menangan serangan panas, sehingga menyebabkan kekuatan genteng berubah dalam jangka waktu tertentu setelah rumah dibangun.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih jenis genteng yang dapat menyerap panas sehingga tidak merusak materila rumah yang dimiliki.

Meminta rekomendasi jenis genteng terbaik dari tukang atau mandor berpengalaman bisa menjadi solusi terbaik dari masalah ini.

jenis pelapis genteng anti bocor

Jenis Pelapis Genteng Anti Bocor Terbaik

Saat membeli genteng untuk pertama kali, anda akan disuguhkan berbagai pilihan genteng dengan desain yang beragam serta perlindungan yang sesuai iklim anda, sehingga rumah tetap terasa sejuk atau hangat di berbagai cuaca.

Namun, anda juga perlu memikirkan pelapis genteng anti bocor yang dapat melindungi rumah anda dari curah hujan ekstrim.

Dengan memilih pelapis genteng anti bocor maka akan memberikan perlindungan ekstra bagi rumah anda serta menghemat pengeluaran untuk melakukan renovasi rumah. Karenanya berikut beberapa jenis pelapis genten anti bocor yang banyak digunakan.

Cat Pelapis Anti Bocor

Cat pelapis anti bocor menjadi salah satu pelapis genteng yang banyak digunakan oleh banyak orang sebab kemudahan untuk menggunakannya serta dapat ditemukan di toko bahan material sekalipun.

Selain itu, warnanya yang beragam menjadikan banyak orang menyukainya sebab dapat mempercantik warna genteng sehingga lebih cerah dan terlihat lebih segar dibandingkan rumah lainnya.

Tidak hanya itu, cat pelapis anti bocor memiliki perlindungan yang lebih kuat, sehingga mampu menampung hujan deras dan cocok digunakan di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Anda juga akan diberikan berbagai jenis cat pelapis anti bocor yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah : 

Alkyd Synthetic

Apabila anda menggunakan genteng dengan bahan tanah liat atau beton, maka jenis cat ini bisa menjadi perlindungan terbaik, sebab mereka memiliki daya tahan yang tinggi terhadap hujan dan jamur, sehingga cocok untuk mencegah kerusakan genteng dalam waktu lama.

Cat pelapis jenis alkyd synthetic juga memiliki hasil akhir yang mengkilap, sehingga memberikan kesan bersih di genteng anda.

Acrylic Resin

Jenis cat ini bisa digunakan jenis genteng asbes, tanah liat, beton, dan besi, mereka pun juga memiliki fungsi yang sama untuk melindungi genteng dari curah hujan yang tinggi serta penjamuran akibat kelembaban udara.

Kelebihan dari jenis cat ini adalah mereka memiliki lapisan yang cukup keras namun cepat kering sehingga mempecepat pekerjaan tukang serta memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air.

Styrene Acrylic

Cuaca yang ekstrem menjadi salah satu penyebab kerusakan genteng rumah, sehingga anda perlu memilih cat pelapis anti bocor yang tepat.

Salah satunya adalah menggunakan cat pelapis jenis styrene dimana mereka cocok untuk digunakan di jenis udara ekstrem karena tahan terhadap jenis cuaca serta memiliki perlindungan terhadap jamur.

Sayangnya, jenis cat ini hanya bisa digunakan di atap asbes dan beton, sehingga tidak bisa digunakan pada genteng yang sembarangan.

Zinc Chromate Primer

Bagi pengguna atap metal. mungkin akan memiliki kebingungan dalam memilih cat pelapis anti bocor, maka Zinc Chromate Primer adalah solusinya.

Dimana cat ini menyediakan perlindungan maksimal yang membantu memperpanjang usia cat genteng, sehingga bisa bertahan lama karena melindungi dari korosi serta karat dan menghemat biaya renovasi dalam waktu dekat.

Waterproof

Cat pelapis jenis waterproof banyak dicari dan digunakan oleh banyak orang sebab dipromosikan secara masif oleh produsen cat, sehingga anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai toko bahan bangunan serta supermarket bahan material.

Salah satu alasan lainnya mengapat cat waterproof banyak digunakan adalah mereka bisa digunakan di berbagai bahan material, seperti kayu, tanah liat, asbes, serta beton.

Selain itu pilihan warna yang beragam juga dapat menyesuaikan dengan desain rumah anda, sehingga dapat meningkatkan estetika hunian anda.

Solvent Base

Anda mungkin tidak familiar dengan nama solvent base, namun anda tentunya mengenal istilah thinner yang ternyata bisa digunakan sebagai cat pelapis anti bocor.

Selain memiliki kekuatan untuk melindungi genteng dari curah hujan yang tinggi, mereka juga dapat mempercantik tampilan genteng dengan hasil akhir yang mengkilat.

Dengan berbagai pilihan cat pelapis anti bocor, anda bisa menggunakannya untuk jenis genteng yang sesuai untuk perlindungan yang kuat.

Di sisi lain, sebelum menggunakan cat pelapis anti bocor, ada baiknya untuk mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan, mengingat jenis cat ini akan menghabiskan biaya yang cukup banyak, mengingat bahah yang dikandungnya.

Ada baiknya untuk menggunakan cat pelapis anti bocor di musim kemarau agar lebih mudah kering dan lapisan tidak hancur karena hujan yang mendadak turun.

Karpet Genteng

Apabila anda memiliki budget yang terbatas namun ingin melindungi genteng anda dari curah hujan yang lebat, maka memilih karpet genteng bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki biaya yang murah dibandingkan cat pelapis anti bocor, sehingga dapat menghemat budget pembangunan atau renovasi rumah yang anda lakukan.

Harga karpet genteng yang murah sebab mereka dijual dalam bentuk per rol, sehingga ditawarkan dengan harga yang beragam tergantung kualitas yang diinginkan.

Biasanya semakin tebal karpet genteng maka akan lebih besar juga biaya yang anda keluarkan dan begitu juga sebaliknya.

Sayangnya dengan harga yang lebih terjangkau, anda tidak bisa berharap terlalu banyak mengenai warnanya, sebab mereka hanya memiliki warna hitam dan merah, sehingga akan mengurangi estetika rumah anda.

Sedangkan untuk cara kerjanya, mereka akan dipasang di bagian bawah genteng yang telah dipasang sebelumnya, sehingga aliran air tidak langsung masuk ke bagian rangka rumah namun melewati karpet tersebut.

Jika anda tertarik menggunakan karpet genteng sebagai cat pelapis genteng, maka ada baiknya anda mengetahui cara memasangnya terlebih dahulu : 

Lakukan Pengukuran Talang Air

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum memasang karpet genteng adalah melakukan pengukuran talang air.

Tentukan rancangan tata letak mengguankan kapur agar mudah terlihat kemudian ukur titik awal, titik tertinggi, serta titik ujung talang tempat pipa vertikal berada.

Pastikan talang air berada di bagian bawah untuk membantu mengalirkan air hujan dengan mudah dan cepat.

Buat Kerangka Kayu untuk Penopang Karet

Kemudian anda perlu membuat kerangka kayu untuk memudahkan dalam membentangkan karpet genteng.

Lakukan pengukuran yang sesuai agar karpet genteng bisa terpasang dengan kuat sehingga proses pembuangan air bisa diselesaikan dengan sempurna.

Anda juga perlu merekatkan karpet genteng dengan lem agar terpasang dengan kuat dan tidak mudah terlepas di kemudian hari.

Pasang Genteng Rumah

Tahapan terakhir yang bisa dilakukan setelah memasang karpet genteng adalah memastikan memasang genteng dengan benar.

Susunlah genteng secara berurutan dan sesuai serta pastikan tidak ada celah yang masuk guna mengurangi resiko kebocoran rumah.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak karpet genteng. sehingga mereka bisa bertahan dalam waktu lama.

Perbaiki genteng bocor sebelum musim hujan tiba bersama ahlinya dengan hubungi http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.

Comments

2 responses to “Jenis Pelapis Genteng Anti Bocor Untuk Berbagai Kebutuhan”

  1. […] berikut beberapa penyebab genteng bocor yang perlu diketahui oleh pemilik rumah serta solusi yang […]

  2. […] tidak mengganggu budget pembangunan rumah yang anda miliki. Berikut beberapa rekomendasi pelapis anti bocor yang bisa anda gunakan agar genteng tidak […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *