8 Cara Perbaikan Atap Rumah Bocor Agar Tidak Rembes

8 Cara Perbaikan Atap Rumah Bocor Agar Tidak Rembes

Salah satu kerusakan yang kerap kali membayangi pemilik hunian adalah atap rumah bocor.

Hal ini dikarenakan bagian tersebut terpapar langsung dengan luar ruangan, sehingga lebih mudah rusak karena terlalu sering terkena cahaya matahari atau hujan yang terus-menerus.

Kerusakan atap rumah bocor kerap kali diwaspadai oleh banyak orang karena hal ini akan mengganggu kenyamanan penghuninya apalagi jikalau musim hujan di mana banyak hujan turun secara lebat.

Sayangnya kebocoran ini terkadang tidak disadari dan penghuni baru merasakannya saat musim hujan datang di mana atap rumah  mendadak mengalami kebocoran.

Karenanya sembari menunggu tukang perbaikan rumah datang, maka berbagai cara berikut bisa dilakukan untuk memperbaiki atap rumah bocor agar tidak rembes.

periksa atap rumah bocor

Lakukan Pemeriksaan Titik Atap Rumah Bocor

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk memperbaiki atap rumah bocor adalah mencari letak titik kerusakannya.

Dengan melakukan kegiatan tersebut maka akan membantu anda untuk mengetahui penyebab kerusakan serta solusi yang bisa dilakukan sehingga bisa dipertimbangkan untuk memperbaikinya secara mandiri atau meminta bantuan tukang perbaikan rumah.

Selain itu, dengan mengetahui letak kerusakan atap rumah bocor juga dapat membantu dalam memberikan informasi ke tukang perbaikan rumah mengenai titik kebocoran sehingga mereka tidak perlu menerka-nerka saat naik ke atap rumah anda.

Guna mengetahui titik kebocoran atap rumah, anda bisa menunggu hujan turun untuk melihat bagian rumah yang merembes kemudian anda bisa mencari keberadaan kerusakan berdasarkan lokasi atap.

Namun, apabila cara tersebut dianggap memakan waktu lama karena harus menunggu musim hujan, maka anda bisa meminta salah satu anggota keluarga untuk menyiram titik tertentu guna mengetahui lokasi kerusakan atap rumah bocor.

Berhati-hatilah saat melakukan kegiatan tersebut karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain saat melakukannya dengan sembarangan.

Pada proses pemeriksaan tersebut anda mungkin akan melihat kerusakan yang terjadi, misalnya saja atap rumah yang bocor atau genteng yang geser dan rusak yang menjadi penyebab kerusakan atap rumah.

Perhatikan juga atap dinding yang memiliki bercak jamur atau noda tertentu yang menjadi indikasi bahwa terjadi kerusakan atap rumah bocor.

Pakai juga tangga lipat serta senter untuk memudahkan mengetahui lokasi genteng dengan mudah karena posisi mereka yang sulit dijangkau.

Lakukan kegiatan pemeriksaan atap rumah bocor minimal dua bulan sekali untuk mengetahui kekuatan atap rumah serta mengantisipasi apabila hujan datang.

pergeseran atap rumah

Periksa Posisi Pergeseran Atap Rumah

Pada saat  memeriksa atap rumah, Anda  mungkin akan menemukan  lokasi atap rumah yang tidak sesuai dengan semestinya.

Hal ini bisa saja terjadi karena adanya angin kencang atau hujan deras yang membuat genteng bergeser tidak semestinya, sehingga menjadi penyebab kebocoran atap rumah.

Setelah mengetahui penyebab dari kebocoran atap rumah yang disebabkan oleh genteng yang bergeser, maka anda bisa menempatkannya kembali ke posisi semula  sehingga mengurangi potensi kebocoran atap rumah

Pemeriksaan atap rumah bocor tidak hanya bisa dilakukan pada satu lokasi saja,  namun anda perlu memeriksa ke berbagai sudut atap rumah guna memastikan genteng berada di lokasi semula sehingga menunda risiko kebocoran rumah

sampah di atap

Bersihkan Sampah di Sekitar Atap atau Pipa Rumah

Meskipun jarang terjadi, namun keberadaan sampah di sekitar atap rumah atau pipa juga menyebabkan kebocoran atap rumah.

Hal ini dikarenakan sampah yang menumpuk di sekitar atap rumah dapat meningkatkan potensi pelapukan genteng rumah sehingga menyebabkan kekuatan mereka berkurang dari hari ke hari.

Di samping itu penumpukan sampah yang terjadi di sekitar di pipa rumah  juga dapat menyumbat  air yang mengalir, sehingga mau tak mau mereka akan sehingga menjadi penyebab pelapukan genteng atau pipa rumah atau meluber ke area lain sehingga menjadi potensi atap rumah bocor.

Penumpukan sampah di sekitar area tersebut  bisa terjadi dikarenakan anda memiliki pohon berdaun lebat, sehingga saat daun menguning mereka akan jatuh di atap rumah sehingga menyebabkan genteng menjadi mudah lapuk.

Di sisi lain, apabila anda memiliki pohon yang sering berbuah di musim tertentu, bisa saja berat buah tersebut akan menyebabkan kerusakan atap rumah, sebab jatuhnya buah secara terus-menerus akan menyebabkan genteng rumah tidak kuat untuk menahan beban.

Sehingga apabila anda memiliki pohon yang besar dan lebat di sekitar genteng rumah anda maka pastikan untuk memeriksa kebersihan area atap rumah secara rutin.

Misalnya saja menyingkirkan daun yang rontok atau buah yang jatuh  sehingga mengurangi resiko penumpukan sampah dalam waktu yang lama.

Selain itu Anda juga bisa memotong dahan ranting yang sudah terlalu panjang dan merusak bagian genteng

Cara ini dilakukan tidak hanya untuk mengurangi resiko atap rumah bocor  namun juga menghindari adanya petir yang menyambar pohon Anda sehingga menjadi penyebab kebakaran.

Lakukan kegiatan tersebut sebulan sekali guna memastikan kebersihan bagian atap rumah guna menghindari berbagai kejadian yang tidak diinginkan

ganti atap rumah bocor

Ganti Atap yang Rusak dan Lapuk

Seiring dengan berjalannya waktu tidak hanya dinding rumah saja yang mengalami pelapukan, namun masalah tersebut bisa terjadi di bagian atap rumah, apalagi jika hunian yang anda miliki telah dibangun bertahun-tahun lamanya, sehingga menyebabkan pelapukan pada genteng rumah.

Karenanya pada saat renovasi rumah besar-besaran, Anda juga perlu memeriksa bagian atap rumah, meskipun tidak ada kejadian kebocoran rumah sebelumnya, kegiatan ini dilakukan guna mengetahui apakah genteng rumah masih dalam kondisi terbaik sehingga tidak perlu diganti.

Salah satu tanda apabila genteng perlu diganti adalah genteng memiliki bentuk yang tidak sempurna seperti terjadi patahan pada ujung tertentu sehingga memudahkan aliran air untuk masuk

Anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan menelusuri area atap rumah guna mengetahui kekuatan genteng yang telah dipasang sebelumnya.

Apabila anda menemui beberapa genteng yang rusak, maka ada baiknya untuk menggantinya  segera guna mengurangi resiko kebocoran atap rumah.

Lakukan kegiatan tersebut secara hati-hati dan teliti untuk memastikan bahwa bagian atap rumah lain tidak ikut bergeser sehingga menjadi potensi atap rumah bocor.

Tips penting dalam memilih genteng baru yang akan dipasang di atap rumah adalah memeriksa satu persatu genteng yang akan dipilih pastikan tidak terjadi kerusakan di sudut tertentu sehingga menyebabkan mereka mudah patah.

Selain itu berhati-hatilah saat memindahkan genteng dari  truk ke tanah, pastikan untuk tidak melemparnya Karena akan menyebabkan badan mudah patah sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Gunakan juga genteng yang telah diakui kualitasnya dari merek yang terkenal,  Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi kerusakan atap rumah bocor disebabkan oleh genteng ya rusak meskipun Anda baru menggantinya.

lapisan plastik

Pasang Lapisan Plastik Sementara

Pada atap rumah yang rusak  akan membuat penghuni rumah mau tak mau mengganti keseluruhan genteng yang lama dengan baru.

Namun untuk menjaga kenyamanan rumah agar terhindar dari panas dan hujan maka anda bisa memasang lapisan plastik untuk sementara.

Cara ini dilakukan untuk mengusir panas dan dingin saat genteng belum dipasang serta menjadi pelindung sementara bagi penghuni rumah.

Meskipun begitu cara ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama, mengingat tiupan angin yang kencang dapat menyebabkan lapisan plastik sementara berpindah tempat sehingga menyebabkan bagian dalam rumah terbuka dan menimbulkan rasa panas dan dingin bagi penghuninya.

Di sisi lain penggunaan lapisan plastik sementara disarankan untuk tidak digunakan saat musim hujan, hal ini dikarenakan curah hujan tinggi  bisa meruntuhkan pertahanan lapisan plastik, sehingga menimbulkan kebocoran rumah yang besar.

Tentunya anda tidak ingin repot untuk membersihkan kekacauan setelah hujan turun bukan?

Ada baiknya untuk melakukan perbaikan atap rumah di musim kemarau sehingga mengurangi kebocoran  yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi.

Pilih juga plastik terpal yang memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis plastik lainnya yang mudah robek apabila diterpa curah hujan yang tinggi.

Alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk menutupi bagian atap rumah yang terbuka adalah menggunakan lapisan aluminium foil di bagian atap rumah karena mampu meredam panas serta dapat menahan air hujan untuk sementara waktu.

Sayangnya penggunaan aluminium foil ini akan memakan banyak biaya karena harganya yang cukup menguras kantong apalagi jika digunakan untuk sementara.

cairan waterproof

Lapisi Atap dengan Cairan Waterproof

Pada beberapa kasus perbaikan atap rumah bocor, anda mungkin tidak perlu mengganti keseluruhan genteng rumah, namun cukup dengan melapisinya dengan lapisan waterproof sehingga mengurangi atau menutup resiko kebocoran rumah.

Namun, cara ini bisa dilakukan apabila atap rumah anda dalam bentuk rooftop, dimana anda melapisinya dengan dinding atau keramik, sehingga anda hanya perlu mengoleskan cairan tersebut untuk menyumbat adanya kebocoran atap rumah.

Guna menyumbat kebocoran atap rumah, anda bisa menggunakan cairan waterproof yang berbentuk seperti cat biasa dengan ukuran yang beraneka ragam sebab anda perlu melapisi bagian kebocoran yang luas.

Pilih cat waterproof yang memiliki kekuatan yang baik dan bisa digunakan di berbagai lapisan atap rumah yang berbeda, sehingga menghemat pengeluaran apabila anda hendak menggunakannya di tempat lain yang memiliki lapisan yang berbeda.

Namun, apabila titik kebocorannya kecil namun dapat memberikan resiko kerusakan rumah, maka anda bisa menggunakan jenis lem sealant yang memiliki bentuk yang lebih kecil dan tidak berbau, sehingga tidak mengganggu dalam proses perbaikan rumah.

Kelebihan lainnya dari menggunakan lem sealant adalah mereka bisa kering dalam waktu cepat, yakni dengan durasi 4 jam saja, sehingga cocok untuk mengatasi kerusakan atap rumah bocor dengan singkat.

Gunakan lem sealant untuk menutupi kerusakan halus pada atap rumah anda, berikan juga lem tersebut secukupnya pada bagian yang dibutuhkan dan biarkan beberapa saat hingga mengering.

Aplikasikan kembali lem sealant guna memastikan keretakan tertutup dengan sempurna.

Sebelum proses perbaikan atap rumah bocor menggunakan cat waterproof atau lem sealant, pastikan cuaca dalam keadaan cerah dan terik, sehingga mempercepat pengeringan bagian atap rumah serta mengurangi resiko adanya kebocoran di waktu yang akan datang.

Hindari penggunaan pelindung tersebut di musim hujan, sebab cat waterproof perlu masa pengeringan maksimal setidaknya tiga hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Pilih juga cat waterproof serta lem sealant yang memiliki kualitas terbaik serta dari merk kenamaan, sehingga meskipun anda menghabiskan banyak biaya untuk membeli peralatan tersebut namun kualitasnya dapat bertahan lama, sehingga tidak merepotkan anda untuk jangka waktu lama.

penghalang hujan

Perbaiki Penghalang Hujan

Dalam proses pembangunan rumah, anda tentunya membutuhkan ventilasi sebagai saluran keluar masuknya udara sehingga rumah dapat terasa lebih segar.

Selain itu, penggunaan ventilasi yang disertai dengan jendela yang besar juga berguna sebagai tempat masuknya cahaya matahari sehingga menjadikan rumah anda terasa lebih terang dan menghemat pencahayaan di siang hari.

Sayangnya pemasangan ventilasi ini juga memiliki resiko terhadap kebocoran rumah, hal ini disebabkan adanya lubang-lubang di area tertentu, sehingga menyebabkan aliran air mudah masuk apabila terjadi hujan deras.

Karenanya guna mengurangi resiko tersebut, ada baiknya untuk memasang sekat di area ventilasi rumah, sehingga bisa menjadi penghalang air saat hujan deras.

Penyekat tersebut bisa bermacam-macam, namun biasanya tukang pembangunan rumah akan memberikan sekat berupa busa tipis namun dapat menghalau datangnya hujan.

Seiring dengan berjalannya waktu, busa tersebut bisa menipis sehingga efektivitas dari penghalang hujan bisa berkurang.

Hal ini akan membuat anda perlu menggantinya secara rutin apabila anda merasa penghalang hujan mulai menipis dan menyebabkan air hujan mulai masuk.

Sebagian besar tukang bahkan memasang kawat kasa di area ventilasi untuk menghindari hewan yang masuk, angin yang berhembus, serta rintik hujan yang turun.

Cara paling mudah untuk menghalangi air yang masuk saat hujan datang adalah menutup jendela dengan rapat guna mencegah percikan air yang datang sehingga menyebabkan kebocoran rumah.

Periksa kembali ventilasi rumah saat hendak meninggalkan rumah guna memastikan mereka tertutup rapat sehingga mengurangi resiko adanya kebocoran rumah.

atap rumah

Periksa Kembali Bagian Atap

Meskipun rumah anda telah dilengkapi dengan genteng kualitas terbaik dengan rangka yang kuat, namun memeriksa kondiri atap secara rutin perlu dilakukan.

Pemeriksaan secara rutin ini akan membantu memastikan atap rumah anda tetap aman meskipun telah bertahun-tahun ditinggali.

Cara paling mudah untuk memeriksa kondisi atap rumah adalah memerikan keadaan genteng secara rutin guna memastikan kondisi genteng tidak dalam keadaan patah atau retak.

Sehingga apabila anda menemukan keretakan, anda bisa memperbaikinya dengan lem sealant atau memperbaikinya menggunakan cat waterproof.

Apabila anda hendak memperbaiki genteng atau atap rumah menggunakan kedua alat tersebut, maka ada baiknya untuk menunggu beberapa hari agar kering sempurna serta mengolesinya berulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain itu, apabila anda memiliki pohon yang rimbun dan sering berbuah, maka ada baiknya untukk mengecek kondisi genteng dengan membersihkan daun, ranting, dan buah yang jatuh secara rutin.

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa berbagai sampah tersebut bersih dari atap dan genteng rumah yang dapat mempercepat proses pelapukan genteng.

Di sisi lain, sampah yang menumpuk juga dapat menghalangi jalan keluarnya air hujan untuk keluar melalui pipa, sehingga pastikan untuk membersihkannya secara rutin agar bagian atap rumah terlihat bersih.

Apabila anda hendak memperbaiki kondisi genteng secara menyeluruh, maka pilihlah genteng dengan kualitas terbaik agar tidak mudah pecah dan patah saat digunakan.Pindahkan juga genteng dengan hati-hati agar tidak mudah rusak sehingga membuat anda membelinya kembali.


Kerusakan atap rumah yang bocor memang bikin pusing, karenanya anda perlu memperbaikinya segera dengan layanan dari Dandan Express yang bisa dihubungi di http://wa.me/62859106509858

Comments

3 responses to “8 Cara Perbaikan Atap Rumah Bocor Agar Tidak Rembes”

  1. […] berikut beberapa penyebab rumah bocor rembes yang perlu anda waspadai untuk menjaga rumah tetap kuat tahan […]

  2. […] berikut beberapa tips dalam memilih genteng anti bocor yang berkualitas dan tahan lama untuk hunian yang […]

  3. […] berikut beberapa penyebab genteng anti bocor cara menyelesaikannya dengan jenis pelapis genteng bocor yang […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *