Jenis Genteng Anti Bocor dan Tips Memilihnya

Jenis Genteng Anti Bocor dan Tips Memilihnya

Atap rumah menjadi salah satu pelindung hunian, sehingga penting bagi anda untuk memilih genteng anti bocor terbaik agar rumah tetap aman dan nyaman.

Bagi anda yang baru pertama  kali membangun rumah, mungkin akan mengalami kesulitan dalam memilih genteng anti bocor terbaik yang tahan lama dan menyesuaikan dengan estetika hunian yang dimiliki.

Memilih genteng rumah juga tidak bisa sembarangan, mengingat Indonesian memiliki cuaca ekstrem yang terus berubah sehingga memengaruhi kekuatan atap rumah yang anda pilih, serta memastikan genteng rumah memberikan kesejukan bagi penghuni rumah lainnya.

Karenanya berikut beberapa jenis genteng anti bocor yang bisa dipilih untuk rumah anda serta tips memilihnya.

jenis genteng anti bocor

Jenis Genteng Anti Bocor

Saat mengunjungi supermarket bahan bangunan atau toko material, anda akan disuguhkan dengan berbagai beragam genteng yang variatif.

Namun, anda sebaiknya tidak hanya terpikat pada tampilan genteng yang menarik, akan tetapi perhatikan juga jenis genteng yang digunakan bagi hunian anda agar lebih tahan lama.

Berikut beberapa jenis genteng anti bocor yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan khususnya pembangunan rumah.

Genteng Keramik

Saat mengunjungi pemukiman modern atau rumah mewah, anda mungkin akan menyadari adanya jenis genteng yang berbeda dimana mereka menggunakan jenis genteng keramik.

Penggunaan jenis genteng ini digunakan karena mereka memiliki tampilan yang lebih cerah, sehingga memberikan kesan mewah pada hunian anda.

Hal ini dikarenakan genteng keramik dibuat dari perbaduan bahan keramik dan tanah liat, sehingga memiliki permukaan yang lebih kuat.

Selain itu, genteng keramik juga dilapisi lapisan khusus yang memberikan kesan mengkilap pada atap rumah tersebut.

Di samping memiliki tampilan yang lebih cerah, genteng keramik juga memiliki kelebihan lain, yakni mampu menahan panas matahari, sehingga cocok digunakan di negara dengan iklim tropis yang memiliki kecenderungan udara yang panas.

Ketahanan yang dimiliki oleh genteng keramik juga memungkinkan anda untuk mendapatkan kesejukan di rumah anda dari jenis genteng yang dipilih.

Bagi anda yang memiliki prinsip ramah lingkungan, maka jenis genteng ini bisa digunakan karena tahan lama sehingga anda tidak perlu menggantinya dalam jangka waktu tertentu.

Namun, dipalih kesejukan dan kekuatan yang dimiliki, genteng keramik juga memiliki kekurangan, yaitu harganya yang cukup mahal sebab terdiri dari perpaduan dua bahan yang berbeda, sehingga kurang cocok bagi anda yang hendak menghemat pembangunan rumah yang dimiliki.

Anda juga mungkin perlu memesannya pada agen khusus karena jenis keramik ini sulit ditemukan di toko bahan bangunan biasa.

Tidak hanya itu, pemasangan genteng keramik juga cukup culit, sehingga dibutuhkan tukang yang berpengalaman di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Genteng Tanah Liat

Jenis genteng tanah liat menjadi salah satu atap rumah yang banyak ditemukan di Indonesia, mengingat anda dapat dengan mudah menemukannya di toko bahan bangunan terdekat.

Sesuai dengan namanya, genteng tanah liat dibuat dari tanah liat yang mengalami proses pembakaran dan penjemuran dalam jangka waktu tertentu, sehingga menghilkan atap rumah yang kuat dan tahan lama.

Beberapa tahun lalu, genteng tanah liat hanya memiliki satu warna saja sehingga terlihat membosankan di mata pembelinya, namun seiring dengan berjalannya waktu, jenis gentang ini memiliki variasi warna yang lebih banyak sehingga dapat mempercantik tampilan hunian anda.

Berbeda dengan genteng keramik yang biasa digunakan pada rumah mewah, jenis genteng ini kerap kali ditemukan di rumah minimalis karena harganya yang lebih murah dan mudah ditemukan di berbagai toko material dan supermarket bahan bangunan.

Pertimbangan lainnya yang menjadi alasan mengapa genteng tanah liat banyak digunakan di berbagai rumah, sebab mereka memiliki desain yang umum sehingga dapat diaplikasikan di berbagai jenis bangunan.

Tidak hanya itu, dengan harganya yang terjangkau sehingga menjadi pilihan bagi banyak orang yang sedang membangun rumah hemat biaya namun dengan kualitas pelindung terbaik.

Kekuatan genteng tanah liat juga tidak perlu diragukan lagi, mengingat anda bisa menemukan jenis atap ini di rumah tua, sehingga menjadi bukti ketahanan mereka dalam waktu lama.

Selain itu, genteng tanah liat juga disukai oleh banyak tukang sebab bobotnya yang tidak terlalu berat sehingga mudah dipindahkan serta tahan api sehingga cocok digunakan di hunian padat penduduk.

Sayangnya dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, genteng tanah liat juga memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai penggunanya.

Misalnya saja wana genteng yang mudah pudar sehingga mengurangi estetika hunian anda dan akan terlihat seperti rumah tua.

Tidak hanya itu, apabila dibiarkan dalam waktu lama, genteng tanah liat juga mudah terkena jamur, sehingga tidak mengherankan apabila tukang akan mengoleskan lapisan khusus sebelum memasangnya sebagai perlindungan awal, meskipun akan memakan banyak biaya.

Di sisi lain, banyak sekali masalah atap rumah bocor yang terjadi karena pemasangan genteng rumah yang tidak tepat, sehingga menjadi celah bagi air hujan untuk masuk sehingga menyebabkan kebocoran atau rumah bocor rembes yang menjalar ke kerusakan rumah lainya.

Selain itu, apabila anda tinggal di wilayah rawan bencarna, maka ada baiknya jenis genteng ini tidak digunakan, sebab mereka mudah retak karena guncangan serta mudah tertiup angin karena bobotnya yang ringan.

Genteng Beton

Genteng beton mungkin jarang ditemukan di berbagai hunian biasa atau mewah sebab penggunaan bahan material yang berbeda-beda.

Hal ini wajar terjadi mengingat genteng beton memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan atap rumah dari bahan keramik dan tanah liat.

Sebab, genteng beton terbuat dari berbagai macam bahan material, seperti semen, pasir, serta bekas pembakaran batu bara, sehingga menghasilkan perpaduan kekuatan yang tahan lama.

Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, namun mereka memiliki kekuatan yang lebih lama serta bisa tahan puluhan tahun, sebab mereka mempunyai ketahanan terhadap perubahan cuaca, tahan api, dan tidak mudah bocor.

Apabila anda menginginkan desain genteng dengan warna yang menarik, maka genteng beton tentunya menjadi pilihan terbaik, sebab mereka memiliki pilihan desain dan warna yang beragam, sehingga cocok bagi hunian anda.

Kekuatan yang dimiliki oleh genteng beton juga menjadikannya alasan untuk digunakan di rumah minimalis dengan kekuatan yang tahan lama.

Di sisi lain, apabila anda hendak menggunakan ini di hunian anda, maka anda perlu mendiskusikannya dengan mandor atau tukang anda, sebab mereka memiliki bobot yang lebih berat sehingga sulit dipindahkan.

Anda juga tidak bisa menggunakan rangka rumah biasa yang terbuat dari kayu, namun ada baiknya untuk menggunakan rangka baja yang kuat untuk menopang atap baja yang dipilih.

Pertimbangkan juga mengenai biaya pembelian genteng beton, sebab anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli genteng beton, meskipun anda telah mengetahui kekuatan yang dimiliki.

Perawatan genteng beton juga cukup rumit, sebab mereka mudah berlumut, sehingga dibutuhkan lapiasan khusus untuk mencegah datangnya lumut serta membersihkannya secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

Genteng Aspal

Anda mungkin jarang menemukan jenis genteng aspal, namun nyatanya jenis genteng ini digunakan untuk berbagai tujuan dan kebutuhan, misalnya untuk membangun rumah minimalis.

Genteng aspal sendiri dibuat dari gabungan material serat kayu dan aspal dan memiliki dua model atap yakni bergelombang serta datar, sehingga dapat membantu menaikkan estetika hunian anda.

Berbeda dengan genteng beton yang hanya bisa dipasang di rangka baja yang kuat, genteng aspal bisa digunakan di berbagai jenis rangka, seperti kayu, baja ringan, serta beton karena memiliki bobot yang tidak terlalu berat.

Hal ini juga didukung dengan kondisi genteng aspal yang lebih lentur, kuat, dan tahan api, sehingga bisa digunakan di rumah minimalis yang padat penduduk.

Anda juga tidak perlu khawatir apabila musim hujan turun, sebab mereka memiliki kerapatan yang cukup kuat karena memiliki bentuk yang berlapis dan lebar, sehingga air hujan bisa cepat turun dan masuk ke saluran air tanpa masuk ke celah genteng.

Modelnya juga lebih simpel dan universal, sehingga bisa digunakan di berbagai jenis hunian, baik sederhana atau mewah.

Namun, sama seperti jenis genteng lain yang memiliki bahan yang beragam, jenis genteng aspal ini membutuhkan biaya yang cukup mahal sehingga anda memerlukan dana lebih untuk mendapatkannya.

Anda juga perlu memerlukan bantuan dari tukang yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil pemasangan terbaik sebab mereka memiliki kerumitannya sendiri.

Selain itu, jika genteng aspal anda mengalami kerusakan, maka anda perlu memanggil bantuan dari ahli yang profesional dan berpengalaman untuk memperbaikinya, sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Genteng Metal

Berbeda dengan jenis genteng lainnya yang perlu memasang satu persatu, jenis genteng metal memiliki bentuk lembaran, sehingga memerlukan keterlitian khusus untuk memasangnya agar terhubung satu sama lain.

Pembuatan genteng metal sendiiri juga berbeda dari atap rumah lainnya, dimana mereka dibentuk dari lembaran genteng yang dijadikan satu untuk membentuk pola genteng yang sesuai.

Tampilan yang menarik ini juga di dukung dengan berat genteng metal yang ringan, sehingga memudahkan untuk dibawa dan dipasang oleh tukang.

Meski memiliki tampilan yang menarik dan desain yang unik, anda tidak perlu khawatir dengan harganya, sebab mereka memiliki harga yang terjangkau, sehingga cocok untuk dipasang di rumah minimalis.

Logam metal yang kuat juga memungkinkan mereka untuk tahan pecah, lumut, dan api, sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun begitu, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki jenis genteng ini juga memiliki kekurangan yang perlu anda waspadai.

Pertama , permukaannya yang lebih mudah menyerap panas, sehingga tidak cocok digunakan di daerah yang memiliki cuaca panas sepanjang tahun, namun sesuai dengan iklim yang memiliki cuaca dingin.

Selain itu, jika anda menyukai ketenangan di rumah anda, maka ada baiknya untuk menghindari penggunaan jenis genteng ini, sebab mereka menimbulkan suara berisik saat turun hujan, sehingga dapat mengganggu suasana senyap di rumah anda.

Tidak hanya itu, anda juga memerlukan tukang yang berpengalaman dan profesional dalam memasang jenis genteng ini, sebab mereka akan memberikan tampilan yang kurang menarik apabila dipasang asal-asalan, sehingga mengurangi estetika rumah.

cara memilih genteng anti bocor

Cara Memilih Genteng Anti Bocor

Berbagai penjelasan mengenai jenis genteng rumah yang beragam, tentunya membuat anda tertarik untuk menggunakan salah satunya di rumah anda.

Meskipun begitu, dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, anda perlu mempertimbangkan yang tebaik untuk mendapatkan genteng yang sesuai kebutuhan anda.

Karenanya berikut beberapa tips dalam memilih genteng anti bocor yang berkualitas dan tahan lama untuk hunian yang dimiliki.

Sesuaikan Kekuatan Rangka Rumah

Saat membangun bagian atap rumah, anda akan diberikan berbagai bahan rangka rumah, mulai dari kayu, besi, dan baja yang semuanya memiliki kekuatan yang berbeda-beda.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih jenis genteng yang sesuai dengan kekuatan rangka rumah, agar mereka bisa bertahan lebih lama untuk jangka waktu tertentu.

Apabila anda hendak menggunakan rangka kayu, maka ada baiknya untuk menggunakan jenis genteng rumah dengan beban yang ringan agar bisa terpasang dengan sempurna dan menopang atap yang dipilih.

Sayangnya, jenis rangka kayu sudah jarang digunakan pada hunian modern, sebab mereka memiliki tingkat kerapuhan yang tinggi serta rawan diserang oleh rayap apabila anda tidak melakukan perawatan secara rutin di daerah tersebut.

Akan tetapi, apabila anda hendak memiliki rangka rumah yang kuat dan tahan lama, maka jenis rangka besi dan baja bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebab meskipun mereka memiliki harga yang mahal, namun mereka memiliki kekuatan yang lebih kuat sehingga bisa bertahan untuk jangka waktu lama.

Di sisi lain, anda tidak perlu melakukan perawatan khusus sebab mereka memiliki perlingdungan untuk mengatasi serangga serta cuaca yang ekstrim.

Dengan kekuatan yang dimiliki, maka memungkinkan anda untuk memilih jenis genteng rumah dengan beban yang lebih berat.

Pertimbangkan Estetika Hunian

Dalam membangun hunian yang dimiliki, anda tentunya ingin menonjolkan keindahan rumah sehingga sedap dipandang oleh orang lain.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih jenis genteng rumah yang dapat mendukung estetika hunian anda.

Misalnya, anda bisa memilih jenis genteng rumah dengan warna netral seperti coklat dan putih untuk memberikan kesan segar dan sesuai dengan desain rumah yang dimiliki.

Tidak hanya itu, beberapa jenis genteng sudah memiliki warna yang beragam, sehingga anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan hunian anda.

Di samping itu, jenis genteng tertentu juga memiliki tampilan yang berbeda, seperti memberikan kesan mengkilap di hunian anda. Jenis genteng tersbeut bisa anda pilih untuk mempercantik hunian anda agar terlihat lebih mewah.

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis genteng rumah berwarna juga memiliki ketahanannya masing-masing, sehingga anda perlu memilih variasi atap rumah yang kuat.

Lakukan perbandingan antara satu genteng dengan lainnya untuk mendaptkan jenis genteng yang sesuai keinginan.

Cek Kekuatan Genteng

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap genteng memiliki kekuatannya sendiri tergantung dari bahan yang digunakan.

Sehingga sebelum memilih genten yang akan dipasang di rumah anda, penting bagi anda untuk mengetahui bahan dasarnya untuk mengecek kekuatan yang dimiliki.

Jenis bahan yang beragam, juga memiliki hubungan dengan kekuatan genteng yang dipilih, sehingga anda perlu memikirkannya matang-matang sebelum membelinya dalam jumlah banyak.

Anda juga bisa mengetes kekuatan genteng dengan mengetuk bagian tersebut untuk mengetahui tingkat ketebalan dan kekuatannya, periksa juga apakah mereka dapat menahan kebocoran dari curah hujan yang turun atau memiliki kekuatan dari cuaca panas yang terik.

Memilih genteng memang menjadi masalah rumit bagi banyak orang, namun memilih tukang akan menjadi solusi yang mudah dengan menghubungi http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.

Comments

One response to “Jenis Genteng Anti Bocor dan Tips Memilihnya”

  1. […] beberapa pilihan jenis atap rumah anti bocor yang awet dan dapat digunakan untuk berbagai desain […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *