2 Cara Mudah Agar Genteng Tidak Bocor

2 Cara Mudah Agar Genteng Tidak Bocor

Kerusakan atap rumah masih menjadi momok yang ditakuti oleh banyak pemilik rumah, sebab akan mengganggu keamanan dan kenyamanan penghuni rumah lainnya.

Sehingga sebelum musim hujan tiba, banyak orang melakukan perbaikan atap rumah agar genteng tidak bocor dan menjalani kegiatan dengan aman dan nyaman.

Namun, sebelum melakukan perbaikan genteng, maka ada baiknya anda bisa mengetahui pencegahan yang bisa dilakukan sebelum atap rumah rusak serta solusi yang bisa diberikan apabila sudah terlanjur terjadi kerusakan dengan berbagai cara berikut : 

Gunakan Pelapis Anti Bocor

Gunakan Pelapis Anti Bocor

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah genteng tidak bocor adalah menggunakan pelapis anti bocor.

Pencegahan ini sudah biasa dilakukan oleh tukang pembangunan rumah guna mencegah adanya kerusakan genteng serta menjaga kekuatannya dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, pilihan pelapis genteng tidak bocor yang beragam menjadikan anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan keinginan sehingga tidak mengganggu budget pembangunan rumah yang anda miliki. Berikut beberapa rekomendasi pelapis anti bocor yang bisa anda gunakan agar genteng tidak bocor.

Cat Pelapis Anti Bocor

Langkah pencegahan pertama yang biasa dilakukan untuk mengatasi genteng tidak bocor adalah menggunakan cat pelapis anti bocor.

Cara ini dilakukan sebab tukang dapat melakukannya dengan mudah serta pilihan jenis cat yang beragam, sehingga anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Namun, dengan banyaknya cat pelapis anti bocor yang dikeluarkan oleh brand cat kenamaan, membuat anda perlu memilih salah satu dari yang terbaik dengan kelebihan yang dimiliki.

Pertama, anda perlu memahami berbagai jenis cat pelapis anti bocor yang ditawarkan oleh penjual, ada baiknya untuk memilih jenis bitumen yang memiliki perlindungan terhadap kebocoran.

Kedua, pilih juga cat pelapis dari bahan dasar aklirik atau silikon yang dapat memperkuat perlindungan agar genteng tidak bocor.

Ketiga, adalah memahami dengan cermat bahan yang digunakan, dimana biasanya ini tercantum pada label informasi yang tertera di kemasa, pastikan untuk memilih cat pelapis yang memiliki bahan pelindung dari sinar ultra violet dan cuaca ekstrem, mengingat letak geografis lingkungan yang berada di negara tropis.

Gunakan Karpet Pelapis Anti Bocor

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah adanya genteng tidak bocor adalah menggunakan karpet anti bocor.

Meskipun terlihat merepotkan karena tukang perlu memasang dengan hati-hati, namun penggunaan karpet ini akan menguntungkan anda sebab perlindungan ekstra yang dimiliki sehingga melindungi genteng yang telah dipasang sebelumnya.

Penggunaan karpet pelapis anti bocor ini juga membantu mengalirkan air hujan dengan mudah, sehingga lebih lancar masuk ke talang air dan kemudian masuk ke dalam saluran pembuangan tanpa hambatan.

Kelebihan lainnya dari menggunakan karpet pelapis adalah mereka terbuat dari bahan plastik khusus, sehingga mudah dipasang dan diangkat, selain itu mereka juga lebih tahan lama karena terbuat dari bahan plastik.

Akan tetapi, sama dengan cat pelapis anti bocor, anda perlu memilih salah satu dari yang terbaik sesuai kondisi atap rumah anda dengan cara berikut.

Pertama adalah mengetahui ukuran karpet yang akan digunakan dengan memastikan sesuai dengan ukuran atap rumah yang dimiliki.

Jangan sampai, anda memilih karpet yang memiliki ukuran yang lebih pendek sehingga tidak dapat melapisi dengan sempurna atau terlalu luas sehingga membuang terlalu banyak bahan sehingga merugikan anda karena membeli terlalu banyak.

Sampaikan kepada penjual mengenai ukuran genteng atau atap rumah yang anda miliki, sehingga mereka dapat memperhitungkannya dengan tepat.

Konsultasikan juga rencana anda kepada mandor atau kontraktor sehingga mereka dapat membantu merancang dan memasangnya sesuai dengan kebutuhan rumah anda.

Kedua adalah memilih karpet talang air yang mudah dipasang untuk memudahkan pekerjaan tukang pembangunan rumah, dimana mereka hanya perlu mengeratkanya di berbagai sudut menggunakan paku dan lem sebagai perekat.

Sebelum proses pemasangan dilakukan, anda juga perlu mempertimbangkan proses pengaliran air hujan, pastikan mereka dapat mengalir dengan lancar melalui tingkat kemiringan yang digunakan sehingga air dapat turun ke bagian pembuangan dengan sempurna.

Anda bisa melakukan pengujian dengan mengalirkan air pada ukuran tertentu guna mengetahui ketahanan mereka dan memastikan tidak adanya rembesan setelah proses pemasangan sehingga tidak merugikan anda karena perlu membongkar ulang.

Setelah pemasangan karpet selesai dilakukan maka anda juga perlu merawatnya dengan baik agar bisa bertahan lama dan memberikan perlindungan yang maksimal kepada penghuni rumah anda.

Cara merawatnya cukup mudah, dimana anda perlu mengeceknya secara berkala untuk memastikan tidak adanya kerusakan.

Namun, apabila anda menemukan kerusakan yang kecil, maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan tukang renovasi rumah untuk mendaptkan perbaikan dengan cepat dengan solusi yang disediakan.

Bagian paling penting dalam memasang karpet talang air adalah memastikan anda memilih dari merk kenamaan dan terpercaya sehingga teruji kualitasnya, anda bisa meminta rekomendasi dari kenalan yang telah memasang sebelumnya, konsultasi dengan kontraktor atau mandor pembangunan rumah, atau bertanya ke penjual untuk mendapatkan rekomendasi merk yang terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki.

Pilih Genteng Tidak Bocor

Pilih Genteng Tidak Bocor

Bagian paling penting dalam memberikan perlindungan terhadap atap rumah adalah memilih jenis genteng tidak bocor, sehingga hasil perlindungan yang diberikan akan semakin maksimal.

Meskipun begitu, dalam proses pemilihan ini, anda juga perlu mempertimbangkan bahan yang digunakan serta budget yang dimiliki.

Hal ini dilakukan sebab jenis genteng yang dipilih akan mempengaruhi suasana di dalam rumah, mengingat anda tinggal di daerah tropis yang memiliki cuaca panas sepanjang tahun.

Di samping itu, anda juga perlu memilih jenis genteng yang sesuai budget pembangunan yang dimiliki, sehingga anda bisa mengontrol pengeluaran yang dilakukan.

Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih genteng yang tidak bocor dan tahan lama.

Pilih Bahan Genteng Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama yang perlu dipertimbangkan adalah memilih jenis genteng yang sesuai kebutuhan, dimana anda mungkin hanya mengetahui jenis genteng tanah liat atau keramik yang banyak digunakan di hunian lama.

Namun, setelah anda mengulik lebih dalam maka anda akan menemukan berbagai jenis genteng dengan bahan yang beragam, sehingga anda perlu memilih sesuai kebutuhan.

Jenis genteng tanah liat atau keramik banyak digunakan sebab mereka memiliki ketahanan yang lama meskipun telah digunakan dari beberapa generasi serta tidak memberikan rasa panas bagi penghuni rumah.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, jenis genteng ini mungkin mengalami kerusakan akibat perubahan cuaca yang ekstrem, misalnya saja terjadi kebocoran atau rembesan pada bagian tertentu, sehingga anda perlu menambalnya dengan bahan tertentu.

Meskipun begitu, jenis genteng ini mudah diperbaiki dan dirawat dimana anda bisa melakukannya secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

Misalnya saja menambalnya menggunakan lem, plester, atau campuran bahan khusus yang dapat menempel serta menutupi bagian yang berlubang.

Akan tetapi, apabila anda hendak memilih jenis atap rumah yang lebih berat seperti jenis beton atau aspal, maka anda mungkin memerlukan perawatan khusus yang membutuhkan bantuan tukang karena perawatan yang berbeda dengan jenis lainnya.

Di sisi lain, penggunaan jenis atap rumah beton atau aspal jarang digunakan karena mereka tidak mampu menyerap udara panas, sehingga kurang cocok digunakan di daerah tropis.

Pertimbangkan Jenis Rangka yang Digunakan

Rangka rumah biasanya menggunakan kayu untuk karena memiliki kekuatan yang memadai serta menghemat pengeluaran karena harganya yang lebih miring.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan rangka kayu mulai ditinggalkan karena mudah terserang rayap serta penggunaan atap rumah yang tidak melulu menggunakan genteng tanah liat sehingga perlu diganti yang lebih kuat dan tidak mudah patah.

Hal ini membuat banyak orang beralih menggunakan jenis rangka besi karena memiliki ketahanan yang tahan lama sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

Di sisi lain, rangka besi juga cocok digunakan untuk atap rumah dari bahan beton atau aspal sehingga tidak mudah patah.

Namun, dalam memilih jenis rangka yang sesuai kebutuhan, anda perlu memilihnya dengan cermat dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Pertama anda perlu menentukan bahan rangka yang akan digunakan, dimana setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sehingga anda perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki serta jenis atap yang digunakan.

Apabila anda hendak memilih jenis rangka baja, maka ada baiknya untuk mengolesinya dengan cat pelapis anti karat sehingga terhindar dari pengkaratan dalam waktu lama akibat kelembaban ruangan.

Tidak hanya itu, perhitungkan juga ukuran rangka yang akan digunakan untuk rumah anda, sebab setiap ukuran akan berbeda sesuai dengan luas hunian yang dimiliki.

Apabila anda telah memilih salah satu dari jenis rangka atap yang diinginkan dengan kualitas terbaik, maka ada baiknya untuk membelinya dari toko bahan bangunan atau supermarket bahan bangunan terpercaya untuk mendapatkan kualitas rangka yang sesuai.

Pilih yang Sesuai Estetika Rumah

Saat ini pemilihan genteng rumah tidak hanya berdasarkan kualitas atap rumah yang dimiliki, namun juga pemilihan warna genteng agar selaras dengan dinding rumah untuk meningkatkan estetika rumah.

Sayangnya, tidak semua jenis genteng memiliki warna yang beragam, sehingga mau tak mau anda perlu memilih salah satu jenis atap rumah yang memiliki warna yang variatif.

Dimana anda bisa menemukannya di jenis genteng keramik, dimana mereka memiliki warna yang variatif, sehingga anda tidak kekurangan pilihan untuk menyesuaikan dengan warna dinding rumah yang dimiliki.

Tidak hanya itu, jenis genteng keramik memilki kelebihan melalui ketahannya yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga tidak mengherankan apabila mereka sering digunakan di desain rumah lama namun masih awet hingga saat ini.

Sayangnya, tidak semua warna genteng keramik tersedia di toko material atau supermarket bahan bangunan, sehingga anda mungkin perlu memesannya ke supplier atau pembuatnya langsung untuk mendapatkan warna yang diinginkan.

Pastikan juga untuk memilih jenis genteng keramik yang berkualitas dari brand kenamaan, sehingga memastikan kualitas yang dimiliki.

Kenali Kekuatan dan Kualitas Genteng

Pada proses pemilihan genteng rumah, anda mungkin menemukan berbagai jenis atap yang berbeda, sehingga anda perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki serta kebutuhan rumah anda.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengenali kekuatan dan kualitas genteng sebelum membelinya dengan beberapa cara berikut : 

Pertama adalah anda perlu mengetahui jenis material yang digunakan, dimana masing-masing bahan memiliki karakteristiknya sendiri sehingga menjadi kelebihan dari atap rumah yang digunakan.

Misalnya saja ada jenis atap rumah yang akan mengalami keretakan atau kebocoran setelah beberapa tahun pemasangan, selain itu pemilihan bahan material yang berbahaya juga berpengaruh bagi kesehatan, sehingga akan memengaruhi penghuni rumah lainnya.

Apabila anda hendak memilih jenis genteng yang tahan lama dan kuat, maka menggunakan jenis genteng keramik bisa menjadi pilihan terbaik, sebab mereka sudah sering digunakan sejak jaman dahulu kala dan kondisi fisik bangunannya pun masih baik.

Tidak hanya itu, beberapa jenis atap modern seperti atap beton atau aspal memiliki kekuatan dan keawetan yang lebih lama, sehingga bisa digunakan untuk pilihan pelindung rumah apabila anda memiliki budget lebih karena harganya yang lebih mahal.

Sayangnya, jenis atap beton atau aspal mungkin hanya bisa digunakan di area dengan cuaca dingin, sebab mereka mampu menyerap panas yang kurang cocok bagi daerah tropis.

Selain itu cara lainnya untuk memastikan kekuatan genteng rumah adalah memastikan tidak ada keretakan pada atap rumah yang hendak dibeli, hal ini dikarenakan retakan kecil juga dapat membuat air hujan menyusup sehingga lama kelamaan akan menyebabkan kebocoran.

Namun, masalah ini bisa diatasi dengan melapisi menggunakan pelapis khusus untuk meredam keretakan tersebut sehingga tidak meluas.

Cara lainnya untuk memeriksa genteng yang hendak dibeli adalah menyiramkan sejumlah air dengan kemiringan tertentu, jenis genteng yang baik akan terlihat dari bagian bawah yang masih kering.

Pastikan Genteng Mudah Dipasang

Setelah memilih genteng yang hendak dipasang di rumah anda, tentunya anda perlu memasangnya dengan bantuan tukang bangun atau renovasi rumah.

Namun, dalam proses pemasangan genteng ini, beberapa tukang mengalami kesulitan sebab mereka baru memasang jenis ini untuk pertama kali.

Apabila anda menemukan masalah ini, maka ada baiknya anda meminta rekomendasi tukang pemasangan ke penjual, sebab jenis genteng yang berbeda akan membedakan pemasangannya.

Misalnya jenis genteng tanah liat lebih mudah dipasang karena tukang hanya perlu memasangnya secara sejajar dan rapat sehingga tidak mudah rembes apabila ada air yang masuk.

Namun, beberapa jenis atap rumah memerlukan instalasi khusus yang hanya diketahui oleh tukang,  misalnya saja anda memerlukan tuas yang dibutuhkan untuk dipasang ke sudut tertentu secara rapat agar tidak mudah bocor.

Di samping itu, anda juga perlu mempertimbangkan kemiriangan atap rumah serta kesesuaikan bentuk genteng dengan kerangka rumah, dimana anda bisa mengkonsultasikan masalah tersebut ke tukang pembangunan rumah.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Pemilihan genteng yang memiliki kualitas terbaik harus dilakukan untuk memberikan pengamanan lebih bagi penghunian rumah.

Selain itu, anda juga perlu melakukan perawatan rutin untuk memastikan kualitas genteng anda bertahan lama serta melakukan pembenahan apabila terjadi kerusakan.

Anda bisa memulai perawatan atap rumah dengan memastikan tidak ada ranting pohon yang menyusup ke dalam genteng rumah yang akan menyebabkan air hujan mudah masuk sehingga menyebabkan perembesan dan kebocoran apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Pastikan juga untuk membersihkan area genteng secara rutin dari sampah agar tidak menyumbat area talang air sehingga air lebih mudah mengalir dan tidak menyebabkan kebocoran.

Dapatkan pertolongan pertama agar genteng tidak bocor dengan Dandan Express di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *