Bikin Keren, Inspirasi Interior Rumah Sederhana dan Menarik

Bikin Keren, Inspirasi Interior Rumah Sederhana dan Menarik

Setelah memiliki rumah idaman, tentunya anda menginginkan rumah anda terlihat indah dan sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

Salah satu cara mewujudkannya adalah menyusun rumah dengan interior rumah yang sederhana dan menarik sehingga dapat mempercantik hunian dengan baik.

Berikut beberapa rekomendasi interior rumah sederhana yang bisa digunakan untuk menciptakan hunian yang sedehana dan menarik namun tetap merasa nyaman.

interior rumah sederhana minimalis

Interior Rumah Minimalis

Penataan rumah yang minimalis menjadi salah satu konsep yang digunakan oleh banyak orang, sebab mereka dapat menata ruangan yang kecil menjadi terlihat besar namun dapat menampung berbagai barang dengan lebih aman dan rapi.

Hal ini juga cocok bagi rumah sederhana sehingga anda dapat memanfaatkan ruangan anda dengan maksimal. Berikut beberapa rekomendasi penataan rumah ala minimalis yang membuat rumah terasa nyaman.

Gunakan Warna Netral

    Penggunaan warna netral menjadi pilihan banyak orang saat menyusun ruangan dengan tema minimalis, hal ini dikarenakan pilihan warna tersebut dapat menyatu dengan baik saat ditempatkan dengan furniture lain sehingga terlihat serasi.

    Di sisi lain, penggunaan warna netral untuk dinding atau lantai rumah juga akan memberikan kesan ruangan yang luas, sehingga cocok bagi anda yang memiliki ukuran hunian yang tidak terlalu besar namun ingin terlihat luas.

    Keuntungan lainnya dari menggunakan warna netral untuk furniture atau bahan interior rumah adalah anda memiliki banyak pilihan warna yang sesuai kebutuhan, sehingga anda tinggal menyesuaikan dengan konsep yang diinginkan.

    Bagi anda yang tinggal di negara tropis, penggunaan warna netral juga dapat digunakan untuk membuat rumah anda terasa lebih adem karena tidak menyerap sinar matahari terlalu banyak sehingga membuat anda lebih nyaman berada di dalam rumah.

    Pilih Furniture Fungsional

      Ukuran ruangan yang kecil membuat anda mungkin merasa bingung untuk menata ruangan dengan baik, sehingga dapat menampung berbagai furniture yang dimiliki serta menyimpan barang pribadi dengan baik.

      Penggunaan furniture fungsional menjadi salah satu solusi untuk memanfatakan ukuran ruangan dengan baik sekaligus dapat menampung berbagai barang pribadi yang dimiliki dengan aman dan rapi.

      Contohnya saja adalah anda bisa menggunakan ranjang tempat tidur yang memiliki rak penyimpanan di bagian bawahnya, sehingga anda dapat memakainya untuk tempat istirahat sekaligus menyimpan barang yang mudah dijangkau dengan cepat.

      Anda juga dapat menambahkan meja belajar yang memiliki banyak rak penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan barang pribadi sekaligus sebagai tempat belajar atau bekerja yang nyaman.

      Pemakaian furniture fungsional yang multifungsi juga akan membantu untuk mengurangi penggunaan perabotan yang tidak terpakai sekaligus menghemat penggunaan ruangan yang lebih luas.

      Rancang Sirkulasi Udara yang Luas

        Tinggal di negara tropis dengan cuaca yang cukup membuat anda merasa gerah setiap hari, namun perencanaan sirkulasi udara yang tepat akan membantu rumah anda terasa lebih segar dengan sirkulasi udara yang berganti setiap saat.

        Anda bisa memulainya dengan memilih ukuran jendela yang luas, sehingga anda akan mendapatkan aliran udara yang baik di pagi hari dan membuat rumah anda terasa lebih segar.

        Tidak hanya itu, peletakan jendela yang sesuai akan membantu memberikan pencahayaan alami di siang hari, sehingga lebih menghemat penggunaan listrik agar tidak terlalu boros.

        Anda bisa meletakkan jendela tersebut di area ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, atau kamar mandi, sehingga membuat udara di rumah anda terasa segar meskipun tanpa bantuan pendingin udara.

        Pasang juga ventilasi udara di bagian atas dinding rumah untuk mendapatkan sirkulasi udara yang rutin tanpa harus menutupnya sepanjang hari.

        Pilih Jenis Pencahayaan yang Sesuai

          Selain penggunaan jendela ukuran besar untuk mendapatkan pencahayaan di siang hari, memiliki jenis lampu yang sesuai kebutuhan akan membantu anda untuk mendapatkan pencahayaan yang sesuai di malam hari.

          Hal ini akan membantu anda merasa nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan di malam hari karena bantuan lampu yang terang.

          Di sisi lain, kini mulai bermunculan berbagai desain lampu yang menarik perhatian, sehingga tidak hanya membuat ruangan terasa terang namun dapat mempercantik ruangan dengan desain lampu yang dimiliki.

          Anda bisa menggunakan jenis lampu berdiri yang dipajang di sudut ruangan sebagai penerangan yang hangat di malam hari, sehingga kamar anda tidak terasa gelap saat anda hendak tidur.

          Tidak hanya itu, anda juga dapat memesan lampu gantung dengan desain modern namun tetap minimalis untuk mempercantik ruangan sekaligus menerangi kamar anda dengan baik.

          Penggunaan lampu yang sesuai tidak hanya dapat menerangi ruangan dengan baik, namun juga dapat menjadikannya sebagai ornamen yang memiliki nilai estetika di konsep rumah minimalis.

          Buat Ruangan Terbuka di Dalam Rumah

            Apabila anda sering mengadakan acara keluarga di rumah atau memiliki anak kecil dengan hobi eksplorasinya, maka memiliki rumah dengan desain yang terbuka bisa menjadi pilihan terbaik.

            Hal ini akan membantu anda untuk menampung lebih banyak orang dengan mudah sekaligus sebagai tempat bermain anak yang menyenangkan.

            Namun dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar, tentunya akan sulit untuk menerapkan konsep ruangan terbuka di dalam rumah dengan berbagai perabotan yang dimiliki.

            Namun anda bisa memulainya dengan mengatur barang pribadi dengan baik dan menempatnya di tempat yang tepat agar tidak memakan banyak ruang.

            Misalnya saja, anda bisa memulainya dengan memilih lemari penyimpanan yang besar, sehingga dapat berguna untuk menyimpan berbagai barang pribadi dengan aman dan rapi tanpa terlihat berantakan.

            Tempatkan lemari penyimpanan bersisian dengan tembok rumah sehingga anda memiliki area yang luas sebagai tempat terbuka untuk berbagai aktivitas.

            Hindari juga penggunaan dekorasi rumah yang berlebihan dan memakan banyak ruang dan membuat rumah anda terasa lebih sempit dibandingkan ukuran aslinya.

            interior rumah sederhana

            Baca Juga : Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis yang Sederhana 

            Interior Rumah Sederhana Natural

            Tinggal di perkotaan mungkin membuat anda merasa rindu dengan rerumputan hijau dan tumbuhan segar yang memanjakan mata.

            Namun dengan ukuran lahan yang tidak terlalu luas, mungkin akan sulit untuk mewujudkan tampilan hunian yang segar dengan berbagai tumbuhan rindang.

            Namun anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa mengembangkan konsep natural di rumah anda dengan mudah di hunian yang sederhana dan minimalis.

            Berikut beberapa penataan ruangan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tampilan hunian dengan konsep natural yang menyejukkan mata.

            Tambahkan Tanaman di Dalam dan Luar Ruangan

              Saat berbicara mengenai konsep natural, tentunya tidak akan lepas dari penggunaan tanaman sebagai dekorasi rumah untuk mempercantik ruangan.

              Namun penataan rumah yang cenderung tertutup tentunya akan membuat tumbuhan akan sulit tumbuh karena kurangnya sinar matahari untuk proses fotosintesis.

              Meskipun begitu, anda masih bisa mengatasinya dengan menggunakan tanaman hijau palsu sebagai dekorasi ruangan, sehingga dapat mengembangkan konsep natural dengan baik.

              Kelebihan lainnya dari menggunakan tanaman palsu di dalam rumah adalah anda tidak perlu menyiraminya setiap hari, sehingga lebih menghemat waktu bagi anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah.

              Tidak hanya itu, bentuk tanaman palsu yang beragam juga memudahkan anda untuk memilih berbagai tanaman yang sesuai keinginan dan kebutuhan, sehingga dapat menyesuaikan dengan konsep ruangan yang dimiliki.

              Namun, penggunaan tanaman palsu di dalam rumah juga perlu diperhatikan agar tidak mudah berdebu, caranya adalah dengan mengelapnya secara rutin sehingga tidak ada debu yang menempel dan membuat tanaman terasa awet dalam waktu lama.

              Akan tetapi, apabila anda ingin menambahkan tumbuhan asli di dalam rumah, pastikan untuk memilih jenis tumbuhan yang awet dan bisa bertahan lama di dalam ruangan.

              Jenis tumbuhan sukulen atau kaktus bisa menjadi pilihan terbaik, sebab mereka tidak membutuhkan banyak asupan matahari, sehingga bisa hidup di ruangan tertutup.

              Meskipun begitu, anda perlu menaruhnya di bawah sinar matahari secara rutin dan memberi nutrisi yang cukup agar bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

              Gunakan Furniture Kayu

                Konsep natural identik dengan bahan-bahan alami yang mendampingi, salah satunya adalah penggunaan furniture kayu sebagai tempat penyimpanan.

                Penggunaan furniture kayu tidak hanya memperkuat konsep natural di hunian anda, namun dapat menampung banyak barang dengan kuat dalam waktu lama.

                Kelebihan lainnya dari menggunakan furniture kayu untuk hunian minimalis konsep natural adalah anda bisa menyesuaikannya dengan tampilan rumah anda, apakah untuk hunian modern atau tradisional, sehingga dapat sesuai dengan konsep yang diinginkan.

                Tidak hanya itu, apabila anda merasa kurang puas dengan furniture kayu yang tersedia di pasaran, anda bisa memesannya sendiri di pengrajin kayu dengan tampilan yang anda inginkan serta bahan yang sesuai kebutuhan, sehingga menghasilkan konsep yang sesuai keinginan.

                Rancang Teras Rumah yang Segar

                  Meskipun beberapa jenis tanaman bisa tumbuh di dalam rumah dengan baik, namun tidak ada salahnya untuk menyediakan ruang terbuka bagi tumbuhan anda serta mengembangkan konsep natural dengan matang.

                  Salah satunya adalah memanfaatkan area depan rumah yang kosong sebagai tempat untuk membuat area teras rumah terbuka, sehingga tidak hanya dapat digunakan untuk beristirahat dengan santai, namun juga sebagai tempat tumbuhan tumbuh dengan subur.

                  Agar tumbuhan dapat tertata dengan rapi dan memberikan kesan estetika yang menyegarkan mata, maka anda bisa memanfatakan berbagai pot tumbuhan dengan ukuran dan desain tertentu.

                  Hal ini tidak hanya membantu anda untuk menata tanaman dengan baik, namun juga memberikan kesan penataan yang apik dengan memajang pot di tempat yang nyaman.

                  Ada baiknya untuk membagi area duduk dengan tanaman dengan baik, sehingga tumbuhan anda tidak mengotori area bersantai, serta anda dapat menikmati tumbuhan dengan nyaman.

                  Gantungkan Dekorasi dari Alam

                    Meskipun konsep minimalis identik dengan penggunaan dekorasi yang minimal, namun tidak ada salahnya untuk menghias rumah anda untuk memberikan tampilan yang estetik.

                    Apabila anda hendak menghias ruangan dengan konsep natural, maka menggunakan bahan-bahan dari alam bisa menjadi pilihan terbaik.

                    Pilihan bahan ini tidak hanya dapat menghias hunian anda dengan baik, namun dapat mengedepankan konsep natural melalui penggunaan bahan yang digunakan di rumah anda.

                    Misalnya saja, anda bisa menghias ruangan anda menggunakan tali telami yang dipajang di dinding rumah atau memajang patung dari kayu dengan bentu yang unik untuk menghias ruangan.

                    Agar rumah anda tidak terasa sesak karena penggunaan dekorasi ruangan, maka ada baiknya untuk memilih dekorasi ukuran kecil agar tidak memakan banyak tempat namun dapat menghias ruangan dengan baik.

                    Tambahkan Eleman Alam

                      Penggunaan elemen alam tidak hanya digunakan sebagai dekorasi dan furniture rumah saja, namun anda masih bisa memanfaatkannya sebagai bagian dari bahan material rumah anda.

                      Misalnya saja saat membangun toilet konsep natural, maka anda bisa menggunakan batu alam sebagai pijakan lantai untuk memberikan kesan dekat dengan alam.

                      Tidak hanya itu, pemilihan dinding toilet dengan bahan khusus juga akan membantu memberikan kesan natural dan membuat anda merasakan seperti di tempat terbuka.

                      Penambahan berbagai jenis tanaman palsu dan asli di sudut ruangan juga akan memberikan kesan natural di rumah anda dan suasana segar yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

                      interior rumah sederhana colorfull

                      Interior Rumah Sederhana Colorfull

                      Interior rumah minimalis tidak hanya menggunakan warna netral atau penggunakan furniture yang fungsional, namun anda juga dapat memberikan sentuhan lain di rumah anda dengan menggunakan warna-warni yang cerah.

                      Salah satunya adalah menggunakan konsep colorfull di rumah anda, sehingga suasana rumah terasa lebih segar dengan pemilihan warna yang digunakan di dalam rumah. Berikut beberapa tips menata rumah dengan menggunakan warna-warna yang cerah di ruangan atau furniture di hunian anda.

                      Gunakan Warna-warna Cerah

                        Ciri khas dari konsep colorfull adalah penggunaan warna-warna cerah, sehingga penting bagi anda untuk memilih warna cerah yang digunakan sebagai dasar ruangan untuk memberikan ciri khas sendiri.

                        Cara ini juga akan memudahkan anda apabila hendak memadukannya dengan warna-warna cerah lainnya sehingga memberikan kesan yang ceria dan segar.

                        Penggunaan warna cerah tidak hanya digunakan pada tembok ruangan saja, namun anda juga bisa menerapkannya di furniture atau dekorasi rumah.

                        Misalnya saja, anda bisa menggunakan warna-warna cerah di furniture anda sehingga mendukung konsep yang digunakan serta mempercantik ruangan dengan baik.

                        Sayangnya, tidak banyak furniture yang menggunakan warna-warna cerah, namun anda bisa mengatasinya dengan memesan secara khusus atau menggunakan pelapis khusus untuk furniture anda.

                        Sedangkan untuk penggunaan dekorasi ruangan pada konsep colorfull, maka anda bisa menggunakan hiasan yang memiliki warna-warna cerah atau memilih lukisan dengan konsep modern sehingga sesuai dengan tampilan hunian anda.

                        Tambahkan Pola Tertentu

                          Penerapan konsep colorfull tidak hanya digunakan dengan menambahkan warna-warna cerah, namun anda juga bisa menambahkan pola tertentu di dinding rumah untuk mempercantik hunian.

                          Penggunaan pola tersebut nantinya akan memberikan sentuhan berbeda di rumah anda, sehingga anda tidak merasa bosan dengan rumah yang penuh warna.

                          Anda bisa menerapkan pola di dinding rumah menggunakan stiker khusus, sehingga memudahkan dalam pemakaian dan tidak memakan banyak tenaga.

                          Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan wallpaper dengan warna cerah serta motif tertentu sehingga dapat mempercantik ruangan dengan baik serta mempercepat pengerjaan dekorasi rumah.

                          Meskipun terlihat cantik dan tidak membosankan, namun ada baiknya untuk mengganti wallpaper atau stiker secara rutin agar tidak merusak dinding rumah karena penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan tembok berjamur.

                          Pasang Dekorasi Ruangan

                            Guna menambahkan kesan ceria dan segar di konsep hunian colorfull, anda juga bisa menambahkan dekorasi ruangan yang dapat mempercantik ruangan dengan baik.

                            Salah satunya adalah dengan memajang lukisan dengan tema tertentu yang memiliki warna yang cerah serta gambar yang menarik perhatian, sehingga menghidupkan suasana.

                            Anda juga bisa menempelkan pigura dengan kata-kata tertentu untuk mempercantik ruangan serta sebagai variasi dekorasi ruangan yang berbeda.

                            Ada baiknya untuk memilih dekorasi ruangan ukuran kecil agar tidak memakan banyak ruang, sehingga rumah anda masih terlihat luas.

                            Tampilkan kepribadian anda di desain rumah yang sesuai keinginan bersama Dandanoma yang bisa anda hubungi di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


                            Posted

                            in

                            by

                            Tags:

                            Comments

                            Leave a Reply

                            Your email address will not be published. Required fields are marked *