Cara Memperbaiki Atap Rumah Bocor

Cara Memperbaiki Atap Rumah Bocor

Atap rumah menjadi salah satu pondasi dari rumah yang kuat, namun seiring dengan berjalannya dan cuaca yang terus berubah, dapat menjadikan atap rumah bocor yang mengganggu penghuni rumah.

Penyebab dari atap rumah bocor bisa bermacam, sebagian besar karena kekuatan genteng yang semakin retak sehingga menimbulkan kebocoran atau desain atap yang tidak sesuai sehingga menyebabkan air jatuh tidak pada tempatnya.

Apabila masalah ini dibiarkan terus menerus, maka tidak hanya anggota rumah saja yang terganggu namun bagian rumah lain juga yang menyebabkan ada jamur dan lain sebagainya.

Guna menghadapi masalah tersebut, berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan baik secara mandiri atau menggunakan bantuan tukang.

ventilasi untuk mencegah atap rumah bocor

Periksa Ventilasi Atas

Masalah atap rumah bocor, tidak hanya terjadi karena kerusakan atap, namun juga dari ventilasi yang dibangun di bagian atas rumah/

Pada beberapa desain rumah yang menggunakan loteng, biasanya juga menggunakan ventilasi sebagai saluran udara.

Namun dibalik fungsi ventilasi tersebut, mereka juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah menjadi penyebab kebocoran.

Masalah ini bisa terjadi karena ventilasi tidak tertutup rapat atau terdapat bagian yang longgar, sehingga memudahkan cipratan air hujan masuk.

Hal ini tentunya merugikan bagi anda karena menyebabkan bagian loteng mudah basah saat musim hujan serta menjadi lembab bahkan berjamur apabila dibiarkan dalam waktu lama.

Sehingga guna mengatasi masalah tersebut, ada baiknya untuk memeriksa bagian ventilasi secara rutin, guna memastikan bahwa mereka tertutup rapat saat musim hujan tiba.

Selain itu, jangan lupa untuk menutup bagian ventilasi sebelum hujan turun guna mencegah air hujan turun dalam jumlah banyak dan jangka waktu lama.

Solusi lainnya apabila ventilasi mulai tidak rapat adalah menggantinya dengan jendela baru yang memiliki lebih banyak sekat sehingga memungkinkan air hujan susah masuk.

Cari juga ukuran ventilasi yang sesuai dengan bagian jendela yang dimiliki sehingga mencegah kemungkinan adanya kebocoran saat musim hujan datang.

Pemasangan ventilasi ada baiknya dilakukan oleh tukang untuk memastikan kerapatan jendela yang digunakan.

cara mencegah talang air kotor agar tidak bocor

Baca Juga : https://dandanoma.com/blog/2023/10/19/4-jenis-atap-rumah-anti-bocor-dan-cara-memilihnya/ 

Talang Air Kotor

Talang air biasa ditemukan di bagian atap rumah, dimana bagian ini membantu untuk mengalirkan air hujan yang turun sehingga bisa lebih mudah masuk ke dalam selokan.

Namun, pada beberapa kasus, talang air juga bisa kotor karena banyaknya sampah daun yang masuk karena pemilik rumah memiliki pohon rimbun yang melewati talang air.

Talang air yang penuh dengan sampah juga bisa menyebabkan masalah baru, yakni air yang tersumbat sehingga mengakibatkan kerusakan pada pipa tersebut.

Pada masalah yang lebih serius, talang air bisa saja roboh karena volume air yang terlalu banyak dan tidak dialirkan dengan baik, menjadikan pipa tidak sanggup menampungnya karena beban yang terlalu berat.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menyelesaikannya dengan rutin membersihkan talang air dari berbagai kotoran.

Pembersihan ini bisa dilakukan dengan mudah, misalnya menggunakan sapu atau sarung tangan latex guna mengambil sampah dengan cepat.

Sedangkan apabila anda memiliki pohon yang rimbun, maka ada baiknya untuk memotongnya agar tidak menghalangi bagian talang air.

Pemeriksaan rutin juga dilakukan untuk memastikan bahwa kualitas pipa yang digunakan masih bagus sehingga dapat mengalirkan air dengan sempurna.

Sebelum proses pembangunan rumah dilakukan, ada baiknya untuk menggunakan talang air yang berkualitas sehingga tidak mudah rusak dan mampu menampung beban air.

Pastikan juga ukuran talang air sesuai sehingga lebih mudah bagi air untuk mengalir saat musim hujan tiba.

cara memperbaiki atap rumah bocor

Perbaiki Atap Rumah Bocor 

Atap rumah bocor masih menjadi masalah kerusakan atap, dimana masalah ini bisa terjadi karena berbagai penyebab.

Misalnya saja umur atap rumah yang sudah tua, sehingga menyebabkan timbulnya keretakan sehingga memudahkan percikan air mudah masuk.

Selain itu, kualitas genteng yang kurang baik juga menyebabkan atap rumah bocor lebih mudah pecah, hal ini akan semakin diperparah dengan cuaca yang cepat berubah sehingga menyebabkan genteng mudah rapuh.

Beberapa jenis atap rumah juga bisa mudah rusak apabila tertimpa berat dalam waktu lama, misalnya saja buah yang jatuh yang menimpa atap anda.

Sayangnya masalah atap rumah bocor sering telat disadari oleh banyak orang dan baru terlihat saat memasuki musim hujan, dimana anda akan melihat atap mulai memiliki rembesan air.

Masalah atap rumah bocor tidak hanya merugikan penghuni rumah karena harus bahu membahu menampung air yang masuk, namun juga menyebabkan kerusakan lain di bagian rumah anda.

Misalnya saja tumbuh jamur yang terjadi akibat rembesan air yang mengalir namun tidak diatasi dengan segera.

Guna mengatasi masalah atap rumah bocor, anda bisa melakukan berbagai pencegahan dan penyelesaian yang bisa dilakukan secara rutin.

Anda bisa memulainya dengan secara berkala memeriksa kondisi genteng, apakah terlihat terjadi keretakan atau mulai pecah.

Mengguyurkan sejumlah air dalam jumlah besar ke beberapa titik atap rumah juga bisa menjadi cara untuk memeriksa kekuatap atap rumah dan memastikan tidak terjadi kebocoran di hunian anda.

Gunakan juga senter untuk memeriksa bagian atap atau genteng rumah secara seksama guna memastikan kondisinya.

Kondisi atap atau genteng yang bocor biasanya diketahui dengan adanya jamur yang muncul serta bekas noda hitam.

Pada kasus kerusakan atap rumah ringan, anda bisa menyelesaikannya dengan menambal bagian tertentu dengan cat waterproof, sehingga air tidak mudah masuk.

Anda juga dapat memperbaiki masalah atap rumah bocor dengan menggesernya ke posisi semula apabila masalahnya terjadi pada pergeseran genteng bocor.

Sementara pada kerusakan atap rumah berat, anda perlu mengganti atap rumah dengan yang baru, sehingga mengeluarkan biaya tambahan serta membutuhkan bantuan tukang untuk mengganti bagian tersebut.

Sehingga ada baiknya untuk memilih kualitas atap dan genteng rumah terbaik selama masa pembangunan rumah dilakukan untuk mencegah masalah tersebut.

Apabila hunian anda sudah dibangun selama puluhan tahun dan tidak pernah diganti sebelumnya, maka inilah momen yang tepat untuk mengganti bagian genteng yang lama dengan genteng baru sehingga memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan genteng yang dahulu digunakan.

lem khusus untuk mencegah atap rumah bocor

Gunakan Lem Khusus

Pada beberapa kasus kerusakan atap rumah bocor ringan, anda seringkali tidak memerlukan mengganti genteng yang dimiliki, namun cukup dengan menambalnya.

Hal ini dilakukan karena atap rumah memiliki kebocoran yang kecil dan kasat mata, sehingga bisa ditambal dengan lem khusus.

Namun, tidak semua lem khusus bisa digunakan untuk luar ruangan, namun biasa dipakai di dalam rumah.

Salah satunya adalah lem sealant yang menjadi perekat khusus untuk interior rumah serta mencegah masuknya air ke dalam hunian yang dimiliki.

Penggunaan lem sealant bisa digunakan ke berbagai bagian rumah yang memiliki rongga kecil, misalnya saja.

Keuntugan lainnya dari menggunakan lem sealant selain sebagai perekat bagian yang bocor adalah mereka tidak memiliki bau yang menyengat.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi anda yang hendak melakukan perbaikan sendiri, sehingga tidak perlu membutuhkan bantuan orang lain.

Selain itu, lem sealant juga tidak membutuhkan waktu lama untuk kering, cukup 4 jam saja maka bagian yang berlubang dapat tertutup dengan sempurna, asalkan anda menempelkannya di cuaca yang panas atau menggunakan bantuan kipas angin.

Meskipun lem sealant mudah digunakan, namun pastikan untuk memilih yang memiliki kualitas terbaik agar bisa bertahan lama.

Anda bisa meminta rekomendasi dari penjual di toko bahan bangunan untuk mendapatkan lem sealant terbaik meskipun memiliki harga yang lebih mahal.

aluminium foil untuk mencegah atap rumah bocor

Gunakan Aluminium Foil untuk Atap

Pada beberapa desain rumah, biasanya arsitek dan kontraktor tidak hanya menggunakan genteng sebagai pelindung atap, namun juga menggunakan plafon rumah.

Hal ini dikarenakan plafon rumah memiliki bentuk dan desain yang beraneka ragam sehingga dapat mempercantik desain rumah yang dimiliki.

Namun, sama seperti pelindung rumah lainnya, plafon juga memiliki masalah yang sama dengan genteng rumah, yakni kebocoran atap rumah.

Dimana masalah ini bisa terjadi akibat plafon yang dipasang terlalu lama atau kualitas yang kurang baik, sehingga menyebabkannya mudah bocor.

Kebocoran plafon sendiri bisa menyebabkan rembesan yang dapat merusak desain rumah serta lama kelamaan menjadi penyebab atap rumah bocor.

Namun, dengan bahan berbeda yang dimiliki oleh plafon menjadikannya memiliki cara perawatannya sendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan aluminium foil untuk melapisi bagian plafon yang bocor.

Bahan ini dipilih sebab permukaannya yang cair, sehingga lebih mudah diaplikasikan ke bagian plafon yang licin.

Penggunaan aluminium foil dilakukan sebab mereka dapat menahan air sehingga plafon anda lebih aman.

Kelebihan lainnya dari menggunakan aluminium foil untuk bagian plafon adalah mereka bisa menjadi peredam panas, sehingga cocok digunakan di daerah dengan cuaca panas.

Selain itu, plafon yang menggunakan aluminium foil juga bisa lebih awet dibandingkan yang tidak menggunakannya sama sekali, sehingga cocok bagi anda yng ingin memperpanjang masa ketahanan plafon yang dimiliki.

Sayangnya, penggunaan aluminium foil di plafon tidak bisa dipasang sendirian, berbeda dengan saat anda mengganti genteng yang dapat dilakukan seorang diri.

Anda perlu menggunakan jasa tukang renovasi rumah harian yang dapat membantu pemasangan aluminium agar lebih kuat.

Pilih juga aluminium foil dengan kualitas terbaik agar tidak mudah mengelupas di permukaan yang panas atau luntur saat terkena air hujan dengan intensitas tinggi.

Pastikan juga untuk melakukan pemasangan aluminium foil di cuaca panas, agar lebih cepat kering sehingga kualitasnya lebih tahan lama.

Memasang aluminium foil di musim hujan akan membuat mereka lebih lama kering karena basah air hujan yang mengguyur bagian tersebut.

cat waterproof untuk mencegah atap rumah bocor

Gunakan Cat Waterproof

Saat mengecat dinding rumah, biasanya tukang menggunakan cat waterproof untuk melapisi bagian tersebut, sebenarnya apa sih cat waterproof dan keuntungannya untuk atap rumah bocor?

Pengertian dan Keuntungan Menggunakan Cat Waterproof

    Cat waterproof adalah pelapis khusus yang diformulasikan agar tembok rumah menjadi tahan air sehingga kuat dari berbagai goncangan cuaca.

    Jenis cat ini biasa digunakan untuk bagian luar ruangan agar bagian dalam ruangan tidak mudah bocor terkena air hujan yang turun.

    Tidak hanya itu, dengan menggunakan cat waterproof di luar ruangan, juga akan membantu mencegah kebocoran, hal ini tentunya akan membantu tampilan dinding menjadi lebih cantik dalam waktu lama.

    Di sisi lain, penggunaan cat waterproof juga bisa dibersihkan dengan mudah, sehingga bisa menghindari tampilan dinding yang kotor akibat terkena debu atau kotoran.

    Penggunaan Cat Waterproof

      Apabila anda hendak menggunakan cat waterproof sebagai pelapis dari hujan atau jamur, maka anda bisa menggunakannya dengan mudah.

      Pertama, pastikan bahwa bagian dinding luar sudah dibersihkan sehngga terhindar dari kotoran seperti minyak, debu, jamur, atau cat sudah mengelupas.

      Apabila anda hendak menggunakannya di bagian dinding yang berlubang, maka ada baiknya untuk menambalnya terlebih dahulu agar perlindungan cat waterproof menjadi lebih maksimal.

      Pastikan juga bahwa bagian dinding luar sudah kering sebelum anda memolesnya dengan cat waterproof, perhatikan juga untuk melapisi tembok dengan sempurna dan tidak menimbulkan gelembung.

      Ulangi pelapisan cat waterproof hingga merata sampai beberapa kali, namun pastikan agar pengecatan pertama kering lalu diulangi ke bagian selanjutnya.

      Hal ini bisa anda lakukan untuk atap rumah bocor, caranya adalah bersihkan dulu bagian rumah yang bocor hingga bersih dan kering, lakukan juga penambalan pada bagian yang mengalami kebocoran.

      Kemudian lapisi bagian tersebut dengan cat waterproof yang telah dipersiapkan sebelumnya, pastikan anda mengukur cat waterproof dengan tepat agar tidak terlalu cair sehingga menyebabkan pelapisan kurang maksimal.

      cara memilih cat waterporoof untuk rumah anti bocor

      Cara Memilih Cat Waterproof

        Banyaknya cat waterproof yang beredar di pasaran dengan harga dan merk yang variatif tentunya akan membuat anda bingung mengenai cat yang sesuai kebutuhan.

        Karenanya berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih cat waterproof terbaik sebelum membeli dan menggunakannya di hunian anda.

        Pilih dengan Pelindung Sinar Matahari

        Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, tentunya anda akan mengalami cuaca yang panas sepanjang tahun dalam jangka waktu lama.

        Ternyata cuaca yang panas ini juga dapat memengaruhi kekuatan genteng atau atap rumah yang dimiliki, sehingga apabila anda tidak menggunakan pelindung terbaik,maka akan lebih mudah mengalami kebocoran atap rumah.

        Apabila anda memiliki rumah satu lantai dan menginginkan perlindungan terbaik bagi rumah anda, maka ada baiknya memilih cat waterproof yang memiliki kekuatan menahan sinar matahari agar genteng dan atap rumah anda tidak mudah bocor.

        Memiliki Daya Lekat Kuat dan Anti Jamur

        Salah satu tujuan dari menggunakan cat waterproof adalah memberikan perlindungan penuh bagi atap atau genteng rumah anda.

        Sehingga penting untuk memiliki cat waterproof yang memiliki daya lekat kuat sehingga bisa bertahan dalam waktu lama.

        Dengan kekuatan yang dimiliki maka akan membantu cat waterproof dari terpaan air hujan yang deran di musim hujan.

        Selain itu, pastikan juga bahwa cat waterproof yang dipilih memiliki kekuatan anti jamur, mengingat genangan air juga bisa menyebabkan jamur yang menjadi penyebab atap rumah bocor.

        Anda juga perlu memilih cat waterproof yang gampang diaplikasikan, sehingga akan memudahkan bagi tukang untuk mengecatnya, sehingga tidak memakan waktu lama dalam proses penambahan atap rumah bocor.

        Pilih dari Merk Terkenal

        Saat memilih cat waterproof di supermarket bahan bangunan, maka anda akan melihat berbagai produk dari merk yang memiliki harga yang variatif.

        Harga yang lebih murah tentunya akan membuat anda tergiur untuk membelinya, namun ingatlah untuk mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan penghuni rumah agar terhindar dari atap rumah bocor.

        Solusinya adalah memilih merk cat waterproof yang terkenal atau minta rekomendasi dari tukang atau kenalan yang pernah membenahi atap rumah bocor sebelumnya sehingga anda akan mendapatkan saran dari seseorang yang berpengalaman.

        Memiliki atap rumah bocor tentunya menjadi masalah bagi banyak orang, namun anda bisa mengatasinya dengan solusi terbaik dari tukang yang berpengalaman dan menghubungi Dandanoma untuk perawatan atap terbaik, hubungi http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


        Posted

        in

        by

        Tags:

        Comments

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *