Cara Memilih Atap Rumah Anti Bocor yang Kuat

Cara Memilih Atap Rumah Anti Bocor yang Kuat

Atap rumah menjadi salah satu bagian paling penting untuk melindungi penghuni rumah dari berbagai macam cuaca, termasuk cuaca panas dan hujan yang terus bergantian sepanjang tahun.

Hal ini dikarenakan perubahan cuaca yang ekstrem juga dapat merusak pelindung atap rumah, sehingga menyebabkan mereka lebih mudah bocor dari waktu perkiraan.

Apabila masalah ini terjadi, maka akan menyebabkan kerusakan atap rumah yang lebih parah, sehingga menghabiskan banyak biaya.

Sehingga untuk mengantisipasi masalah tersebut, berikut beberapa cara memilih atap rumah anti bocor yang baik bagi hunian anda dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Pilih Jenis Atap Rumah yang Tepat

Pilih Jenis Atap Rumah Anti Bocor yang Tepat

Sebagian besar orang mungkin hanya mengetahui atap rumah dari bahan tanah liat atau seng saja karena banyak ditemukan dan digunakan di berbagai hunian atau stand makanan.

Namun, saat melakukan eksplorasi jenis atap rumah dari internet atau supermarket bahan bahan bangunan, anda mungkin baru mengetahui bahwa atap rumah memiliki bahan yang berbebda-beda, mulai dari kaca, seng, galvalum, dan lain sebagainya.

Perbedaan jenis atap rumah ini dapat digunakan untuk berbagai jenis cuaca di suatu wilayah, baik cuaca panas atau hujan dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih jenis atap rumah yang tepat sesuai dengan iklim daerah yang dihuni guna memberikan keamanan dan kenyaman bagi pemilih rumah.

Bagi anda yang tinggal di daerah tropis, maka ada baiknya untuk memilih jenis genteng tanah liat, sebab mereka mampu menyerap panas sehingga udara di dalam rumah terasa lebih sejuk, serta memberikan perlindungan dari hujan deras dalam jangka waktu lama sehingga anti bocor.

Hindari menggunakan jenis atap rumah dari bahan kaca atau asbes, sebab mereka mengarahkan cahaya matahari secara langsung, sehingg membuat rumah anda terasa lebih panas dan kurang nyaman di dalam rumah dalam waktu lama.

Selain itu, anda juga mempertimbangkan perawatan jenis atap rumah yang dipilih, dimana bahan atap yang menggunakan aspal atau keramik biasanya memiliki perawatan khusus, sehingga anda perlu memanggil tukang yang dahulu memasang atap rumah anda karena mereka juga memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam memperbaikinya.

Hal ini tentunya merugikan bagi pemilik rumah, sebab anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk memperbaikinya karena renovasi tidak bisa dilakukan seorang diri.

Pertimbangkan Kualitas dan Garansi Atap

Pertimbangkan Kualitas dan Garansi Atap

Sama seperti bahan bangunan lainnya, seiring dengan berjalannya waktu, kualitas mereka akan menurun apalagi di tengah cuaca ekstrem yang terus berganti.

Sehingga penting bagi anda untuk mempertimbangkan kualitas atap rumah agar bisa bertahan dalam jangka waktu lama untuk menghemat pengeluaran.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengetahui kualitas genteng adalah mengetahui bahan yang digunakan.

Bahan genteng dari tanah liat memang memiliki perlindungan dari cuaca panas dan hujan sehingga bisa bertahan dalam waktu lama.

Namun, bahan tersebut juga bisa menimbulkan lumut karena terpapar panas dan hujan yang terus berganti sepanjang tahun.

Sehingga, anda mungkin perlu menggantinya apabila melihat sebagian besar genteng tanah liat mulai rusak untuk mempertahankan kualitas atap rumah serta memberikan kesan estetik bagi hunian anda.

Apabila anda memiliki budget lebih untuk membangun rumah dan ingin menginvestasikan dana tersebut ke bagian atap rumah, maka memilih jenis genteng dari beton atau aspal bisa menjadi pilihan terbaik.

Jenis atap rumah ini kerap kali digunakan di hunian mewah karena memiliki perlindungan yang lebih baik, meskipun anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkannya karena kualitas yang dimiliki.

Dimana mereka memiliki kekuatan untuk menahan curah hujan yang tinggi dalam jangka waktu lama sebab perpaduan dari bahan mineral dan fiberglass.

Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir akan resiko kebakaran, sebab mereka memiliki perlindungan terhadap api, sehingga rumah anda tetap memiliki perlindungan yang lebih.

Apabila anda tinggal di daerah yang rawah bencana, maka jenis atap rumah dari beton dan aspal bisa menjadi pilihan terbaik, karena mereka tidak mudah terbawa oleh angin sebab memiliki beban yang berat.

Namun, di balik beban berat tersebut, mereka masih mudah untuk dipasang sehingag memudahkan pekerjaan tukang dalam membangun rumah anda.

Dengan berbagai kelebihan yang diberikan oleh jenis atap rumah beton dan aspal, tentunya anda tergiur untuk membeli dan memasangnya di rumah anda.

Akan tetapi sebelum melakukan pembelian, maka ada baiknya untuk memastikan bahwa atap rumah yang dipilih memiliki garansi, sehingga anda bisa melakukan klaim apabila terjadi kerusakan akibat bencana alam dan bukan kesalahan anda sendiri.

Tanyakan mengenai masalah tersebut ke penjual sebelum melakukan pembelian, sehingga memberikan jaminan apabila anda telah membeli dan memasangnya di rumah anda.

Kenali Cara Pemasangan Atap Rumah

Kenali Cara Pemasangan Atap Rumah

Beberapa jenis atap rumah biasanya dapat dipasang dengan mudah oleh tukang bangun rumah karena menggunakan jenis genteng yang biasa digunakan sehari-hari.

Namun, beberapa jenis atap rumah mungkin memerlukan bantuan tukang pemasangan khusus, sebab mereka memiliki instalasi yang berbeda, sehingga perlu keahlian sendiri dalam memasang jenis atap rumah tersebut.

Sehingga apabila anda hendak menggunakan jenis atap rumah tertentu, maka ada baiknya memerhatikan cara pemasangannya.

Misalnya apakah mereka memasangnya dengan tepat pada titik yang telah ditentukan dan menggunakan pengait khusus, sehingga atap rumah anda akan terpasang lebih kuat dan sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemilik rumah.

Tidak hanya itu, pastikan ukuran atap rumah sesuai dengan luas bagian atap yang telah diukur sebelumnya, sehingga tidak terjadi pemborosan karena anda perlu membeli atap tambahan atau memotongnya karena tidak sesuai dengan ukuran yang dimiliki.

Apabila anda memilih menggunakan jenis genteng tanah liat, maka ada baiknya memerhatikan pemasangannya agar saling menutupi satu sama lain dan tidak menimbulkan celah di bagian genteng tertentu.

Hal ini dikarenakan sudah banyak masalah atap rumah yang terjadi karena pemasangan genteng tidak erat satu sama lain, sehingga menyebabkan air mudah masuk dan menyebabkan kebocoran rumah yang dapat membahayakan apabila dibiarkan dalam waktu lama.

Pertimbangkan juga apabila terjadi kerusakan atap rumah anda, dimana jenis genteng tertentu mudah dibongkar dan lainnya memerlukan tukang khusus, sehingga anda perlu memanggil tukang khusus yang tentunya memakan waktu lama apabila terjadi kepadatan pemesanan renovasi.

Ada beberapa jenis genteng yang bisa diperbaiki secara mandiri, seperti genteng tanah liat atau asbes, namun ada juga yang memerlukan perawatan khusus dari tukang seperti aspal atau beton.

Sehingga penting bagi anda untuk melakukan konsultasi kepada penjual atau mandor sebelum melakukan pembelian dan pemasangan sembari menjelaskan kondisi rumah yang sedang dibangun.

Pada proses pemasangan atap rumah, anda bisa mempercayakan kepada mandor yang dipilih, dimana mereka memiliki pengalaman dan keahlian lebih dalam memasang berbagai jenis atap rumah, sehingga mengurangi kekhawatiran anda.

Ketahui Perawatan Atap Rumah

Ketahui Perawatan Atap Rumah

Perawatan atap rumah tentunya memiliki perbedaan satu sama lain, sehingga anda perlu mengetahuinya apabila hendak melakukan perawatan secara mandiri.

Perbaikan ini tidak hanya terjadi saat atap rumah mengalami kerusakan, namun anda bisa melakukan perawatan rutin untuk menghindari kerusakan yang lebih parah di rumah anda.

Perawatan rutin ini bisa dimulai dengan mengecek kondisi rumah, apakah tidak terjadi keretakan, bagian yang patah, atau lubang kecil tak kasat mata di bagian atap rumah anda.

Anda bisa melihatnya menggunakan mata telanjang atau menyiramkan sejumlah air ke bagian tersebut untuk melakukan pengecekan apakah tidak terjadi kebocoran atau rembes di area atap rumah.

Apabila anda memiliki pohon yang tinggi di area rumah anda, maka ada baiknya untuk memangkasnya guna menghindari bagian dahan pohon masuk ke genteng anda sehingga menjadi celah air untuk masuk atau sampah daun yang masuk ke talang air sehingga menyebabkan penyumbatan yang menjadi sumber kebocoran atap rumah.

Bagian atap rumah yang telah tertumpuk daun kering juga bisa menjadi penyebab pelapukan apabila terkena sinar matahari atau air hujan dalam waktu lama.

Perawatan lainnya yang bisa dilakukan untuk atap rumah adalah melakukan penambalan yang bisa dilakukan menggunakan lem khusus, lakban, atau perekat lainnya yang bisa anda beli di toko bangunan atau membuatnya sendiri dengan mudah dan murah.

Bagian atap rumah yang memiliki keretakan atau kebocoran dalam area yang kecil mungkin bisa diatasi sendiri, sehingga anda tidak perlu memanggil tukang sehingga mengeluarkan banyak biaya.

Namun, beberapa jenis atap rumah memerlukan bantuan tukang khusus untuk melakukan perbaikan, sehingga anda perlu menyiapkan budget perbaikan dalam jumlah tertentu serta menunggu dalam waktu lama apabila terjadi antrian perbaikan atap rumah.

faktor lingkungan yang memengaruhi atap rumah anti bocor

Faktor Lingkungan

Tinggal di negara tropis berarti harus siap dengan kondisi cuaca yang panas atau hujan dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, pada bulan-bulan tertentu, terdapat perubahan cuaca yang ekstrem sehingga membuat kekuatan atap rumah berkurang apabila dibiarkan dalam waktu lama.

Sehingga penting bagi pemilik rumah untuk memilih atap yang sesuai dengan kondisi lingkungan agar atap yang dipilih bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Memilih genteng dari tanah liat bisa menjadi pilihan terbaik, sebab mereka bisa bertahan dalam jangka waktu lama di berbagai cuaca serta perawatan yang mudah, sehingga cocok digunakan bagi anda yang baru memiliki rumah da kurang memahami cara merawat rumah.

Kekuatan dan keawetannya menjadi alasan mengapa genteng tanah liat dipilih oleh banyak orang sebagai pilihan atap rumah yang tahan lama.

Akan tetapi, apabila anda memiliki budget yang lebih dalam membangun rumah, maka anda bisa memilih jenis atap rumah yang memiliki bahan yang lebih baik sehingga tahan lama dan memerlukan perawatan yang minimal, meskipun anda perlu mengeluarkan biaya dalam jangka waktu lama.

Apabila anda tinggal di daerah yang memiliki cuaca panas yang tinggi, maka ada baiknya untuk memilih atap rumah jenis tanah liat karena dapat menyerap panas baik dibandingkan atap metal yang malah mengurung suhu panas yang membuat anda kurang nyaman.

Dalam memilih atap rumah yang baik, pertimbangkan juga dampak lingkungan yang diberikan, pastikan mereka ramah lingkungan yang berarti mereka mudah di daur ulang apabila terjadi kerusakan.

Apabila anda memilih jenis atap rumah yang mudah rusak maka anda juga mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan secara rutin sehingga merugikan keuangan anda.

cara memilih kerangka atap rumah anti bocor

Gunakan Kerangka Atap yang Tepat

Saat memilih jenis atap rumah untuk hunian anda, pastikan juga untuk menyesuaikan kerangkan rumah yang telah dipasang sebelumnya.

Sebab tidak semua kerangka rumah memiliki kekuatan yang sama untuk jenis atap rumah yang anda pilih, sehingga apabila anda melakukan kesalahan dalam memilih jenis kerangka dan atap, maka akan memberikan kerusakan yang fatal dan membahayakan penghuni rumah anda.

Di sisi lain, kerangka rumah tertentu terkadang tidak bisa menampung jenis atap yang anda pilih karena bobotnya yang lebih berat.

Contohnya saja kerangka kayu bisa digunakan untuk genteng tanah liat, namun tidak untuk atap baja karena memiliki beban yang lebih berat sehingga akan membahayakan apabila dipaksakan.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengetahui beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih kerangka yang sesuai dengan atap rumah yang anda pilih.

Tentukan Bahan Material yang Digunakan

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pemilihan bahan material rangka rumah penting dilakukan sebelum memasang atap yang akan digunakan.

    Hal ini dikarenakan rangka rumah akan menopang atap yang hendak dipasang sehingga memberikan keamanan bagi penghuni rumah.

    Tidak hanya itu, pemilihan rangka rumah yang tepat akan membantu mereka bertahan lebih lama dari terpaan cuaca atau gangguan serangga.

    Misalnya saja rangka kayu mungkin memiliki harga yang lebih murah serta kekuatan untuk menopang genteng tanah liat, namun mereka mudah diserang oleh rayap yang akan menyebabkan atap rumah runtuh apabila dibiarkan terlalu lama.

    Sebagai alternatifnya, anda bisa mengguankan jenis rangka dari baja ringan, dimana mereka lebih kuat terhadap serangan serangga serta menampung berbagai jenis atap rumah, meskipun anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli jenis rangka tersebut.

    Ukuran Rangka

      Luas rumah yang berbeda-beda juga menjadi faktor pertimbangan dalam membeli rangka rumah yang hendak dipasang.

      Setelah melakukan diskusi mengenai jenis rangka rumah yang hendak dibeli, maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan kontraktor atau mandor mengenai luas rumah yang sedang dibangun untuk menentukan luas rangka yang akan digunakan.

      Semakin luas ukuran rangka atap yang hendak dipasang maka akan semakin besar biaya yang dikeluarkan dan begitu juga sebaliknya.

      Memilih ukuran rangka yang tepat juga akan membantu anda dalam pemasangan, sehingga tidak ada rangka yang tersisa atau kurang yang nantinya akan merugikan diri anda sendiri.

      Selain itu, rangka dengan ukuran yang lebih besar tentunya akan memakan waktu untuk membuatnya, sehingga anda perlu memesannya jauh-jauh hari sebelum bagian atap rumah dibangun.

      Pilih Pembuat Rangka yang Terpercaya

        Saat melakukan pemilihan rangka rumah untuk hunian impian, tentunya anda akan menemukan berbagai pembuat rangka yang menawarkan jasa mereka.

        Meskipun begitu, anda hendaknya tidak tergiur dengan harga yang murah serta pembuatan yang cepat, tentunya anda tidak ingin hunian anda mengalami kerusakan karena rangka yang dipilih.

        Ada baiknya untuk memilih pembuat rangka yang berpengalaman dan profesional, dimana anda bisa mendapatkannya dari rekomendasi kenalan yang pernah membangun rumah sebelumnya serta kontraktor atau mandor yang telah berpengalaman membangun berbagai jenis hunian.

        Periksa hasil kerja mereka dengan mengunjungi tempat pembuatannya secara langsung untuk meyakinkan diri anda sebelum membelinya.

        Selain memilih atap rumah anti bocor yang baik, anda juga perlu memilih tukang terbaik yang dapat memasang genteng anda dengan sempurna sehingga memberikan keamanan yang maksimal.

        Karenanya hubungi Dandanoma untuk penawaran tukang pemasangan dengan harga yang spesial di http://wa.me/62859106509858


        Posted

        in

        by

        Tags:

        Comments

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *