Tips Desain Interior Kamar Tidur Minimalis yang Estetik

Tips Desain Interior Kamar Tidur Minimalis yang Estetik

Ingin mengganti suasana di kamar anda menjadi lebih rapi dan sederhana? penggunaan kamar tidur minimalis bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebab, mereka memiliki penataan kamar yang sederhana dan tidak berlebihan, sehingga cocok bagi anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Namun, sebelum merancang kamar tidur minimalis, berikut perancangan interior yang bisa anda gunakan di ruangan anda untuk mendapatkan tampilan hunian yang diinginkan.

warna netral di kamar tidur minimalis

Gunakan Warna Netral

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesan kamar tidur minimalis adalah menggunakan warna netral di ruangan.

Penggunaan warna netral ini tidak hanya bisa digunakan di dinding kamar saja, namun anda juga bisa menggunakannya di interior atau furniture lain di ruangan anda.

Pemilihan warna ini dilakukan agar dinding kamar dan interior ruangan bisa tampak serasi satu sama lain sehingga memberikan kesan kamar tidur minimalis.

Beberapa rekomendasi warna netral yang bisa digunakan di ruangan adalah hitam, putih, coklat, dan abu-abu yang bisa dipadukan dengan warna lain sesuai keinginan dan kebutuhan ruangan agar kamar anda tidak nampak membosankan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan aksen tambahan berupa permukaan yang kasar atau pilihan tekstur lainnya yang membuat ruangan anda terasa lebih hidup.

furniture multifungsi di kamar tidur minimalis

Gunakan Furniture Multifungsi

Ukuran ruangan yang tidak begitu besar terkadang membuat anda bingung untuk memilih furniture yang sesuai dengan ukuran ruangan namun masih dapat menampung seluruh barang pribadi yang anda miliki.

Solusinya adalah dengan memilih furniture fungsional yang saat ini banyak dijual di pasaran dengan berbagai model dan ukuran yang beragam.

Furniture fungsional semakin dicari banyak orang mengingat mereka dapat menampung banyak barang dalam satu tempat namun tidak memakan banyak ruang, sehingga cocok bagi kamar tidur minimalis yang tidak begitu besar.

Tidak hanya itu, furniture multifungsi juga tahan lama, sehingga anda bisa menggunakannya dalam waktu lama sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya.

Berikut beberapa rekomendasi furniture fungsional yang bisa anda gunakan di kamar tidur minimalis yang sesuai kebutuhan ruangan.

Meja Belajar Multifungsi

Kamar tidur tidak hanya digunakan sebagai tempat istirahat saja, namun juga menjadi ruangan untuk melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi lebih, seperti belajar atau bekerja.

Namun dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar, tentunya anda akan merasa bingung untuk memilih meja belajar yang sesuai kebutuhann namun dapat ditaruh di dalam kamar tidur minimalis.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan meja belajar multifungsi di ruangan anda, dimana anda tidak hanya bisa menggunakannya sebagai tempat belajar dan bekerja, namun anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai barang pribadi yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan meja belajar multifungsi juga memiliki tempat penyimpanan khusus yang tidak terlalu besar namun banyak, sehingga anda bisa menyimpan berbagai barang dengan mudah.

Tidak hanya itu, meja belajar multifungsi ini juga memiliki ukuran, warna, dan model yang beragam, sehingga memudahkan anda untuk berbagai kebutuhan dan sesuai dengan ukuran ruangan yang dimiliki.

Kabinet dengan Rak Penyimpanan

Saat membeli lemari penyimpanan untuk menyimpan barang pribadi, anda tentunya tidak hanya menyimpan baju di tempat yang aman saja, namun barang lainnya yang digunakan untuk berbagai kebutuhan pribadi.

Sehingga penting bagi anda untuk memiliki kabinet tinggi yang memiliki banyak lemari penyimpanan, sehingga akan memudahkan anda untuk menyimpan barang dengan baik dan rapi, sehingga bisa digunakan dengan mudah saat digunakan untuk pemakaian pribadi.

Meskipun begitu, dalam memilih rak penyimpanan untuk kamar tidur minimalis, pastikan anda memilih furniture dengan kualitas terbaik dan kayu yang kuat, sehingga tidak mudah patah atau rapuh apabila anda menyimpan barang berat dalam waktu lama.

Penataan barang yang baik juga perlu dilakukan agar barang pribadi bisa disimpan dengan baik dan aman, anda bisa menyimpan barang berat di bagian bawah agar tidak membebani lemari serta menaruh barang yang ringan dan jarang dipakai di bagian atas, sehingga mereka memiliki lebih banyak ruang.

Pastikan untuk menyimpan barang pribadi yang sering digunakan di bagian tengah agar mudah diambil saat dipakai sehingga tidak membutuhkan banyak usaha dan waktu untuk mengambilnya.

Ranjang Tidur dengan Lemari Penyimpanan

Ukuran kasur yang cukup besar juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan yang aman, sehingga barang pribadi terasa lebih rapi dan bersih.

Salah satunya adalah anda bisa memanfaatkan bagian bawah ranjang tidur yang kosong sebagai tempat penyimpanan, sehingga anda memiliki ruangan penyimpanan yang lebih luas.

Tidak hanya itu, bagian sandaran kasur juga bisa anda ubah sebagai rak penyimpanan yang tidak mengganggu, sebab anda bisa melapisinya dengan kaca atau kayu khusus agar tidak mengganggu anda saat sedang tidur.

Pastikan juga anda membersihkan bagian bawah ranjang secara rutin agar bagian tersebut tidak mudah berdebu dan lembab sebab ditaruh di bagian yang gelap dalam waktu lama.

Cermin dengan Lemari Penyimpanan

Bagi seorang wanita yang menyukai kegiatan merawat dan merias diri, memiliki tempat yang cukup untuk menyimpan peralatan kecantikan serta dapat merias diri dengan tenang bisa menjadi pilihan terbaik agar anda bisa menampilkan sosok sempurna diri anda.

Namun dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar, tentunya anda membutuhkan tempat khusus agar kosmetik anda bisa disimpan dengan baik tanpa terlalu merasa berdesaakan.

Salah satu caranya adalah dengan memilih meja rias yang memiliki cermin sekaligus lemari penyimpanan, sehingga akan memudahkan anda untuk mengambil dan menyimpan kosmetik yang dibutuhkan dalam waktu cepat sehingga tidak memakan banyak ruang.

Ukuran meja rias yang beragam juga bisa anda manfaatkan untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kamar tidur minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat.

dekorasi di kamar tidur minimalis

Gunakan Dekorasi yang Simpel

Meskipun kamar tidur minimalis identik dengan penggunaan ruangan yang tidak terlalu banyak di dalam ruangan, namun bukan berarti kita tidak bisa menghias kamar dengan dekorasi kamar yang sesuai keinginan.

Anda masih bisa merias kamar tidur minimalis dengan dekorasi yang simpel dan tidak terlalu besar, sehingga tidak membuat ruangan anda tidak terlalu sempit dengan penggunaan barang pribadi dan dekorasi yang dimiliki.

Berikut beberapa rekomendasi dekorasi simpel yang bisa anda gunakan di dalam kamar tidur minimalis agar ruangan anda masih tetap nyaman digunakan.

Pigura Foto

Salah satu rekomendasi dekorasi yang bisa digunakan di kamar tidur minimalis adalah pigura foto, dimana anda bisa menggunakannya untuk memajang foto kenangan bersama orang terdekat.

Agar pigura foto tidak memenuhi ruangan dan membuat kamar tidur minimalis terasa sempit, maka anda bisa menggunakan beberapa pigura foto dengan ukuran kecil lalu digantung di dinding kamar tidur yang luas sehingga tidak kamar tidur tidak terasa penuh.

Agar penempatan pigura foto terlihat estetik, maka anda bisa melakukan penataan pigura foto dengan bentuk tertentu agar ruangan terlihat cantik.

Anda juga bisa mengganti bentuk pigura foto dengan bentuk yang berbeda sesuai keinginan sehingga kamar tidur anda tidak terasa membosankan.

Lukisan Gantung

Selain menggunakan pigura foto untuk merias bagian dinding kamar, anda juga bisa menggunakan lukisan gantung yang memiliki gambar yang beraneka ragam.

Saat ini lukisan gantung tidak hanya dilukiskan pada selembar kanvas saja, namun dengan berbagai media yang berbeda sehingga bisa anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan ruangan.

Agar kamar tidur tidak terasa sempit dengan penggunaan lukisan gantung yang dimiliki, maka ada baiknya untuk menggunakan lukisan gantung yang kecil sehingga tidak memakan banyak ruangan.

Apabila anda menggunakan pigura foto sebagai tempat menampilkan lukisan gantung, maka ada baiknya untuk membersihkannya secara rutin agar tidak berdebu dan menjadi sumber penyakit di kamar anda.

Koleksi Pribadi

Sebagai seorang pemilik kamar tidur, anda mungkin saja memiliki koleksi pribadi berupa miniatur atau boneka mini yang cukup banyak, sehingga akan memenuhi ruangan apabila anda memajang semua koleksi yang anda miliki.

Sehingga agar kamar tidur minimalis tetap terasa rapi dengan koleksi pribadi yang dimiliki, maka anda bisa mengatasinya dengan hanya memajang koleksi yang diinginkan dan menyimpan barang lainnya di dalam lemari.

Cara ini dilakukan agar koleksi pribadi anda tidak memenuhi ruangan saat dipajang bersamaan, serta anda memiliki alternatif lain saat anda merasa bosan dengan barang pribadi yang dipajang saat ini.

Pastikan juga untuk membersihkan koleksi pribadi secara rutin agar tidak merusak warna yang dimiliki sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Tanaman Palsu

Meskipun anda memiliki kamar tidur minimalis, namun mengembangkan konsep natural di ruangan tidak terlalu sulit, salah satunya caranya adalah menggunakan tanaman palsu di dalam kamar.

Cara ini dilakukan mengingat tanaman palsu tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga mereka masih tetap hidup di kondisi cuaca yang terus berubah sekalipun.

Penggunaan tanaman palsu sebagai dekorasi ruangan juga cocok bagi anda yang memiliki lebih banyak kesibukan di luar ruangan, sehingga anda masih bisa merawat tanaman dengan baik.

Keuntungan lainnya dari memilih tanaman palsu sebagai dekorasi ruangan adalah mereka memiliki ukuran dan warna yang beraneka ragam, sehingga anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan ruangan.

Agar kamar tidur minimalis tetap terlihat bersih dengan dekorasi tanaman palsu, maka anda bisa memilih tanaman yang memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak memakan banyak ruangan namun dapat mempercantik kamar tidur dengan baik.

Pastikan juga untuk membersihkan tanaman palsu dengan rutin sehingga tidak berdebu dan menjadi sarang penyakit di kamar anda.

Taruh juga tanaman palsu di tempat yang strategis, sehingga tidak mengundang nyamuk untuk berkembang biak yang membuat kamar tidur anda kurang nyaman saat ditempati.

pencahayaan di kamar tidur minimalis

Gunakan Pencahayaan yang Sesuai

Ukuran kamar tidur minimalis yang identik tidak terlalu besar, menjadikan anda perlu lebih kreatif untuk menciptakan ruangan yang terlihat besar.

Salah satunya adalah dengan menggunakan pencahayaan yang sesuai sehingga ukuran ruangan terlihat lebih besar dan memberikan kesan luar pada kamar tidur minimalis.

Berikut beberapa strategi yang bisa digunakan untuk membuat ukuran kamar tidur minimalis terlihat lebih besar sehingga membuat anda merasa lebih nyaman di dalam ruangan.

Pilih Jendela Kamar Ukuran Besar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tampilan kamar tidur minimalis yang lebih besar adalah menggunakan jendela kamar yang besar.

Cara ini dilakukan agar memberikan kesan ruangan yang lebih luas saat cahaya matahari masuk ke kamar tidur anda, sehingga ruanagan akan nampak lebih besar.

Tidak hanya itu, pemberian cahaya matahari yang cukup di kamar tidur juga akan membuat ruangan anda lebih sehat, sebab terjadi pergantian aliran cahaya dan udara yang cukup setiap hari.

Namun, bagi anda yang tinggal di daerah dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi, maka ada baiknya untuk menggunakan gorden sebagai penutup kamar tidur agar ruangan anda tidak terasa panas di siang hari.

Gunakan jenis tirai dengan warna netral dan tidak memiliki banyak motif sehingga memberikan kesan minimalis di ruangan anda. Pastikan juga untuk menggantinya secara rutin sehingga tirai anda tidak dipenuhi oleh debu yang menempel.

Pilih Lampu yang Sesuai

Pemilihan ruangan yang sesuai juga dapat membantu ruangan anda terlihat lebih luas, apalagi jika posisi kamar tidur anda berada di pojok ruangan dan kurang sinar matahari, sehingga membuat kamar tidur terasa lebih sempit dan gelap karena penerangan yang kurang.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih jenis lampu yang sesuai agar kamar tidur anda tidak terlihat gelap serta memberikan kesan luas di ruangan anda.

Pertama, anda bisa memilih jenis lampu hemat energi yang memiliki pencahayaan yang cukup terang, namun mereka tidak memakan banyak banyak listrik sehingga menghemat pengeluaran.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan jenis lampu modern, dimana anda bisa mengatur pencahayaan yang dimiliki dari jarak jauh dengan bantuan aplikasi khusus.

Fitur ini tentunya akan memudahkan anda yang jarang tinggal di kamar tidur, sehingga memastikan ruangan anda memiliki pencahayaan yang memadai di waktu tertentu agar tidak terkesan gelap.

dinding kamar tidur minimalis

Manfaatkan Bagian Dinding Kamar

Ukuran kamar tidur minimalis yang tidak terlalu besar menjadikan pemilik kamar perlu memutar otak agar barang pribadi yang dimiliki bisa masuk di dalam kamar dengan rapi dan tidak terlihat berantakan.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bagian dinding kamar yang kosong untuk dipasang rak penyimpanan yang kuat.

Dimana rak penyimpanan tersebut dapat berguna untuk menyimpan barang pribadi atau koleksi yang dimiliki sehingga tidak terlihat berantakan dan anda bisa mengambilnya dengan cepat saat dibutuhkan.

Namun, sebelum anda memasang rak penyimpanan di dinding kamar, penting bagi anda untuk memilih rak yang sesuai kebutuhan, sehingga anda bisa memanfaatkan fungsinya dengan baik dan tidak hanya memenuhi segi estetika saja.

Pertama, anda bisa menggunakan jenis rak penyimpanan tertutup yang dapat menampung lebih banyak barang dengan aman karena anda bisa menutupnya apabila tidak dibutuhkan.

Penggunaan rak penyimpanan terbuka memang terlihat estetik, namun akan menakutkan apabila terjadi bencana alam yang membuat barang pribadi anda jatuh dan menimpa anda saat sedang beristirahat di kamar.

Pastikan juga untuk membersihkan kamar tidur secara rutin agar tidak menjadi sarang debu yang membuat kamar tidur anda kurang sehat untuk ditempati.

Keluarkan juga beberapa koleksi pribadi secara rutin agar tidak menimbulkan bau lembab karena disimpan di ruangan tertutup dalam waktu lama yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Atur juga rak penyimpanan secara vertikal sehingga tidak terlihat memenuhi ruangan karena anda hanya menggunakan satu bagian saja.

Buat kamar tidur minimalis terasa nyaman dengan pemilihan furniture dan dekorasi yang tepat bersama ahlinya dari Dandanoma yang bisa dihubungi di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *