Desain Ruang Tamu Elegan yang Minimalis dan Modern

Desain Ruang Tamu Elegan yang Minimalis dan Modern

Ruang tamu tidak hanya menjadi tempat menjamu tamu dengan nyaman, namun juga bisa dipakai untuk menyalurkan kreativitas anda di hunian yang dimiliki.

Salah satunya adalah dengan mengembangkan ruang tamu elegan di hunian sederhana anda, sehingga bagian tersebut memiliki kesan klasik yang tidak dimiliki oleh hunian lainnya.

Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan desain ruang tamu elegan di hunian anda untuk menampilkan kesan klasik yang tidak termakan oleh waktu.

karpet di ruang tamu elegan

Baca Juga : https://dandanoma.com/blog/2024/03/26/inspirasi-dekorasi-ruang-tamu-minimalis-sederhana/

Gunakan Karpet di Ruang Tamu

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengembangkan tampilan ruang tamu elegan adalah memasang karpet bulu di bagian tersebut. Dimana penggunaan karpet juga banyak digunakan di hunian mewah.

Namun untuk mendapatkan kesan ruang tamu mewah dengan karpet bulu, ada baiknya untuk memilih jenis karpet yang sesuai kebutuhan untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Anda bisa memulai untuk mengukur ukuran karpet bulu yang dimiliki, apabila ukuran ruang tamu anda tidak terlalu besar, maka gunakan karpet yang hanya dapat melapisi bagian furniture saja, sehingga anda masih memiliki ruang untuk berlalu lalang di ruang tamu.

Selain itu, pilih desain karpet yang tidak terlalu mencolok dengan warna yang netral, cara ini dilakukan untuk memberikan kesan klasik di ruang tamu mewah serta dapat bersanding dengan baik bersama dengan furniture yang dimiliki.

Pastikan juga untuk memperhatikan kebersihan karpet bulu secara rutin dengan perawatan khusus, mengingat jenis karpet ini susah dibersihkan dengan cara manual.

gorden di ruang tamu elegan

Pasang Gorden yang Panjang

Salah satu ciri khas dari desain hunian mewah adalah penggunaan gorden panjang, dimana mereka menggunakannya untuk menutupi jendela besar yang dipasang di beberapa bagian rumah tertentu.

Penggunaan gorden panjang ini tentunya akan memberikan kesan mewah di hunian anda, apalagi jika anda juga mengiringinya dengan pilihan bahan yang berkualitas serta warna yang tidak mencolok.

Pada pemilihan gorden untuk ruang tamu mewah, pastikan untuk memilih tirai dengan bahan terbaik sehingga memberikan kesan mewah di ruang tamu.

Pilih juga warna gorden yang netral dan tidak terlalu mencolok, sehingga dapat berdampingan dengan baik bersama furnitur lain di dalam rumah.

Anda juga bisa menggunakan dua jenis gorden tipis dan tebal di ruang tamu, dimana mereka memiliki fungsi yang berbeda.

Pada gorden yang tipis, anda bisa menggunakannya untuk menutup area ruang tamu di pagi hari sehingga anda masih bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup namun tidak terlalu terang.

Sedangkan jenis gorden yang tebal bisa anda gunakan di malam hari untuk menutupi pandangan orang ke rumah anda, sehingga memberikan keamanan yang ekstra di hunian anda.

Pastikan juga untuk membersihkan gorden secara rutin agar tidak berdebu sehingga menjadi sumber penyakit di ruang tamu, anda juga bisa mengganti tirai dengan warna lain untuk memberikan kesan yang berbeda di ruangan anda sesuai keinginan.

warna dinding di ruang tamu elegan

Pilih Warna Dinding yang Sesuai

Kesan ruang tamu mewah tidak hanya didapatkan dari furniture dan dekorasi lain yang ditempatkan di satu ruangan, namun pemilihan warna dinding juga memiliki pengaruh penting untuk memberikan kesan mewah dan elegan di bagian tersebut.

Sehingga untuk mendapatkan kesan mewah dan elegan di ruang tamu, maka anda bisa menggunakan warna netral seperti variasi warna putih atau coklat untuk memberikan kesan elegan di ruang tamu.

Pemilihan warna ini dilakukan sebab kedua warna tersebut banyak digunakan di ruang tamu mewah untuk memberikan kesan elegan yang tidak lekang oleh waktu.

Namun, apabila anda bosan dengan pilihan satu warna saja, maka anda bisa menggunakan variasi dua warna yang berbeda di ruangan anda, sehingga memberikan corak yang berbeda di ruang tamu mewah.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memberikan kesan mewah di ruang tamu adalah menggunakan wallpaper dengan warna netral dan teksktur dan motif tertentu.

Dimana pemilihan tekstur yang sesuai akan memberikan kesan mewah dan elegan di ruang tamu dan menjadi ciri khas di hunian yang anda miliki.

Agar dinding rumah tetap awet meskipun menggunakan wallpaper tertentu, maka ada baiknya untuk memilih wallpaper yang memiliki bahan terbaik sehingga tidak merusak dinding dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Anda juga bisa mengganti wallpaper sesuai keinginan sehingga memberikan kesan yang berbeda di ruang tamu anda.

dekorasi di ruang tamu elegan

Pilih Dekorasi Ruang Tamu yang Sesuai

Dekorasi juga menjadi bagian penting dalam merancang ruang tamu mewah, sebab mereka akan memberikan tampilan elegan yang sesuai keinginan. Di sisi lain, beberapa barang menjadi ciri khas dari dekorasi ruang tamu mewah guna memberikan tampilan yang diinginkan.

Berikut beberapa rekomendasi dekorasi yang bisa ditempatkan di ruang tamu anda guna memberikan kesan yang mewah dan elegan di waktu yang bersamaan.

Vas Bunga

Vas bunga menjadi salah satu dekorasi yang banyak ditempatkan di ruang tamu mewah, sebab mereka berguna untuk menampung bunga asli dan palsu sehingga memberikan kesan natural di ruangan anda.

Di samping itu, vas bunga memiliki model yang beragam, mulai dari bentuk modern dan tradsional, sehingga anda bisa memilih salah satu yang relevan dengan desain ruangan anda sehingga tampak serasi satu sama lain.

Tidak hanya itu, vas bunga juga memiliki ukuran yang variatif, mulai dari ukuran yang besar hingga kecil, sehingga anda bisa menempatkannya di sudut ruangan atau atas meja sehingga tidak mempersempit ruangan namun dapat menghias ruang tamu dengan baik.

Lukisan

Salah satu dekorasi lainnya yang bisa anda tempatkan di ruang tamu mewah adalah penggunaan lukisan dengan berbagai tema dan ukuran tertentu.

Sebuah lukisan dengan tema dan ukuran tertentu nantinya akan memberikan kesan yang mewah dan elegan, apalagi jika anda menempatkannya di ruang tamu mewah yang besar, sehingga memberikan kesan elegan di ruangan anda.

Namun dalam memilih lukisan untuk ruang tamu mewah, pastikan untuk memilih salah satu yang memiliki filosofi dan arti tertentu, sehingga tidak hanya memberikan kesan estetik di ruangan anda, namun juga memberikan makna yang mendalam bagi rumah anda.

furniture di ruang tamu elegan

Tambahkan Furniture yang Dibutuhkan

Menata ruang tamu mewah tentunya tidak lengkap apabila belum dilengkapi dengan ruang tamu yang tidak hanya mempercantik ruangan, namun juga dapat memanjakan tamu dengan baik.

Apabila anda kebingungan mengenai furniture yang sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa rekomendasi mebel yang bisa anda tempatkan di ruang tamu mewah.

Kursi dari Kayu

Jika anda menginginkan tampilan tradisional di ruang tamu mewah, maka menggunakan jenis furniture kayu untuk kursi bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki tampilan tradisional dan mewah di waktu yang bersamaan, sehingga memberikan kesan elegan yang tidak termakan oleh waktu.

Tampilan tersebut juga didukung dengan ukiran yang terpasang di kursi kayu serta warna kursi yang elegan dengan warna coklat yang cantik, sehingga memberikan kesan hangat.

Agar kursi dari kayu anda dapat bertahan dalam jangka waktu lama, maka pastikan untuk memilih jenis kayu terbaik sehingga tidak mudah dimakan oleh rayap dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Pilih juga jumlah kursi dan sesuaikan dengan ukuran ruangan, sehingga mereka bisa ditempatkan dengan baik di satu tempat tanpa terasa berdesakan.

Sofa yang Nyaman

Penggunaan sofa yang nyaman entunya cocok ditempatkan di ruang tamu mewah, apabila anda ingin menampilkan kesan modern di ruangan yang dimiliki.

Hal ini juga di dukung dengan tampilan sofa yang beragam, mulai dari bahan beludru dan kulit yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan di ruang tamu.

Kelebihan lainnya dari menggunakan sofa yang nyaman di ruang tamu adalah mereka memiliki bantalan yang empuk, sehingga tamu bisa lebih betah untuk melakukan berbagai kegiatan di ruang tamu serta anda bisa menggunakannya untuk aktivitas lainnya saat tidak ada tamu.

Tidak hanya itu, ukuran yang lebar tentunya akan membantu untuk menampung tamu yang lebih banyak, sehingga cocok bagi anda yang memiliki banyak kenalan dan saudara yang bertamu silih berganti.

Meja Tamu yang Lebar

Ukuran kursi dan sofa yang lebar, tentunya tidak lengkap apabila belum dilengkapi dengan meja tamu yang lebar, sehingga anda bisa memberikan suguhan dengan leluasa kepada tamu.

Meskipun ukuran meja tamu kini semakin beragam, mulai dari ukuran besar dan kecil, namun menggunakan meja ukuran besar akan memberikan kesan elegan dan mewah di ruang tamu anda.

Tidak hanya itu, meja tamu yang besar juga memiliki model yang beragam dengan bahan yang variatif, sehingga anda memiliki keleluasaan dalam memilih meja yang sesuai keinginan untuk mendapatkan tampilan yang sesuai kebutuhan ruangan.

Meja yang Minimalis

Apabila anda memiliki ukuran ruang tamu yang tidak terlalu besar namun menginginkan kesan mewah di ruangan anda, maka menggunakan meja yang minimalis bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki variasi model mewah yang beragam sehingga anda tidak kebingungan memilih salah satu yang sesuai kebutuhan meskipun dengan ukuran yang lebih kecil.

Di sisi lain, ukuran meja minimalis yang tidak terlalu besar, memungkinkan anda untuk menaruhnya di pojok ruangan, sehingga tidak memakan banyak ruang sehingga cocok untuk ukuran ruang tamu yang minimalis.

Bahan kaca bisa menjadi salah satu rekomendasi bahan meja yang bisa digunakan untuk ruang tamu yang kecil, sebab mereka akan memberikan kesan mewah di ruangan anda meskipun dengan ukuran yang minimalis.

Meja minimalis juga lebih mudah dibersihkan sehingga menguntungkan anda yang kerap kali menyuguhkan makanan dari bahan tertentu ke tamu.

lampu gantung di ruang tamu elegan

Pilih Lampu Gantung untuk Penerangan Ruangan

Berbicara mengenai desain ruang tamu mewah, rasanya tidak lengkap apabila belum menggunakan lampu gantung sebagai sumber penerangan, mengingat jenis lampu ini menjadi ciri khas di setiap hunian mewah.

Anda bisa menggunakan lampu gantung dengan berbagai ukuran dan model, sehingga dapat menyesuaikan dengan konsep hunian yang anda miliki.

Penggunaan lampu gantung dari kaca banyak digunakan, sebab mereka memberikan kesan mewah yang tidak lekang oleh waktu sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang.

Meskipun begitu, dengan inovasi desain lampu yang semakin beragam, anda bisa memilih model lampu yang beragam sesuai kebutuhan ruangan sehingga dapat mempercantik ruangan dengan baik.

Misalnya saja, menggunakan model akar atau bola yang banyak ditemui di ruang tamu mewah modern, sehingga ruangan anda memiliki keunikan yang berbeda dibandingkan hunian lainnya.

jendela di ruang tamu elegan

Gunakan Jendela yang Besar

Selain menggunakan lampu gantung sebagai sumber pencahayaan, banyak rumah mewah yang menggunakan jendela yang besar guna mendapatkan cahaya matahari yang maksimal, sehingga ruang tamu mendapatkan sumber cahaya yang sehat.

Guna mendapatkan asupan sumber cahaya alami yang berasal dari matahari, biasanya mereka menggunakan jendela yang besar di berbagai ruangan yang dibutuhkan, sehingga ruangan anda lebih terang di siang hari.

Tidak hanya itu, guna mempercantik ruang tamu di hunian mewah, maka anda bisa menggunakan model jendela yang beragam, mulai dari jenis yang tetap atau jendela lengkung yang cocok digunakan pada jenis ruangan yang mendatar tanpa memiliki sudut ruangan.

Tampilan jendela yang memberikan pandangan langsung ke arah luar rumah, tentunya membuat anda perlu memberikan keamanan lebih sehingga aman dari gangguang di luar lingkungan.

Salah satu caranya adalah memasang pelapis khusus, dimana anda bisa melihat pemandangan luar rumah dengan bebas, sedangkan lingkungan luar rumah tidak bisa melihat ke dalam karena lapisan yang gelap.

Anda juga bisa memberikan perlindungan lebih dengan memasang tirai tahan api untuk memberikan keamanan tambahan, sehingga membuat anda merasa tenang meninggalkan rumah dalam waktu lama.

Pastikan juga kualitas jendela yang dibeli guna memastikan tidak ada kecacatan sebelum melakukan pemasangan yang mungkin terlihat saat anda mulai memasangkannya.

Anda juga bisa memberikan perlindungan lebih dari sinar matahari yang berlebihan di siang hari menggunakan tirai yang panjang dan tebal, sehingga ruangan anda tidak terlalu panas serta mempercantik ruangan di siang hari.

Gunakan juga dua lapis tirai baik dalam bahan yang tipis atau tebal, sehingga bisa anda gunakan di waktu yang berbeda sesuai kebutuhan ruangan dan penghuni rumah lainnya.

Anda juga perlu membersihkan jendela secara rutin agar tidak kotor karena debu yang menempel sehingga mengurangi ketahanan jendela dari waktu ke waktu.

lemari di ruang tamu elegan

Letakkan Lemari di Ruang Tamu

Merias ruang tamu mewah tentunya akan berputar di sekitar keindahan ruangan untuk menampilkan desain ruang terbaik dan cantik.

Salah satu caranya adalah meletakkan lemari di ruang tamu yang bisa digunakan untuk memajang koleksi pribadi yang memiliki kesan mewah, sehingga meningkatkan tampilan elegan di ruang tamu.

Beberapa rekomendasi barang yang bisa dipajang di lemari ruang tamu mewah adalah memajang foto momen bersama keluarga menggunakan frame khusus sehingga memberikan kesan eksklusif.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memajang koleksi pribadi seperti miniatur dari bahan tertentu sehingga meningkatkan kesan mewah di ruang tamu.

Material lemari juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih lemari di ruang tamu, pastikan memilih lemari dari bahan kayu yang memiliki warna coklat yang elegan, sehingga memberikan kesan mewah di ruang tamu yang dimiliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memadukannya dengan material kaca serta penggunaan lampu yang terang di balik lemari, sehingga memberikan penerangan tambahan di malam hari guna meningkatkan kesan mewah di hunian anda.

Di samping memilih lemari penyimpanan untuk ruang tamu mewah, pastikan untuk membersihkan debu yang menempel secara rutin sehingga tidak mengotori dekorasi ruangan yang dipajang sehingga dapat mengurangi ketahanan barang yang dimiliki.

Rancang ruang tamu elegan dengan penataan dekorasi yang tepat akan membuat ruangan tampak elegan dan mewah, konsultasikan dengan ahlinya yang bisa anda dapatkan di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *