Cara Mengatur Ruang Tamu Lesehan yang Nyaman

Cara Mengatur Ruang Tamu Lesehan yang Nyaman

Ruang tamu biasanya identik dengan berbagai furniture yang dapat mempercantik ruangan serta membuat tamu merasa nyaman.

Namun dengan ukuran ruang tamu yang tidak begitu besar, tentunya memasukkan furniture yang dibutuhkan akan menjadi kesulitan sendiri.

Sehingga salah satu solusinya adalah membuat desain ruang tamu lesehan, dimana anda dapat menampung lebih banyak orang dalam satu tempat.

Selain itu, desain ruang tamu lesehan juga cocok bagi anda yang menginginkan hunian minimalis dan modern di hunian yang anda miliki.

Karenanya berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam mengatur ruang tamu lesehan yang nyaman dengan dekorasi yang dapat mempercantik ruangan.

karpet yang nyaman untuk ruang tamu lesehan

Pilih Karpet yang Nyaman

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam merancang desain ruang tamu lesehan adalah memilih karpet yang nyaman, sebab tamu tentunya membutuhkan tempat yang nyaman untuk duduk sambil melakukan interaksi dengan pemilik rumah.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih karpet yang nyaman dan sesuai dengan desain ruang tamu yang dimiliki sehingga terlihat serasi satu sama lain.

Anda bisa memulai memilih karpet yang nyaman, dimana anda bisa memilih berbagai bahan serta desain karpet yang beragam, sehingga membuat anda dan tamu merasa nyaman saat berada di dalam rumah.

Lakukan percobaaan dengan memegang atau menduduki karpet yang diinginkan dan bayangkan saat anda duduk di karpet tersebut dalam waktu lama, apabila anda merasa nyaman maka anda bisa memilih karpet tersebut untuk dibawa ke pulang.

Namun, sebelum membawanya maka ada baiknya untuk mengetahui bahan yang digunakan serta ukurannya, sebab bahan karpet memengaruhi harga jualnya sehingga anda perlu memilih yang sesuai dengan budget yang dimiliki serta anda tidak mungkin memotongnya karena ukurannya tidak sesuai dengan ruang tamu yang dimiliki.

dekorasi ruangan untuk ruang tamu lesehan

Gunakan Dekorasi Ruangan

Meskipun desain ruang tamu lesehan memiliki gaya minimalis, namun bukan berarti anda tidak perlu menghias ruang tamu yang dimiliki.

Sebaliknya, kegiatan ini perlu dilakukan untuk membuat ruang tamu anda terasa lebih cerah serta memancarkan aura semangat di ruang tamu yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi dekorasi yang bisa digunakan untuk menghias ruangan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lukisan

Lukisan menjadi salah satu jenis dekorasi yang banyak digunakan di berbagai ruangan, sebab mereka memiliki tema gambar yang berbeda-beda serta ukuran gambar yang bermacam-macam, sehingga anda memiliki keleluasaan dalam memilih jenis lukisan yang diinginkan.

Meskipun begitu, untuk memilih lukisan yang sesuai untuk ruang tamu lesehan yang dimiliki, anda perlu melalui berbagai pertimbangan untuk mendapatkan tema ruangan yang sesuai keinginan.

Pertama, anda perlu memahami desain ruang tamu yang dimiliki, apabila anda memiliki desain yang minimalis, maka gunakan lukisan yang menggambarkan tema ketenangan atau alam, sehingga selaras dengan tema ruang tamu yang dimiliki.

Kedua adalah pertimbangkan juga ukuran pigura yang akan dipajang di ruang tamu, anda sebaiknya mempertimbangkan ukuran pigura yang kecil agar tidak terlalu mendominasi ruangan, sehingga anda bisa menghias bagian dinding rumah dengan dekorasi rumah lainnya.

Pigura Foto

Dekorasi lainnya yang bisa dipajang di ruang tamu adalah pigura foto, dimana anda dapat menampilkan potret keluarga anda atau pemandangan saat berwisata ke tempat lain, sehingga membuat suasana di ruang tamu terasa lebih segar.

Berbeda dengan lukisan yang memiliki ukuran yang besar dan kurang variatif, anda bisa berkreasi menggunakan pigura foto yang dimiliki, sehingga anda bisa membuat kolase untuk membuat ruang tamu lesehan anda terasa lebih ceria.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk membuat desain kolase yang sesuai agar terlihat serasi satu sama lain dan dapat menonjolkan keindahan ruangan dengan pilihan foto yang dimiliki.

Pastikan juga untuk membersihkan pigura foto secara rutin agar tidak berbedu, sehingga ruang tamu anda bebas dari sumber penyakit.

Tirai Ruangan

Lokasi ruang tamu yang berada di area depan rumah membuat anda berhadapan langsung dengan sinar matahari yang menghadap dari luar rumah.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih tirai ruangan yang sesuai guna menutupi panas matahari serta menutupi rumah di malam hari sehingga dapat memberikan keamanan dan kenyamanan dengan baik.

Namun, dalam proses pemilihan tirai rumah yang sesuai, penting bagi anda untuk mengetahui cara memilih tirai yang sesuai agar dapat memancarkan keindahan ruang tamu.

Pertama adalah memilih desain tirai yang akan dipasang di ruang tamu, biasanya dalam pemasangan gorden anda akan diberikan dua jenis tirai, yakni kain transparan dan berwarna, sehingga menjadi perpaduan gorden yang dapat menghias ruangan dengan baik.

Kedua adalah memilih ukuran tirai yang akan dipasang di ruang tamu, dimana biasanya banyak orang memilih tirai yang panjang menjuntai untuk memberikan keamanan dan perlindungan dari sinar matahari yang aman, namun biasanya jenis tirai ini digunakan di jendela yang panjang.

Sehingga apabila anda menggunakan jenis jendela setengah ruangan, maka ada baiknya untuk memilih jenis tirai yang pendek agar tidak menghalangi jalan namun masih dapat menutupi jendela dengan baik.

Tanaman Hias

Meskipun desain ruang tamu minimalis identik dengan tampilan yang minimalis dan sederhana, namun bukan berarti anda tidak bisa mengembangkan tema baru di ruang tamu yang dimiliki.

Salah satunya adalah mengembangkan desain natural di ruang tamu, dimana anda bisa menempatkan sebuah pot bunga di sudut ruangan guna memberikan kesan alam di ruang tamu.

Agar tidak merepotkan untuk perawatan tanaman di dalam rumah, anda bisa memilih jenis tanaman palsu yang memiliki desain yang beragam namun dengan perawatan yang mudah, sehingga anda tidak perlu menyiraminya setiap rutin.

Namun, anda masih tetap bisa menempatkan tanaman asli di sudut ruangan, namun pastikan untuk merawatnya dengan baik agar tidak mudah mati meskipun diletakkan di sudut ruangan.

Hiasan Dinding

Bagi anda yang ingin mengembangkan tema boho di desain ruang tamu lesehan, maka menggunakan hiasan dinding dengan warna dan tampilan yang beragam bisa menjadi pilihan.

Hal ini dikarenakan tema boho memberikan kebebasan bagi anda untuk bergaya dengan bebas dengan warna yang cerah sehingga memberikan kesan ceria di ruang tamu.

Salah satu hiasan dinding yang banyak digunakan di tema bogo adalah penggunaan kain bali yang memiliki warna cerah yang beragam, sehingga anda bisa menggantinya sesuai keadaan sehingga ruang tamu anda tidak terasa bosan.

Dekorasi dinding ruang tamu lainnya yang bisa dipasang adalah hiasan dreamcatcher, dimana bulu-bulu serta pilihan warna yang dimiliki akan mempercantik ruangan dengan ukuran yang beragam, sehingga tidak terlihat mencolok dan dapat bergabung dengan dekorasi rumah lainnya.

Tipografi juga bisa menjadi alternatif hiasan dinding lainnya yang cocok dengan hunian modern dan minimalis, dimana anda dapat memesan tulisan tertentu dengan gaya penulisan dan ukuran yang beragam sehingga tampak mempercantik ruangan tanpa terasa penuh.

desain lampu untuk ruang tamu lesehan

Desain Lampu yang Beragam

Berbicara mengenai dekorasi untuk ruang tamu lesehan, tentunya tidak lengkap apabila belum membahas mengenai lampu ruangan yang dapat menerangi ruang tamu di malam hari atau saat suasana sedang gelap.

Dengan banyaknya pengguna lampu yang terus bertambah dari hari ke hari, menjadikan desain lampu terus berkembang, sehingga anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan tampilan hunian yang dimiliki.

Berikut beberapa rekomendasi desain lampu yang bisa digunakan untuk ruang tamu untuk mempercantik ruangan anda serta menyesuaikan dengan tema rumah yang dimiliki.

Lampu Gantung

Lampu ganung biasanya identik dengan dekorasi rumah mewah, sebab mereka memiliki tampilan klasik dengan ukuran yang besar, sehingga bisa meningkatkan sisi elegan di rumah yang dimiliki.

Meskipun begitu, seiring dengan meningkatnya permintaan pengguna, desain lampu gantung juga semakin berkembang dan menghadirkan berbagai desain yang simpel, sehingga cocok untuk desain ruang tamu yang sederhana dan minimalis.

Dalam mendapatkan desain lampu gantung yang diinginkan, maka anda bisa membelinya melalui toko bahan bangunan yang khusus menjual dekorasi rumah atau memesannya melalui perajin lampu sehingga anda dapat mengajukan atau memilih desain lampu yang diinginkan.

Bagian paling penting dalam memilih lampu gantung adalah menyiapkan budget yang lebih besar, sebab jenis lampu ini dikenal dengan harganya yang lebih mahal namun selaras dengan kualitas yang dimiliki serta tampilan yang diberikan oleh desain lampu gantung.

Lampu Berdiri

Meskipun penggunaan lampu berdiri jarang digunakan di desain ruang tamu, namun tidak ada salahnya untuk menaruh jenis lampu ini untuk memberikan kesan unik di ruangan anda.

Namun, anda juga perlu melakukan berbagai pertimbangan dalam memilih desain lampu yang sesuai agar selaras dengan tema ruang tamu yang dimiliki.

Pertama adalah desain lampu yang akan digunakan di ruang tamu, ada baiknya untuk memilih jenis lampu yang simpel untuk desain ruangan yang minimalis dan sedehana, sehingga terlihat selaras dengan ruang tamu.

Anda juga perlu memperhatikan warna tiang lampu yang akan digunakan di ruang tamu, pastikan untuk memilih warna tiang yang memiliki jenis warna yang sama dengan dinding agar terlihat selaras dan tidak mencolok satu sama lain.

Kedua adalah kekuatan lampu berdiri, pastikan agar mereka tidak mudah goyah, sehingga lampu anda tetap aman meskipun terdorong atau terjadi bencana alam yang membuat lampu anda mudah jatuh.

Lampu Modern

Pengguna desain minimalis dan modern biasanya menginginkan dekorasi rumah yang sederhana namun dapat mempercantik ruangan dengan baik.

Sehingga penggunaan lampu modern bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda agar terlihat cantik dan tetap bersih di waktu yang bersamaan.

Salah satu desain lampu yang bisa digunakan adalah lampu modern, dimana mereka menggunakan bohlam yang hemat energi sehingga dapat menghemat penggunaan daya listrik dalam waktu lama.

Berbeda dengan desain lampu lainnya dimana anda perlu membelinya di tempat khusus, anda bisa membeli jenis lampu ini di supermarket atau toko bahan bangunan untuk memilih jenis lampu yang diinginkan dengan harga yang terjangkau.

warna dinding untuk ruang tamu lesehan

Warna Dinding yang Sesuai

Pemilihan warna dinding menjadi salah satu bagian penting dalam merancang desain ruang tamu lesehan, sebab mereka dapat memancarkan tema ruangan yang dimiliki.

Dengan banyaknya pilihan warna cat dinding yang beredar di pasaran serta tema ruang tamu yang beragam, menjadikan anda memiliki banyak pilihan dalam memilih warna dinding yang sesuai.

Berikut berbagai rekomendasi warna dinding yang bisa dipilih sesuai kebutuhan serta tampilan ruang tamu yang diinginkan.

Warna Netral

Warna netral menjadi salah satu pilihan warna yang banyak digunakan di berbagai desain ruangan, sebab mereka dapat menyatu dengan berbagai desain ruangan yang diinginkan oleh pemilik rumah. Salah satunya adalah pemilik desain rumah minimalis dan modern.

Selain itu, warna netral juga memiliki kelebihan dapat menyatu dengan dekorasi rumah lainnya, sehingga terlihat selaras satu sama lain.

Namun, penggunaan warna netral di dinding rumah dalam jangka waktu lama juga bisa menimbulkan kebosanan bagi penghuni rumah, sehingga anda dapat mengatasinya dengan berbagai langkah berikut : 

Pertama adalah gunakan tone warna yang berbeda di dinding rumah anda, misalnya anda hendak menggunakan warna putih di ruangan, maka anda bisa melakukan inovasi dengan menggunakan warna putih tulang yang akan memberikan kesan elegan yang hangat di ruang tamu.

Tidak hanya itu, penggunaan wallpaper dengan warna netral tanpa gambar tertentu bisa menjadi pilihan terbaik, sebab mereka memiliki tekstur yang beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan suasana rumah yang diinginkan.

Namun, dalam mengguankan wallpaper di rumah, maka ada baiknya untuk menggantinya secara rutin guna mengubah suasana di dalam rumah serta mencegah timbulnya jamur di dinding.

Warna Cerah

Warna cerah semakin menunjukkan pamornya dengan pilihan warna yang beragam sehingga anda bisa memilih warna yang variatif sesuai dengan kebutuhan desain rumah yang dimiliki.

Meskipun begitu, warna cerah juga memiliki kekurangan pada penyusunan dekorasi ruangan yang ditaruh di dalam ruang tamu, sebab bisa saja dekorasi yang dipilih kurang sesuai dengan warna dinding rumah.

Namun, masalah ini bukan menjadi halangan dalam memilih warna cerah di ruang tamu dengan berbagai rekomendasi pilihan warna yang bisa dipilih sesuai desain rumah yang diinginkan.

Salah satunya adalah warna kuning yang memberikan kesan cerah di rumah anda sehingga menimbulkan keceriaan di rumah anda, selain itu pilihan tone warna kuning yang beragam meningkatkan aura positif di ruang tamu.

Warna biru juga menjadi pilihan teratas pada pilihan warna untuk ruang tamu, sebab mereka kerap dikaitkan dengan laut dan langit yang memberikan kebebasan bagi penghuni rumah.

Selain itu, pilihan warna biru yang tidak terlalu mencolok juga sesuai dengan desain minimalis modern yang dimiliki sehingga rumah anda tetap terasa terang.

Warna Gelap

Warna gelap menjadi salah satu pilihan warna yang banyak digunakan di hunian modern, dimana mereka biasanya dikaitkan dengan desain industrialis atau kontemporer yang banyak digunakan oleh kalangan anak muda.

Meskipun desain industrialis atau kontemporer identik dengan warna gelap, namun bukan berarti mereka tidak dapat mempercantik ruang tamu anda, sebaliknya mereka akan memberikan sentuhan yang berbeda di ruang tamu.

Salah satunya adalah memberikan kesan hangat dan klasik, apabila anda menggunakan warna coklat tua yang banyak digunakan di jenis hunian jaman dahulu.

Selain itu, warna gelap yang dipadukan dengan lampu yang cocok juga akan memberikan kesan yang dewasa serta menangkap kesan mewah di hunian yang dimiliki.

bantal duduk di ruang tamu lesehan

Tambahkan Bantal Duduk

Ruang tamu lesehan biasanya identik dengan tempat yang kurang nyaman, namun anda bisa mengatasinya dengan memberikan karpet dan bantal duduk di ruang tamu.

Sama dengan karpet untuk ruang tamu lesehan yang memiliki motif dan ukuran yang bermacam-macam, anda juga bisa memilih desain sarung bantal duduk dengan tampilan yang berbeda-beda sehingga dapat mempercantik ruangan.

Misalnya saja, anda ingin menampilkan konsep etnik di ruang tamu, maka menggunakan bantal duduk dengan motif bisa menjadi pilihan terbaik sebab memiliki motif yang beragam serta warna yang cerah.

Sementara apabila anda hendak menampilkan kesan mewah dan elegan, maka penggunaan desain sarung bantal duduk netral dengan motif beludru bisa menjadi pilihan terbaik, sebab akan memberikan kesan mewah yang tidak berlebihan.

Buat ruang tamu lesehan anda menjadi lebih nyaman dengan bangunan desainer interior yang berpengalaman hanya di Dandanoma yang bisa dihubungi di http://wa.me/62859106509858


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *