Inspirasi Desain Lantai 2 Terbuka Luas dan Modern

Inspirasi Desain Lantai 2 Terbuka Luas dan Modern

Ukuran lahan yang tidak terlalu besar serta harga tanah yang semakin mahal, membuat banyak orang melakukan inovasi untuk memanfaatkan ukuran rumah yang dimiliki, salah satunya adalah dengan membuat desain lantai 2 terbuka.

Dengan memiliki desain lantai 2 terbuka, tentunya akan membantu anda memiliki jumlah ruangan yang lebih banyak, sehingga mampu menampung lebih banyak penghuni rumah.

Tidak hanya itu, dengan memiliki desain lantai 2 terbuka, tentunya akan memungkinkan anda mendapatkan ventilasi dengan ukuran yang lebih besar, sehingga memungkinkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami akan lebih mudah keluar masuk sehingga membentuk lingkungan rumah yang sehat.

Namun, sebelum melakukan pembangunan desain lantai 2 terbuka, ada baiknya untuk memilih desain terbaik yang sesuai kebutuhan rumah serta ukuran lahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Keuntungan Memiliki Desain Lantai 2 Terbuka

Keuntungan Memiliki Desain Lantai 2 Terbuka

Memiliki hunian yang nyaman dan dekat dengan fasilitas umum dan publik tentunya menjadi keinginan banyak orang guna mendapatkan kehidupan yang layak dan mudah.

Namun, dengan keterbatasan lahan saat ini serta mahalnya biaya pemukiman yang terus meningkat dari tahun ke tahun, menjadikan banyak orang memutar otak untuk memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk mendapatkan jumlah ruangan yang diinginkan.

Salah satunya adalah menggunakan desain lantai 2 terbuka, dimana anda dapat menampung lebih banyak penghuni rumah serta barang pribadi yang dimiliki di kamar yang dimiliki sehingga anda bisa tinggal lebih nyaman tanpa merasa memiliki keterbatasan ruangan.

Di sisi lain, memiliki desain lantai 2 terbuka juga mempunyai keuntungan sendiri bagi pemilik rumah karena berbagai benefit yang dimiliki.

Rumah Lebih Luas

Keuntungan pertama yang didapatkan dari memiliki desain lantai 2 terbuka adalah kemampuan untuk memiliki ukuran rumah yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan luas lahan yang terbatas membuat banyak orang tidak mampu untuk membangun lebih banyak ruang menyamping, sehingga sebagai solusinya adalah membangun lebih banyak ruang ke atas rumah yang dimiliki.

Dengan memiliki desain lantai 2 terbuka, tentunya rumah anda terlihat lebih luas, meskipun pada aslinya anda menempati luas lahan yang sama dan hanya memanfaatkan keterbatasan lahan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, dengan melakukan perancangan desain lantai 2 terbuka yang tepat, maka anda akan mendapatkan langit-langit rumah yang lebih tinggi, sehingga meminimalisir rasa panas di rumah anda, sehingga hunian anda akan lebih sejuk di musim kemarau sekalipun.

Guna mendapatkan desain lantai 2 terbuka yang lebih luas dan kekinian, maka anda bisa menggunakan pilihan desain split level atau mezzanine agar tampilan rumah terlihat lebih modern.

Privasi yang Lebih Terjaga

Salah satu kekurangan yang perlu dirasakan saat memiliki hunian rumah satu lantai adalah anda tidak memiliki privasi yang lebih tertutup.

Hal ini dikarenakan jumlah ruang yang sedikit memungkinkan anda harus tinggal berdampingan dengan anggota keluarga lainnya sehingga tidak memiliki privasi yang lebih tertutup antara satu sama lain.

Tidak hanya itu, jumlah ruangan yang sedikit ditambah dengan jumlah anggota keluarga yang semakin bertambah, tentunya akan membuat barang pribadi yang dimiliki semakin banyak, sehingga rumah terasa lebih sempit.

Sehingga dengan memiliki tambahan ruangan di lantai dua, privasi setiap anggota keluarga akan semakin terjaga, sebab setiap orang akan memiliki kamar khusus untuk melakukan kegiatan pribadinya serta menyimpan barang yang dimiliki agar tidak terlihat sesak.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memberikan privasi kepada anggota keluarga lainnya serta memishkan fungsi ruangan satu sama lain adalah dengan menggunakan sekat khusus yang bisa dipasang di berbagai bagian rumah yang dibutuhkan.

Desain sekat rumah yang semakin beragam, mulai dari modern hingga tradisional, memungkinkan anda untuk mendapatkan variasi yang sesuai desain rumah sehingga terlihat menyatu sama lain dan memaksimalkan estetika hunian yang dimiliki.

Desain Lantai 2 Terbuka yang Beragam

Banyaknya permintaan mengenai pembangunan rumah dua lantai, menjadikan banyak arsitek dan desainer interior berlomba-lomba untuk merancang berbagai desain lantai 2 terbuka.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi banyak orang yang ingin membangun rumah dua lantai, dimana anda akan mendapatkan referensi desain lantai 2 terbuka yang beragam dan sesuai kebutuhan serta kepribadian yang dimiliki.

Sehingga anda akan mendapatkan desain lantai 2 terbuka yang beragam dan tinggal dipilih sesuai keinginan dan ukuran rumah yang dimiliki.

Anda juga bisa mendapatkan referensi tersebut dengan melakukan pencarian di internet atau sosial media untuk mendapatkan desain yang beragam sesuai dengan kepribadian yang ingin ditampilkan serta budget yang dimiliki.

Rumah Terlihat Lebih Mewah

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh rumah dua lantai yang tidak dimiliki oleh hunian lainnya adalah rasa mewah yang didapatkan saat anda melintasi jenis hunian tersebut.

Hal ini dikarenakan ukuran rumah yang lebih besar dengan tambahan pilar di balkon, memberikan kesan mewah dan elegan pada desain rumah dua lantai.

Sehingga apabila anda ingin memiliki hunian dengan nuansa mewah namun memiliki keterbatasan anggaran, maka membangun rumah dua lantai bisa menjadi pilihan terbaik, sebab anda dapat memiliki tampilan hunian yang elegan tanpa memerlukan ukuran lahan yang lebih luas yang tentunya memakan banyak biasa.

Guna mendapatkan kesan mewah tambahan di rumah dua lantai, maka anda bisa menambahkan aksesori atau interior yang mendukung penampilan tersebut.

Misalnya saja dengan memasang desain lampu klasik yang temaran di bagian balkon rumah atau memasang ornamen tertentu di bagian pinggian balkon untuk mendapatkan kesan mewah di hunian minimalis anda.

Memiliki Balkon Rumah

Keterbatasan lahan yang dimiliki, membuat banyak orang kesulitan melakukan hobi atau kegiatan yang disukainya, misalnya saja berkebun atau menjemur pakaian dengan mudah karena mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut maka membangun balkon rumah menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh pemilik rumah.

Hal ini dikarenakan anda akan mendapatkan ruangan khusus yang lebih luas yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas luar ruangan yang tidak bisa dilakukan karena keterbatasan lahan, misalnya saja melakukan kegiatan berkebun di balkon yang lebih mudah karena sinar matahari yang cukup.

Tidak hanya itu, bagi sebagian besar pemilik rumah, kepemilikan balkon rumah juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul, salah satunya adalah membuat desain khusus untuk menambahkan beberapa furniture sebagai tempat bersantai.

Melalui perancangan yang tepat oleh desainer interior, maka area balkon yang tadinya panas dan gersang, bisa diubah sebagai tempat bersantai yang nyaman dan rimbun dengan perpaduan tanaman serta penutup yang aman.

Rekomendasi Desain Rumah 2 Lantai Terbuka

Rekomendasi Desain Rumah 2 Lantai Terbuka

Saat memutuskan untuk membangun rumah dua lantai, mungkin anda akan dibingungkan dengan berbagai pilihan desain yang ditawarkan oleh arsitek.

Hal ini dikarenakan anda tidak hanya memikirkan sisi estetika hunian, namun hasil desain yang dapat membantu kegiatan penghuni rumah agar lebih nyaman dan tidak menggangu privasi yang dimiliki.

Karenanya berikut berbagai rekomendasi desain rumah 2 lantai terbuka yang bisa dipilih sesuai kebutuhan tanpa mengenyampingkan estetika hunian.

Desain Rumah 2 Lantai Terbuka

Apabila anda memiliki lahan hunian yang cukup luas dan menginginkan suasana terbuka di rumah anda dengan rumah dua lantai yang dimiliki, maka desain rumah 2 lantai terbuka bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan anda dapat memanfaatkan lahan yang dimiliki sebagai tempat terbuka yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan kenalan yang dimiliki.

Guna memaksimalkan lahan yang dimiliki serta menambahkan keasrian hunian, maka anda bisa menanam berbagai rerumputan, pepohonan, atau tanaman bunga agar rumah anda terasa lebih hijau.

Salah satu keuntungan yang didapatkan dari memiliki desain rumah 2 lantai terbuka adalah anda akan mendapatkan kesegaran dari angin yang berhembus serta keasrian tumbuhan, sehingga anda dapat betah berlama-lama untuk tinggal di bagian tersebut.

Rasa sejuk yang didapatkan di luar rumah juga bisa dialirkan ke dalam rumah sebagai sirkulasi udara segar yang terus berganti sehingga hunian anda tidak terasa panas, salah satu caranya adalah dengan memilih menggunakan atap tinggi di bagian lantai satu agar sirkulasi udara cepat berganti.

Anda juga bisa memaksimalkan keasrian rumah anda dengan menggunakan furniture atau interior rumah dari bahan kayu untuk mendapatkan konsep alami yang segar di rumah anda.

Desain Lantai 2 Rumah Terbuka Tanpa Sekat

Apabila anda memiliki lahan yang terbatas namun ingin memiliki desain ruangan yang terlihat luas di hunian sempit maka membangun desain lantai 2 rumah tanpa sekat bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan anda tidak menggunakan sekat ruangan untuk memisahkan satu ruangan dengan lainnya, sehingga rumah anda terlihat lebih luas dan lebar.

Selain itu, pada penataan interior untuk desain lantai 2 rumah tanpa sekat, maka anda akan menata furniture anda di bagian kanan atau kiri ruangan, sehingga anda bisa memiliki ruang untuk berjalan atau melakukan kegiatan di bagian tengah ruangan dengan bebas tanpa hambatan.

Guna memaksimalkan desain lantai 2 rumah tanpa sekat secara maksimal, maka anda bisa membangun atap dengan langit-langit tinggi sehingga memudahkan sirkulasi udara agar ruangan anda terasa lebih segar.

Tidak hanya itu, penggunaan furniture multifungsi dengan ukuran yang minimalis juga akan membantu penempatan barang lebih mudah dan tersusun rapi sehingga tidak terlihat berantakan di satu tempat melainkan merata di satu bagian.

Tips lainnya yang bisa digunakan untuk desain lantai 2 rumah tanpa sekat adalah menggunakan lampu dengan pencahayaan yang cukup, sehingga anda akan mendapatkan suasana rumah yang lebih terang dan terlihat luas.

Pilihan ini dilakukan mengingat desain lantai 2 rumah yang tertutup akan membuat hunian rumah anda terasa lebih gelap, sehingga memberikan nuansa murah yang membuat rumah terasa lebih sempit.

Desain Lantai 2 Terbuka Natural

Perpaduan desain lantai 2 terbuka dengan tumbuhan tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah saja, namun anda juga bisa memadukannya di bagian dalam rumah.

Salah satunya adalah menyisakan bagian dalam rumah untuk lahan kosong sebagai tempat menanam pepohonan, rerumputan, atau berbagai jenis bunga sehingga hunian anda terlihat lebih asri dan memberikan kesejukan ke dalam rumah.

Desain ini juga bisa menjadi solusi bagi anda yang tidak bisa memanfaatkan bagian luar rumah karena digunakan sebagai lahan parkir kendaraan, namun masih ingin mendapatkan keasrian rumah dengan variasi tumbuhan yang ditanam di dalam rumah.

Namun, dalam mewujudkan desain lantai 2 terbuka terbuka di dalam rumah, anda memerlukan berbagai strategi khusus untuk mendapatkan kesejukan yang maksimal serta melindungi bagian dalam rumah anda.

Pertama adalah memastikan memasang pelindung di bagian teras rumah, sehingga ketika hujan turun, aliran air tidak tempias ke dalam rumah sehingga mengakibatkan banjir kecil di area rumah anda.

Perlindungan lainnya yang bisa dilakukan dalam merancang desain lantai 2 terbuka natural di dalam rumah adalah memasang jendela kaca geser sebagai pembatas antara bagian dalam dan luar ruangan.

Cara ini dilakukan agar anda memiliki perlindungan saat hujan tiba agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah sekaligus mengamankan diri saat cuaca panas tiba dengan memasang tirai di bagian kaca geser.

Perlindungan terakhir yang bisa dilakukan untuk menghindari banjir di musim hujan adalah membangun saluran pembuangan di sekitar rumah agar air hujan yang turun bisa lebih cepat mengalir keluar sehingga tidak terjadi penggenangan air dalam jangka waktu lama yang menyebabkan serangga lebih cepat mengganggu rumah anda.

Pastikan untuk melakukan pembersihan saluran pembuangan secara rutin agar aliran air lebih cepat keluar dan tidak terjadi penyumbatan sehingga menyebabkan banjir di area dalam rumah anda.

Pemasangan rumput gajah di area halaman dalam rumah juga dapat membantu agar air hujan yang turun bisa menyerap dengan mudah sehingga menjadi sumber kehidupan bagi tumbuhan serta membuat bagian halaman tidak mudah becek.

Desain Rumah 2 Lantai Terbuka dengan Kaca

Apabila anda ingin memaksimalkan pencahayaan alami di rumah anda, maka menggunakan desain rumah 2 lantai terbuka dengan kaca bisa menjadi pilihan terbaik.

Dimana anda akan memasang kaca dengan berbagai ukuran di rumah anda, sehingga anda akan mendapatkan pencahayaan alami sepanjang tahun sehingga akan menghemat penggunaan listrik.

Sayangnya, penggunaan desain rumah 2 lantai terbuka dengan kaca kurang cocok diperuntukkan di negara tropis, sebab mereka akan menyerap sinar matahari yang lebih banyak sehingga udara di dalam rumah akan terasa lebih panas.

Sehingga alih-alih anda akan menghemat penggunaan listrik, pengeluaran anda akan bertambah dengan pemakaian pendingin ruangan yang membuat budget anda membengkak.

Namun, apabila anda masih menginginkan penggunaan kaca di area rumah anda, maka anda sebaiknya menggunakan jenis kaca gelap sehingga matahari tidak menembus langsung ke area dalam rumah sehingga mengurangi panas ruangan.

Solusi lainnya dari penggunaan desain rumah 2 lantai dengan kaca adalah memasang tirai yang tinggi di area tersebut sehingga anda bisa menutupinya saat cuaca mulai panas sehingga udara di dalam rumah tidak terasa gerah.

Anda juga mungkin tidak memasang kaca di seluruh bagian rumah, namun hanya perlu memasang di bagian rumah tertentu yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, sehingga panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dan membuat penghuni rumah tetap terasa nyaman.

Selain mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal di rumah anda, penggunaan desain rumah 2 lantai dengan kaca juga akan meningkatkan estetika hunian.

Sebab anda akan mendapatkan pencahayaan alami yang membuat rumah anda terlihat lebih terang dengan titik pencahaayaan tertentu apalagi jika dilengkapi dengan interior yang sesuai maka akan membuat hunian anda terasa lebih estetik.

Rencanakan desain lantai 2 terbuka yang nyaman dan modern dengan bantuan ahlinya hanya di Dandanoma yang bisa dihubungi di http://wa.me/62859106509858 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *