3 Desain Atap Rumah Minimalis yang Bergaya Modern

3 Desain Atap Rumah Minimalis yang Bergaya Modern

Desain atap rumah yang estetik tidak hanya ditentukan dari tampilan dalamnya saja, namun juga dari bagian luar rumah yang menarik perhatian orang saat mengunjungi rumah anda, salah satunya adalah desain atap rumah minimalis.

Desain atap rumah minimalis juga perlu menjadi perhatian saat membangun rumah agar tampilan luar rumah anda menjadi lebih menarik dan sesuai dengan gaya yang ingin tampilan ke orang lain mengenai desain rumah anda.

Memilih desain atap rumah juga tidak melulu hanya untuk rumah mewah, namun bangunan rumah yang minimalis juga bisa menjadi pilihan terbaik saat anda hendak merancang dan membangun hunian impian.

Karenanya berikut berbagai inspirasi desain atap rumah minimalis yang bisa menjadi referensi hunian anda sesuai dengan gaya yang dimiliki.

Desain Atap Rumah Datar

Desain Atap Rumah Datar

Desain atap rumah datar menjadi salah satu tampilan atap yang banyak digunakan di hunian modern karena memiliki gaya kekinian yang tidak banyak digunakan oleh pemilik rumah lainnya.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh desain atap rumah datar adalah mereka memiliki atap yang lurus, berbanding terbail dengan desian rumah tradisional yang memiliki tampilan menukik ke atas.

Meskipun memiliki penampilan yang berbeda dari desain atap rumah lainnya, namun banyak orang yang mulai menggunakan jenis atap ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki.

Misalnya saja, mereka menggunakan desain yang sederhana sehingga mudah dipasang oleh tukang sehingga menghemat pengeluaran karena tidak memerlukan lebih banyak bahan bangunan.

Tidak hanya itu, apabila anda berencana untuk menambah lantai rumah, maka desain atap rumah datar bisa menjadi pilihan terbaik sebab anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan pembongkaran sehingga lebih hemat biaya dan pengerjaan penambahan lantai rumah bisa lebih cepat dilakukan.

Tampilan desain atap rumah datar juga bisa dikombinasikan dengan bahan bangunan lainnya, misalnya penambahan balkon rumah atau kaca sehingga menambah pencahayaan alami serta memberikan desain baru yang unik pada rumah anda.

Pada desain atap rumah datar lainnya, anda bisa mengkombinasikan dengan berbagai bahan bangunan lainnya untuk mendapatkan tampilan serta penggunaan balkon yang diinginkan.

Misalnya apabila anda ingin menggunakan bagian atap rumah sebagai tempat berkumpul atau melakukan hobi, misalnya menggunakan atap datar jenis beton yang dilapisi dengan rumput sintetis yang cocok digunakan sebagai tempat berkumpul yang nyaman.

Anda juga bisa menambahkan lapisan kayu pada dak beton sehingga bagian atap rumah anda mudah dibersihkan dari kotoran apabila anda menggunakannya sebagai tempat hobi, seperti menanam tumbuhan atau memelihara hewan peliharaan di atap rumah.

Sayangnya, di balik kelebihan desain atap rumah datar yang berguna sebagai tempat kegiatan, namun anda perlu menyadari kekurangan yang dimiliki sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis atap satu ini.

Misalnya saja, apabila anda menggunakan atap rumah datar sebagai balkon rumah, maka anda perlu mempersiapkan diri apabila musim hujan datang, dimana air hujan yang turun bisa membasahi furniture yang anda taruh di atas balkon rumah anda.

Tidak hanya itu, ketiadaan atap rumah sebagai pelindung furniture juga membuat barang yang anda simpan di atap rumah juga mudah rusak dan kotor terkena sinar matahari, angin, dan debu yang berterbangan.

Sebagai solusinya, anda bisa memasang atap portabel yang bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan penggunaan, sehingga anda bisa mendapatkan tampilan balkon yang diinginkan.

Anda juga perlu memasang saluran pembuangan yang tepat, sehingga apabila musim hujan turun maka aliran air akan masuk ke tempat yang diinginkan dengan cepat sehingga tidak menyembabkan air mengembang dalam jangka waktu yang menyebabkan sumber penyakit.

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh desain atap rumah datar adalah resiko ruangan yang terlalu panas di bagian bawah sebab tidak adanya pelindung di bagian atas, sehingga rumah anda akan cepat panas di musim kemarau.

Namun, anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menambahkan lebih banyak ventilasi di bagian rumah anda sehingga aliran udara lebih cepat masuk dan keluar agar udara di dalam rumah juga lebih segar.

Desain Atap Sandar

Desain Atap Sandar

Atap sandar menjadi salah satu desain yang banyak ditemui di contoh hunian perumahan sehingga terlihat selaras satu sama lain.

Salah satu alasan mengapa desain atap sandar disukai dan digunakan oleh banyak orang adalah memiliki tampilan yang elegan dan klasik, sehingga cocok digunakan untuk tampilan rumah tradisional dan modern sehingga terlihat selaras satu sama lain.

Tidak hanya itu karena banyak digunakan dan disukai oleh banyak orang, maka atap sandar memiliki desain yang beragam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan serta berbagai kelebihan yang menjadi daya tarik bagi orang lain untuk menggunakannya.

Kelebihan Desain Atap Sandar

Penggunaan atap sandar banyak digunakan pada hunian perumahan untuk mendapatkan desain yang seragam sehingga terlihat sama satu sama lain, selain itu mereka juga memiliki berbagai kelebihan yang menjadi daya tarik bagi penggunanya.

Pertama adalah desain yang fleksibel, dimana anda bisa menggunakannya pada hunian modern atau tradisional yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Kedua adalah memberikan rasa sejuk kepada pemilik rumah, hal ini dikarenakan mereka memiliki desain yang menopang satu sama lain, sehingga memudahkan saluran udara untuk keluar masuk secara bergantian sehingga memberikan kesejukan bagi pemilik rumah.

Ketiga adalah penggunaan bahan atap yang fleksibel, berbeda dengan jenis atap lain yang hanya menggunakan satu jenis bahan saja, anda bisa menggunakan bahan yang berbeda untuk atap sandar tergantung kebutuhan serta keinginan pemilik rumah untuk mendapatkan desain yang diinginkan.

Hal ini tentunya memberikan keleluasaan bagi arsitek untuk memilih bahan yang sesuai dengan desain rumah yang diinginkan oleh pemilik rumah serta perlindungan yang tahan lama.

Keempat adalah meminimalisir adanya kebocoran atap rumah, hal ini dikarenakan permukaan atap rumah yang miring akan memudahkan aliran air untuk masuk ke saluran pembuangan dengan cepat, sehingga mengurangi adanya kebocoran rumah akibat air yang tersumbat, apalagi jika anda menggunakan jenis bahan atap rumah terbaik, sehingga atap anda lebih tahan lama.

Kelima adalah penyerapan cahaya yang lebih banyak, apabila anda menginginkan desain ramah lingkungan di rumah anda, maka atap rumah model sandar bisa menjadi pilihan terbaik, sebab anda bisa menggunakan desain skylight pada atap rumah anda sehingga anda mendapatkan jumlah pencahayaan yang lebih banyak.

Cara ini tentunya akan menghemat penggunaan listrik anda karena anda mendapatkan pencahayaan alami di siang hari tanpa batas sehingga tidak perlu menyalakan lampu sepanjang hari.

Hal ini juga memudahkan anda apabila hendak memasang panel surya yang membantu sebagai alternatif sumber listrik yang terbarukan.

Kekurangan Atap Sandar

Di balik kelebihan atap sandar yang mampu untuk menghemat energi serta cocok untuk penggunaan hunian modern atau tradisional, anda juga perlu menyadari berbagai kekurangan dari desain sandar sehingga anda bisa mengatasinya dengan solusi yang tepat.

Pertama adalah atap sandar kurang cocok digunakan pada desain rumah yang besar, sebab anda perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli berbagai bahan bangunan yang dibutuhkan setra menghitung kemiringan yang dibutuhkan pada hunian yang anda miliki.

Kedua adalah membutuhkan talang air yang besar, meskipun atap sandar cocok digunakan untuk negara dua musim sebab dapat mengalirkan air dengan baik berkat kemiringan yang dimiliki, namun derasnya air yang turun juga perlu penampung air yang besar agar dapat mengalirkan air ke saluran pembuangan dengan mudah.

Biasanya untuk mengatasi masalah tersebut, arsitek dan mandor akan merekomendasikan menggunakan talang air berbentuk kotak, namun penggunaan jenis talang ini memerlukan perawatan lebih sebab anda perlu membersihkannya secara rutin agar tidak tersumbat oleh sampah atau kotoran yang masuk ke dalam saluran pembuangan.

Tips Memasang Atap Sandar

Berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh atap sandar, membuat anda harus memiliki strategi yang tepat sebelum memasang atap sandar agar mendapatkan perlindungan terbaik yang diinginkan dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Karenanya berikut beberapa tips yang bisa digunakan sebelum memasang atap sandar agar sesuai dengan desain rumah yang anda inginkan.

Pertama adalah memilih bahan yang tepat untuk mendapatkan hasil desain yang diinginkan serta mendapatkan perlindungan dalam jangka waktu lama.

Anda mungkin bisa menggunakan bahan aluminium atau baja untuk tampilan modern pada hunian anda atau meminta rekomendasi dari arsitek untuk mendapatkan bahan yang sesuai dengan tampilan tradisional yang anda miliki.

Kedua adalah penggunaa warna yang minimalis, pilihan warna yang tepat akan membantu anda untuk menyelaraskan dengan warna tembok yang miliki sehingga terlihat selaras satu sama lain.

Penggunaan warna yang minimalis dan netral juga memungkinkan untuk penggabungan dua warna sekaligus sehingga memberikan kesan yang modern dan estetik di waktu yang bersamaan.

Ketiga adalah menambah akses pencahayaan di bagian atap rumah untuk memberikan kesan modern, misalnya saja anda bisa memasang lampu LED di bagian pinggiran atap sehingga memberikan pencahayaan lebih di malam hari.

Pastikan untuk memeriksa kekuatan dan daya lampu secara rutin sehingga anda bisa menggantinya setelah pencahayaannya telah memudar setelah digunakan dalam jangka waktu lama.

Keempat adalah memadukan dengan desain dinding yang kontras, desain rumah dengan atap sandar yang selaras tidak hanya bisa didapatkan dengan menggunakan warna dinding dan genteng yang sama, namun anda juga bisa menggunakan warna dan tekstur yang sama agar terlihat serasi satu sama lain.

Misalnya saja, anda bisa menggunakan tekstur yang kasar dari batu atau kayu yang dipasang di dinding rumah anda sehingga memberikan kesan yang modern.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan desain rumah yang modern menggunakan tekstur atap rumah yang kasar namun permukaan dinding yang halus untuk mendapatkan desian yang modern.

Lakukan konsultasi dengan arstek untuk mendapatkan desain yang diinginkan sehingga selaras dengan konsep rumah yang anda inginkan.

Kelima adalah menambahkan hiasan di sekitar pinggiran atap rumah, pada desain atap sandar anda mungkin akan memiliki bagian yang kosong yang bisa berguna sebagai talang air.

Namun, untuk menambahkan estetika hunian yang dimiliki, maka anda juga bisa menambahkan dekorasi yang cantik di bagian atap rumah tersebut, misalnya saja dengan menaruh pot bunga atau memasang lampu hias di sekitar pinggiran atap rumah untuk menambahkan estetika hunian.

Pastikan untuk memeriksa bagian tersebut secara rutin agar tanaman anda bisa tumbuh subur serta lampu anda tetap menyala sepanjang malam.

Desain Atap Rumah Pelana

Desain Atap Rumah Pelana

Atap rumah pelana juga menjadi salah satu desain yang banyak digunakan oleh hunian modern di perumahan atau perkampungan, sehingga anda bisa menemukan jenis desain ini dimana saja.

Penggunaan desain atap rumah pelana banyak digunakan karena dapat digunakan pada desain rumah modern atau tradisional sehingga menambah keindahan rumah.

Tidak hanya itu, desain atap rumah ini juga termasuk minimalis namun bisa dimodifikasi dengan desain yang beragam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik rumah.

Namun, sebelum anda menggunakan jenis desain atap rumah ini, anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki untuk mendapatkan hasil hunian yang diinginkan.

Kelebihan Desain Atap Pelana

Saat mengamati berbagai desain atap rumah di perumahan atau perkampungan, anda mungkin baru menyadari bahwa desain atap pelana banyak digunakan di Indonesia, hal ini dikarenakan mereka memiliki desain yang simpel dan minimalis, sehingga cocok untuk digunakan pada hunian modern atau tradisional.

Tidak hanya itu, desain atap pelana juga memiliki kelebihan yang akan anda dapatkan dan rasakan setelah menggunakan jenis atap ini dalam waktu lama.

Pertama adalah atap pelana mudah dipasang sebab mereka memiliki desain yang sederhana sehingga memudahkan tukang dalam melakukan pengerjaan pemasangan atap rumah.

Anda juga bisa menyesuaikan kemiringan atap rumah sesuai keinginan dan kebutuhan desain rumah sehingga tampilan hunian anda terlihat lebih menarik.

Kemudahan dalam pemasangan atap rumah pelana tentunya akan memudahkan pengerjaan tukang dalam melakukan pekerjaan pembangunan rumah sehingga biaya sewa tukang harian akan lebih murah.

Kedua adalah biaya pemasangan atap rumah lebih rumah, sebab jenis atap pelana memiliki desain yang sederhana sehingga pemasangan akan lebih mudah dan cepat, sehingga menghemat biaya pengeluaran untuk menyewa tukang yang memasangnya.

Tidak hanya itu, kesederhanaan desain yang dimiliki oleh atap rumah pelana juga menghemat pengeluaran dalam membeli biaya material yang dibutuhkan sehingga lebih menghemat biaya.

Ketiga adalah mendapatkan hunian rumah yang sejuk, sebagai seseorang yang tinggal di dua musim, tentunya anda harus siap dengan cuaca panas sepanjang tahun meskipun anda mengalami musim hujan dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga untuk mendapatkan hunian yang sejuk meskipun tinggal di perkotaan, maka memilih jenis atap yang tepat juga bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan hasil hunian yang diinginkan.

Salah satu caranya adalah dengan memilih menggunakan atap pelana, sebab mereka mampu menyerap panas secara maksimal, sehingga memberikan hasil hunian yang lebih sejuk.

Guna mendapatkan kesejukan yang maksimal dari atap rumah model pelana, maka anda bisa memasang plafon di bagian bawah atap rumah sehingga cuaca panas bisa dikunci dan tidak mudah masuk ke dalam rumah anda.

Keempat adalah atap pelana minim kebocoran, masalah kebocoran masih menjadi ketakutan bagi banyak pemilik rumah sebab kebocoran yang kecil dapat merambah ke berbagai kerusakan rumah lainnya yang tentunya akan memakan banyak biaya dan tenaga.

Namun dengan menggunakan atap pelana dari bahan terbaik, maka rumah anda akan terhindar dari kebocoran sebab aliran air akan langsung masuk ke saluran pembuangan dengan cepat sehingga tidak mengendap di bagian tertentu dalam jangka waktu lama.

Memilih desain atap rumah yang tepat tentunya memerlukan pendapat yang tepat dari ahlinya untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, caranya adalah dengan menghubungi Dandanoma http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *