Murah dan Mudah, 9 Pembasmi Rayap Alami yang Aman

Murah dan Mudah, 9 Pembasmi Rayap Alami yang Aman

Keberadaan rayap di rumah tentunya akan menimbulkan kerusakan di hunian yang disinggahi oleh serangga satu ini, seperti rusaknya bagian lemari serta runtuhnya bagian rangka atap rumah yang membahayakan penghuni rumah.

Sehingga untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melakukan pengusiran rayap agar rumah anda dapat bertahan lama dan terbebas dari gangguan jenis serangga ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir jenis serangga ini adalah menggunakan obat anti serangga atau anti rayap untuk pengusiran yang efektif, sehingga serangga bisa hilang seketika atau mati dalam waktu sekejap.

Sayangnya, penggunaan obat ini juga memicu masalah lain, salah satunya adalah bau yang menyengat serta berbahaya bagi kesehatan apabila terhirup secara terus menerus dalam waktu lama, mengingat pengusiran rayap ini perlu dilakukan secara rutin untuk melindungi bagian rumah anda secara maksimal.

Namun, anda bisa menggunakan cara lain yang lebih efektif, salah satunya adalah menggunakan pembasmi rayap alami yang tidak menimbulkan resiko serta kemudahan untuk mendapatkannya sehingga tidak menimbulkan biaya, namun anda tetap mendapatkan perlindungan dan pengusiran rayap yang efektif.

Karenanya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir serangga menggunakan pembasmi rayap alami yang mudah digunakan.

Gunakan Tumbuhan Catnip

Gunakan Tumbuhan Catnip

Pecinta kucing tentunya tidak asing dengan tumbuhan catnip, dimana jenis tanaman ini dapat memabukkan kucing namun memberikan efek yang baik bagi kesehatan hewan ini.

Ternyata, penggunaan catnip tidak hanya berguna untuk kesehatan hewan saja, namun anda juga bisa menggunakannya untuk pembasmi rayap alami yang tentunya tidak merusak kesahatan.

Hal ini dikarenakan tumbuhan catnip memiliki fungsi untuk mengusir serangga termasuk rayap sekalipun, sehingga cocok digunakan sebagai pembasmi rayap alami.

Penggunaan catnip sebagai pembasmi rayap alami juga cukup mudah, dimana anda hanya perlu menanam tumbuhan di sekitar area luar rumah anda yang menjadi jalan bagi rayap untuk masuk.

Dengan meletakkan jenis tanaman tersebut di area luar tembok, tentunya akan membuat rayap berfikir ulang untuk masuk ke rumah anda, sehingga hunian anda akan aman dari gangguan serangga satu ini.

Cara mudah lainnya yang bisa digunakan untuk mengusir rayap menggunakan catnip adalah dengan menyemprotkan essential oil dengan bahan baku dari catnip atau memiliki aroma tumbuhan tersebut.

Penyemprotan essential oil jenis ini ke furniture akan memberikan perlindungan lebih bagi lemari anda sehingga terhindar dari gangguan dalam jangka waktu lama.

Tanam Tumbuhan Mint

Baca Juga : https://dandanoma.com/blog/2023/11/30/6-penyebab-rayap-di-tembok-dan-solusinya/

Tanam Tumbuhan Mint

Daun mint biasanya digunakan sebagai campuran bahan teh atau jenis minuman lainnya karena memiliki bau menenangkan yang khas sehingga disukai oleh banyak orang.

Meskipun begitu, dibalik penggunaannya sebagai campuran bahan makanan atau minuman, tumbuhan mint juga memiliki fungsi lain di rumah tangga.

Salah satunya adalah membantu mengusir rayap dengan efektif, sebab mereka memiliki bau wangi yang menyengat dan tentunya tidak disukai oleh serangga ini, sehingga secara perlahan mereka akan meninggalkan rumah anda apabila anda menanamnya di sekitar rumah anda.

Namun, penanaman tumbuhan mint di sekitar rumah tentunya menarik untuk dilakukan, sebab mereka memiliki bau yang menenangkan apalagi setelah hujan turun sehingga suasana rumah lebih tenang.

Selain itu, anda juga bisa menggunakannya untuk campuran bahan makanan dan minuman sehingga dapat meningkatkan nafsu makan atau estetika hidangan yang disajikan.

Sebelum anda menanam tumbuhan mint di rumah anda, maka anda bisa membeli bibitnya di penjual bunga khusus dan memastikan tanah yang akan ditanami cukup subur sehingga tumbuhan ini dapat berdaun lebat.

Cara mudah lainnya yang bisa digunakan untuk mengusir rayap menggunakan daun mint adalah menyemprotkan cairan dengan bau mint di area lemari untuk mengusir rayap yang hinggap serta memberikan perlindungan tambahan bagi furniture anda.

Strategi ini juga bisa dilakukan untuk memberikan parfum alami ke pakaian anda, sehingga baju anda memiliki aroma yang lebih segar meskipun anda tidak mengeluarkannya dalam jangka waktu lama.

Anda juga mungkin bisa menamburkan beberapa lembar daun mint ke area yang rawan didatangi oleh rayap, seperti furniture dari kayu untuk mencegah kedatangan jenis serangga ini.

Gunakan Rumput Vetiver

Gunakan Rumput Vetiver

Apabila anda hendak menghias halaman rumah anda sekaligus mendapatkan pembasmi rayap secara alami, maka menggunakan rumput vetiver bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan rumput vetiver memiliki tampilan yang unik, sehingga cocok dijadikan sebagai penghias halaman rumah, selain itu jenis rumput ini memiliki fungsi sebagai pengusir serangga, jadi rumah anda akan terhindar dari serangan rayap yang masuk melalui tembok rumah yang lembab.

Tidak hanya itu, rumput vetiiver juga memiliki kegunaan lain yang dapat digunakan sebagai solusi permasalahan sehari-hari, misalnya saja dapat mengobati masalah kulit yang dihadapi oleh banyak orang dengan minyak vetiver, selain itu penanaman jenis rumput ini di sekitar kamar anda juga dapat membantu untuk menenangkan pikiran sehingga kualitas tidur lebih baik dan nyenyak dibandingkan biasanya.

Penanaman rumput vetiver juga kerap kali dilakukan di daerah lembah atau perbukitan yang rawan longsor, karena mereka dipercaya dapat mengurasi resiko turunnya tanah apabila ditanam di daerah tersebut.

Penggunaan rumput vetiver sebagai pembasmi rayap alami juga sangat mudah, dimana anda bisa menanamnya di area halaman rumah anda sehingga menguri rayap yang masuk serta memberikan ketenangan dari aroma yang diberikan oleh tanaman ini.

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menggunakan rumput vetiver sebagai pembasmi rayap alami adalah menyemprotkan olahan minyak ini ke bagian lemari yang terkena rayap sehingga serangga ini akan perlahan menghilang dari furnitur anda.

Pastikan juga untuk menyemprotkannya secara rutin agar rayap menghilang dalam waktu lama sekaligus memberikan keharuman yang segar di rumah anda agar suasana hunian semakin tenang.

Sebarkan Kapur Barus

Sebarkan Kapur Barus

Kapur barus kerap kali digunakan di area rumah yang lembab, seperti kamar mandi, gudang, atau area penyimpanan lain yang tidak terjangkau sehingga tetap harum mewangi dalam jangka waktu lama.

Di sisi lain, penggunaan kapur barus juga memiliki fungsi lain sebagai pembasmi rayap alami, yakni dapat membantu mengusir serangga yang bermukim di tempat penyimpanan karena bau menyengat yang dimiliki.

Sehingga tidak mengherankan apabila kapur barus sering digunakan untuk pembasmi rayap alami karena mudah digunakan sebab anda tinggal menyebarkannya di area yang diinginkan serta bisa didapatkan dengan harga murah namun mendapatkan jumlah yang cukup banyak.

Selain itu, warna kapur barus yang beragam juga dapat memberikan estetikan rumah yang unik meskipun anda menyebarkannya di tempat yang tersembunyi.

Namun, kekurangan dari kapur barus adalah mereka dapat menguap apabila digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga anda perlu menggantinya apabila kapur barus mulai menghilang.

Tidak hanya itu, anda juga perlu waspada apabila menyebarkan kapur barus di area terbuka sebab bisa saja dimakan oleh anak-anak karena mereka memiliki warna yang cantik dan memanjakan mata.

Gunakan Daun Salam dan Kemangi

Gunakan Daun Salam dan Kemangi

Duo daun salam dan kemangi biasanya digunakan di bahan masakan untuk memberikan cita rasa yang lebih enak dengan keharuman yang dimiliki.

Namun, bagi rayap penggunaan daun salam dan kemangi yang memiliki aroma yang menusuk membuat mereka kurang tertarik untuk mendekati kedua tanaman tersebut.

Sehingga apabila anda hendak membuat ramuan pembasmi rayap alami maka penggunaan daun salam dan kemangi bisa menjadi alternatif terbaik.

Hal ini dikarenakan daun salam dan kemangi dapat mudah ditemukan di area rumah anda sehingga bisa digunakan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya serta tidak menimbulkan resiko kesehatan, sehingga cocok bagi anda yang hendak melakukan pembersihan rayap.

Cara penggunaan daun salam dan kemangi sebagai pembasmi rayap alami juga cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan kedua daun tersebut di area lemari yang kerap kali didatangi rayap, sehingga mereka dapat mengurangi resiko untuk didatangi oleh serangga ini.

Apabila anda merasa bahwa daun salam dan kemangi sudah mulai layu, maka anda bisa menggantinya dengan daun yang baru sehingga dapat memberikan kesegaran dalam waktu lama.

Alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk mengusir rayap menggunakan daun salam dan kemangi adalah menanam kedua tanaman tersebut di dekat tembok rumah anda agar rayap tidak mendekat ke tembok anda sehingga rumah anda aman dari serangan serangga yang mengganggu.

Semprotkan Air Sabun dan Garam untuk pembasmi rayap alami

Semprotkan Air Sabun dan Garam

Rayap memiliki karakteristik yang tidak menyukai bau yang menyengat, sehingga banyak orang menggunakan pembasmi rayap alami berupa daun atau tumbuhan yang memiliki bau wangi sehingga aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

Meskipun begitu, anda juga bisa menggunakan bahan kimia yang aman digunakan untuk mengusir rayap agar hilang dari rumah anda, salah satunya adalah penggunaan air sabun dan garam.

Kedua bahan ini biasa digunakan untuk membersihkan tubuh atau mencuci peralatan rumah tangga lainnya serta sebagai pelengkap bumbu dapur agar rasanya lebih istimewa.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan kolaborasi kedua bahan ini sebagai sarana pembasmi rayap alami yang tidak merusak lingkungan serta aman digunakan.

Caranya adalah anda hanya perlu menyampurkan sejumlah sabun dan garam ke dalam botol semprot khusus kemudian masukkan air secukupnya.

Apabila sudah selesai, maka anda bisa mengocor botol semprot untuk mencampurkan kedua bahan tersebut agar tercampur rata, setelah selesai maka anda bisa menyemprotkan ke bagian yang dibutuhkan sampai terasa basah.

Jika bagian tersebut sudah mengering, maka anda bisa melihat bahwa rayap sudah pergi dari lemari tersebut dan anda tinggal membersihkan kotoran dan remah-remah yang ditinggalkan.

Lakukan kegiatan penyemprotan air sabun secara rutin untuk menghilangkan rayap serta memberikan keamanan lebih bagi lemari anda dalam waktu lama.

Manfaatkan Air Cuka

Manfaatkan Air Cuka

Rasa air cuka yang asam biasanya digunakan sebagai campuran makanan untuk melezatkan rasa hidangan agar semakin nikmat.

Namun, air cuka yang biasanya dikemas dalam ukuran kecil ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk pembersihan di dalam rumah, salah satunya sebagai pembasmi rayap alami.

Hal ini dikarenakan bau yang menyengat serta kandungan asam yang dimiliki oleh air cuka kurang disukai oleh rayap, sehingga penggunaan air cuka ini dinilai efektif untuk mengusir rayap yang datang.

Cara penggunaan air cuka sebagai pembasmi rayap alami juga sangat mudah, anda hanya perlu menyemprotkan sejumlah air cuka ke bagian lemari yang dihuni oleh rayap, pastikan lemari sampai terasa basah untuk memberikan hasil yang maksimal.

Apabila bagian lemari yang sudah disemprot oleh air cuka sudah kering, maka anda bisa melihat bagian tersebut untuk membersihkan kotoran serta remah-remah yang ditinggalkan oleh rayap.

Lakukan juga kegiatan pembersihan rayap menggunakan air cuka secara rutin agar mereka tidak kembali ke rumah anda serta memberikan perlindungan lebih bagi lemari anda.

Gunakan Essential Oil

Gunakan Essential Oil

Essential oil telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern di perkotaan saat ini, dimana wangi menenangkan yang diberikan dapat membantu untuk membuat kualitas tidur lebih nyenyak serta sebagai pewangi ruangan yang tahan lama.

Selain itu, wangi essential oil yang beragam juga memudahkan anda untuk memilih aroma yang beragam sesuai kebutuhan, sehingga anda tidak akan pernah bosan untuk menggunakannya dalam waktu lama.

Di sisi lain, penggunaan essential oil juga berguna untuk berbagai keperluan rumah tangga, salah satunya sebagai pembasmi rayap alami.

Hal ini dikarenakan essential oil memiliki wangi yang menyengat sehingga mengurangi minat rayap untuk mendekat ke lemari karena tidak tahan dengan bau yang dihasilkan.

Penyemprotan essential oil juga menguntungkan bagi pakaian anda karena memberikan wangi yang tahan lama, meskipun anda tidak mengeluarkan baju anda dalam jangka waktu lama.

Sayangnya harga essential oil yang cukup mahal, membuat banyak orang berfikir untuk menggunakannya sebagai pembasmi rayap alami, namun sebagai solusinya maka anda bisa memakai minyak pewangi dengan harga yang terjangkau agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Manfaatkan Cabai Merah

Manfaatkan Cabai Merah

Cabar merah biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai penyedap dan penambah rasa makanan, sehingga menghasilkan rasa pedas yang menggugah selera.

Namun, penggunaan cabai merah juga bisa dimanfaatkan untuk solusi masalah rumah lainnya, salah satunya adalah sebagai pembasmi rayap alami.

Hal ini dikarenakan cabai merah memiliki rasa yang pedas serta bau yang menyengat, sehingga tidak disukai oleh rayap yang sensitif terhadap bau yang kuat.

Penggunaan cabai merah sebagai pembasmi rayap alami juga cukup mudah serta anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengolahnya.

Anda bisa memulainya dengan menanam cabai merah di sekitar balkon atau halaman rumah, sehingga rayap tidak akan datang karena bau yang menyengat.

Keuntungan lainnya dari menanam cabai merah sebagai pembasmi rayap alami adalah anda bisa menggunakan buahnya sebagai bumbu makanan sehingga lebih menghemat biaya belanja dapur.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengarahkan cabai merah langsung ke lemari yang terkena rayap agar mereka bisa hilang seketika, caranya pun mudah, anda hanya perlu merendam sejumlah cabai merah ke dalam botol seharian.

Apabila sudah selesai maka anda tinggal memisahkan biji dan kulit cabai agar anda bisa mendapatkan sari airnya saja kemudian tambahan air sabun secukupnya, jika kedua bahan tersebut sudah dicampurkan maka anda tinggal memasukkan ke botol semprot kemudian diarahkan ke furniture yang terkena rayap.

Semprotkan air cabai dan sabun ke bagian tersebut sampai terasa basah dan kemudian tinggalkan agar rayap dapat keluar karena tidak tahan dengan rasa panas dan pedas yang ditimbulkan oleh cabai.

Lakukan juga pembersihan agar kotoran rayap tidak menimbulkan bau pada lemari anda dan membuat dokumen tetap aman.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *