6 Penyebab Rayap di Tembok dan Solusinya

Rayap menjadi salah satu serangga yang ditakuti keberadaannya oleh banyak orang, sebab mereka dapat menghabiskan bagian rumah yang terbuat dari kayu secara perlahan tanpa diketahui oleh banyak orang, sehingga akan merugikan bagi pemilik rumah.

Meskipun begitu, keberadaan rayap tidak muncul begitu saja, namun mereka bisa datang karena berbagai faktor yang mengundangnya, sehingga anda perlu mempersiapkan diri dengan mengetahui penyebab serta solusinya apabila rayap sudah terlanjur hadir di rumah anda.

Karenanya berikut beberapa penyebab kedatangan rayap yang perlu anda waspadai sebelumnya serta solusi untuk mengatasinya agar rumah anda tetap aman dan nyaman.

Penyebab Rayap di Tembok

Penyebab Rayap di Tembok

Saat mengamati bagian rumah tertentu seperti tembok atau kusen rumah, anda mungkin menemukan bagian yang berongga atau mencium bau lembab di sekitar area tersebut.

Bagian rumah yang berongga atau memiliki bau lembab, mungkin saja menjadi indikasi adanya rayap di tembok yang apabila dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah.

Meskipun rayap memiliki ukuran yang kecil seperti semut, namun kekuatannya tidak perlu diragukan, sebab mereka mampu menggerogoti bagian tertentu di rumah anda dan menyebabkan kerugian yang cukup besar.

Berikut berbagai penyebab kehadiran rayap di tembok yang tidak anda sadari sebelumnya yang menyebabkan kerusakan rumah.

Kurangnya Ventilasi Rumah

Pada proses pembangunan atau renovasi hunian, keberadaan ventilasi rumah biasanya dipertimbangkan untuk ditaruh di lokasi yang strategis di bagian rumah tertentu.

Hal ini dikarenakan letak ventilasi yang sesuai juga akan memberikan anda kesegaran baru setiap harinya, sehingga rumah terasa lebih segar setiap saat.

Di samping itu, pemberian ventilasi yang kurang banyak di berbagai sudut rumah juga akan menimbulkan masalah baru, salah satunya adalah kelembaban hunian yang lebih tinggi, sehingga rumah akan terasa lebih apek, apalagi jika anda menambahkan berbagai pendingin ruangan di kamar anda.

Hal ini tentunya akan menyebabkan rumah anda terasa lebih lembab karena kurangnya sirkulasi udara dan cahaya, sehingga menyebabkan kedatangan rayap di tembok.

Apabila kekurangan jumlah ventilasi di rumah tidak diatasi dengan segera, maka akan menyebabkan rayap di tembok lebih cepat berkembang sehingga akan menggerogoti bagian rumah tanpa anda sadari sebelumnya.

Langit Rumah yang Kurang Tinggi

Keterbatasan dana pembangunan rumah, mungkin akan menyebabkan anda mengurangi berbagai hal yang esential di hunian anda, salah satunya adalah keputusan untuk membuat langit-langit rumah yang rendah guna mengurangi biaya pembangunan rumah.

Meskipun begitu, keputusan ini akhirnya menyebabkan berbagai kerugian bagi pemilik rumah, salah satunya adalah udara di rumah yang terasa lebih pengap di cuaca panas sehingga membuat penghuni rumah terasa kurang nyaman.

Selain itu, rumah anda juga akan terlihat lebih sempit dibandingkan rumah dengan ukuran yang sama namun memiliki langit rumah yang lebih tinggi.

Kerugian lainnya dari menggunakan langit rumah yang pendek adalah ruangan anda juga akan terasa lebih lembab pada cuaca tertentu, apabila masalah ini dibiarkan terlalu lama maka akan menjadi tempat yang nyaman bagi rayap untuk berkembang biak dan menggerogoti bagian rumah serta mebel tanpa anda sadari sebelumnya.

Sehingga ada baiknya untuk memilih langit rumah yang tinggi untuk mendapatkan benefit lebih yang menguntungkan bagi anda.

Pemilihan Jenis Kayu yang Buruk

Salah satu penyebab rayap banyak tumbuh dan berkembang di rumah-rumah adalah kehadiran kayu sebagai bahan utama pembuatan rumah atau bagian dari furniture sebagai tempat penyimpanan barang.

Meskipun begitu, tidak semua kayu disukai oleh rayap karena memiliki tekstur yang keras dan bau yang menyengat sehingga dijauhi oleh serangga satu ini.

Sayangnya, fakta ini tidak diketahui oleh banyak orang, sehingga memilih mebel dengan harga yang murah dengan tampilan yang menarik tanpa memerhatikan kualitas yang dimiliki.

Sehingga apabila furnitur ini digunakan dalam waktu lama maka bisa menjadi tempat berkembang biak oleh rayap yang akan merusak berbagai barang yang disimpan di lemari tersebut.

Agar lemari anda bisa bertahan lama tanpa gangguan rayap, maka penting bagi anda untuk memilih lemari kayu denga kualitas terbaik agar bisa bertahan dalam waktu lama.

Selain itu, anda juga perlu memberikan perlindungan dengan memberikan lapisan anti serangga secara rutin di lemari anda untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

Beberapa bahan masakan juga bisa digunakan sebagai pencegah dan pengusir rayap, sehingga bisa menjadi solusi apabila anda kurang menyukai lapisan atau obat anti serangga yang menyukai bau yang menyengat.

Kerusakan Talang Air

Talang air biasa digunakan untuk tempat mengalirkan air hujan yang turun sehingga bisa masuk ke saluran pembuangan dengan aman tanpa merusak bagian rumah lainnya.

Di sisi lain, penempatan talang air yang terpasang di bagian tembok rumah juga menyebabkan masalah lain apabila terjadi kebocoran.

Beberapa masalah yang muncul akibat kerusakan talang air adalah kebocoran atap rumah serta timbulnya rayap di tembok yang akan menggerogoti bagian kusen secara perlahan.

Kerusakan talang air ini bisa terjadi karena berbagai penyebab, misalnya saja kualitas talang air yang kurang baik sehingga menyebabkan kebocoran dan adanya sampah yang menumpuk dan tidak dibershkan dalam waktu lama.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka ada baiknya untuk mengecek talang air secara rutin untuk memastikan kualitas talang air anda agar bisa bertahan dalam waktu lama.

Rumah Kurang Bersih

Rumah yang kurang bersih tidak hanya menyebabkan hunian anda terasa kurang nyaman dan menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan bagi penghuni rumah, namun akan menyebabkan masalah lain.

Salah satu masalah yang muncul dari rumah kurang bersih adalah munculnya rayap di tembok, hal ini dikarenakan serangga ini menyukai udara rumah yang lembab dan kurang bersih, sehingga mereka betah untuk tinggal dalam waktu lama.

Kedatangan rayap di tembok bisa ditandai dengan adanya terowongan yang semakin memanjang dan akan menjadi sarang untuk berkembang biak tanpa disadari oleh penghuni rumah.

Sehingga penting bagi anda untuk membersihkan bagian rumah secara rutin serta membuang berbagai perabotan yang sudah tidak terpakai agar rumah terlihat semakin bersih.

Hunian Berdiri di Tanah yang Subur

Kurangnya lahan untuk pembangunan rumah di perkotaan, membuat banyak orang secara tidak sadar membangun hunian di atas tanah yang subur.

Pemilihan tanah yang subur sebagai pilihan tempat tinggal mungkin menjadi pilihan terbaik, sebab akan memudahkan anda untuk mendapatkan sumber air yang berlimpah sehingga tidak takut akan kekeringan dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun begitu, membangun hunian di atas tanah subur juga memberikan kerugian lain, misalnya saja timbulnya serangga yang sudah nyaman tinggal di tempat tersebut namun harus terusir karena adanya pembukaan lahan untuk pemukiman.

Salah satunya adalah kemunculan rayap di tembok yang mencari tempat tinggal baru di atas hunian dari tempat yang mereka huni sebelumnya.

Solusi Rayap di Tembok

Solusi Rayap di Tembok

Kehadiran rayap di tembok tentunya akan membuat anda mencari cara baru untuk membesihkannya sehingga tidak menghabiskan bagian rumah atau furniture yang terbuat dari kayu.

Apabila meggunakan obat serangga, tumbuhan alami, serta alat khusus tidak mampu untuk membasmi rayap di tembok, maka anda mungkin melakukan perombakan kecil di rumah anda agar hunian anda bisa lebih nyaman ditempati tanpa gangguan rayap.

Karenanya berikut beberapa solusi yang bisa diberikan dalam mengatasi rayap di tembok dengan mudah dan cepat.

Tambah Ventilasi Rumah

Salah satu penyebab dari timbulnya rayap di tembok adalah suhu ruangan di rumah yang lembab, sebab serangga ini menyukai suhu ruangan yang stabil dalam jangka waktu lama.

Suhu udara yang lembab di rumah ini bisa disebabkan dari adanya jumlah ventilasi yang kurang di rumah anda, apalagi jika anda tinggal di dataran tinggi yang memiliki suhu udara yang relatif dingin sehingga menyebabkan ruangan menjadi lebih lembab.

Guna menghilangkan kelembaban di dalam rumah sekaligus mengurangi potensi timbulnya rayap di tembok, maka ada baiknya untuk menambah beberapa ventilasi di area rumah yang strategis.

Anda juga bisa menambah ventilasi udara di dekat lemari penyimpanan untuk mengurangi kelembaban dan potensi tumbuhnya rayap di tembok.

Agar ventilasi udara tetap aman dan nyaman digunakan untuk jangka waktu lama, maka ada baiknya untuk memberikan perlindungan tambahan agar air hujan tidak mudah tempias masuk ke dalam rumah yang meningkatkan kelembaban rumah.

Selain itu, pasang juga teralis di area ventilasi rumah agar hunian anda tidak mudah dimasuki oleh pencuri, lakukan juga konsultasi dengan tukang renovasi rumah mengenai lokasi pemasangan ventilasi yang sesuai agar tetap aman.

Membuat Langit Rumah yang Tinggi

Pada proses pembangunan rumah, anda biasanya akan melakukan konsultasi dengan mandor dan kontraktor rumah mengenai desain hunian yang diinginkan.

Ada baiknya untuk membuat langit rumah yang tinggi untuk memberikan keuntungan berlebih bagi rumah anda, salah satunya adalah menghindari udara yang lembab yang menjadi penyebab timbulnya rayap di tembok.

Tidak hanya itu, penggunaan langit rumah yang tinggi juga menguntungkan bagi anda, sebab anda akan mendapatkan keleluasaan dalam memilih jenis lemari yang tinggi sehingga memudahkan penyimpanan.

Pilih Jenis Kayu yang Baik

Banyak orang yang beranggapan bahwa menambahkan furniture atau bahan material dari bahan kayu akan memberikan banyak kerugian sebab akan mudah dimakan oleh rayap.

Meskipun begitu, tidak semua jenis kayu disukai oleh rayap, ada juga beberapa jenis kayu yang dihindari oleh serangga ini karena memiliki bahan yang keras serta bau yang menyengat, sehingga membuat rayap enggan untuk menghabiskannya.

Beberapa jenis kayu yang kurang disukai oleh rayap adalah kayu ulin, kayu merbau, kayu mahoni, serta sengon yang banyak digunakan sebagai pondasi rumah atau bahan utama furnitur rumah.

Sehingga sebelum memilih furniture yang diinginkan, ada baiknya untuk memilih mebel dengan bahan kayu tersebut agar bisa bertahan lama dan terhindar dari serangan rayap, selain memilih furniture berdasarkan keuntungan dan desain yang dimiliki.

Anda juga bisa memberikan perlindungan tambahan bagi mebel anda dengan menggunakan pelapis khusus yang dioleskan secara rutin dalam jangka waktu tertentu untuk melindungi dari serangan rayap.

Penggunaan berbagai bahan alami juga membantu untuk mengusir rayap secara natural dan tidak merusak kesehatan akibat bau dari obat serangga serta cat pelapis yang digunakan untuk pengusiran rayap.

Perbaiki Talang Air 

Talang air memiliki fungsi untuk mengalirkan air hujan dari genteng ke saluran pembuangan dengan aman sehingga tidak merusak bagian rumah lainnya.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, talang air mungkin mengalami kerusakan karena cuaca yang berubah dengan ekstrim sehingga menyebabkan bahan utama talang air mudah bocor karena pelapis yang mulai mengelupas.

Apabila kerusakan talang air dibiarkan dalam waktu lama, maka akan menyebabkan kerugian bagi pemilik rumah, salah satunya adanya menjadi penyebab genteng bocor serta timbulnya rayap di tembok karena kelembaban yang ditimbulkan.

Karenanya anda perlu memperbaiki talang air sesegera mungkin untuk menghindari kerusakan yang semakin parah dan tentunya merugikan penghuni rumah.

Pertama, anda bisa melapisi talang air yang rusak dengan cat pelapis atau bahan khusus yang mudah digunakan sehingga bisa mudah dilakukan oleh pemula.

Pastikan untuk melakukan perbaikan pada cuaca yang panas dan melakukan pembersihan terlebih dahulu agar lapisan pelindung bisa merekat dengan kuat.

Cat pelapis atau bahan khusus ini bisa anda beli dengan mudah dengan harga terjangkau di toko bahan bangunan sehingga tidak menghabiskan banyak biaya.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memantau keamanan talang air adalah memastikan tidak adanya sampah di area tersebut yang menjadi penyebab kebocoran karena aliran air yang terhambat yang menyebabkan kerusakan pada lapisan atau talang air.

Apabila berbagai macam perbaikan sudah dilakukan namun anda belum mendapatkan hasil yang diinginkan, maka ada baiknya untuk mengganti talang air dengan bahan baru agar tidak mudah rusak dan bisa bertahan dalam jangak waktu lama.

Bersihkan Rumah Secara Rutin

Rumah yang bersih tidak hanya membuat nyaman penggunanya, namun juga dapat menghindari dari berbagai gangguan hewan yang muncul di dalam rumah.

Salah satunya adalah serangan rayap yang menyukai suhu ruangan yang stabil serta ruangan yang kotor, sehingga mereka bisa berkembang biak dan menghabiskan bahan rumah serta mebel yang terbuat dari kayu dengan cepat.

Proses pembesihan rumah bisa dilakukan secara bertahap dan menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pertama, anda bisa memilih dan memilah barang-barang yang sudah tidak digunakan untuk kemudian dipertimbagkan untuk dibuang atau digunakan kembali agar barang-barang pribadi anda tidak menumpuk terlalu banyak.

Banyaknya barang pribadi yang ditimbun terlalu lama akan menyebabkan suhu ruangan menjadi lembab dan menjadi sarang tumbuhnya rayap di tembok.

Setelah itu, anda bisa melanjutkan denagn membersihkan bagian rumah yang tidak tersentuh untuk mengurangi kelembahan rumah serta melakukan pembersihan bagian rumah yang merata.

Pada proses pembersihan ini, anda bisa melakukannya secara mandiri atau menggunakan jasa pembersihan rumah secara profesional untuk melakukan kegiatan membersihkan rumah dengan efektif. 

Lapisi dengan Cairan Anti Serangga

Meskipun anda menggunakan furnitur atau bahan bangunan yang tidak disukai oleh rayap, namun anda perlu melapisinya dengan cairan anti serangga agar bisa bertahan lebih lama.

Cairan ini akan memberikan perlindungan terhadap serangan rayap sehingga memberikan perlindungan bagi rumah anda.

Ada baiknya untuk memberikan pelapisan secara rutin agar terlindungi dalam jangka waktu lama tanpa perlu merasa takut akan adanya serangan rayap.

Anda juga bisa menggunakan cara tradisional dengan menggunakan bahan masakan khusus yang memberikan bau yang menyengat sehingga kurang disukai oleh rayap.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *