Genteng Metal Adalah : Pengertian, Jenis, dan Perawatannya

Genteng Metal Adalah : Pengertian, Jenis, dan Perawatannya

Genteng metal mungkin menjadi salah stau pelindung atap yang jarang digunakan di pembangunan rumah, sebab mereka lebih sering dipasang di bangunan gedung besar seperti pergudangan, perkantoran, atau pabrik yang membutuhkan ukuran atap yang besar.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk menggunakan jenis genteng ini karena kekuatan yang dimiliki dari berbagai cuaca, variasi warna yang beragam, serta keawetannya sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu lama hingga puluhan tahun.

Hal ini tentunya menjadi alasan yang menggiurkan bagi anda untuk menggunakannya guna mendapatkan kenyamanan dan keamanan bagi anda dan pemilik rumah lainnya.

Namun, sebelum itu kenali dulu kelebihan dan kekurangan genteng metal serta jenis-jenisnya sebelum menggunakannya di rumah anda.

Genteng Metal Adalah

Genteng Metal Adalah

Genteng metal adalah salah satu jenis pelapis atap rumah yang terbuat dari metal, jenis genteng ini jarang digunakan sebab biasa ditemukan di bangunan besar seperti pergudangan, pabrik, atau perkantoran, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan di hunian rumah.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis genteng lainnya, didukung dengan keawetan yang bisa bertahan bertahun-tahun sehingga membuat anda tidak perlu menggantinya dalam jangka waktu tertentu secara rutin.

Sehingga tidak mengherankan apabila genteng metal menjadi primadona di kalangan banyak orang berkat kekuatan dan keawetan yang dimiliki.

Selain itu, genteng metal juga bisa menjadi pengganti jenis atap lain seperti genteng tanah liat atau keramik, sehingga anda tidak perlu melakukan perawatan secara rutin yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Tidak hanya itu, genteng metal juga memiliki jenis yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan beserta kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal

Saat melakukan survey genteng di toko bahan bangunan atau supermarket bahan material, mungkin anda akan menemukan genteng metal dan tertarik untuk membelinya berkat kekuatan dan keawetan yang dimiliki.

Meskipun begitu, sebelum membelinya ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan genteng metal yang dimiliki sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah anda.

Bobot yang Ringan

Saat mendengar mengenai genteng metal, mungkin anda membayangkan atap rumah yang berat sehingga sulit untuk dipindahkan oleh tukang sehingga membutuhkan alat khusus untuk memindahkanya.

Kenyataannya genteng metal menjadi salah satu jenis atap yang ringan dan mudah dipindah oleh tukang sehingga tidak membutuhkan bantuan alat sekalipun meskipun terbuat dari metal.

Hal ini dikarenakan beberapa jenis genteng metal terbuat dari campuran bahan tertentu, sehingga hasilnya tidak terlalu berat sehingga mudah untuk dipasang oleh tukang.

Di sisi lain, genteng metal yang ringan juga menguntungkan bagi pemilik rumah, sebab menghindari mereka dari kecelakaan saat terjadi gempa.

Sebab kerangka atap rumah masih bisa menahan genteng metal saat gempa terjadi sehingga memberikan perlindungan bagi pemilik rumah dan cocok digunakan untuk hunian di daerah rawan gempa.

Bobot genteng metal yang ringan juga berbeda dengan jenis genteng beton dan keramik yang mudah patah akibat guncangan tertentu, sehingga membahayakan bagi pemilik rumah apabila terjadi bencana gempa bumi.

Anti Rayap

Salah satu ketakutan yang dialami bagi pemilik rumah adalah serangan rayap, dimana jenis serangga ini biasanya memakan bahan bangunan atau furnitur yang memiliki bahan kayu dengan cepat tanpa diketahui oleh pemilik rumah, sehingga apabila anda tidak memberikan perlindungan khusus maka akan merusak hunian anda.

Kekhawatiran ini juga bisa terjadi apabila anda menggunakan jenis rangka rumah dari bahan kayu, dimana tanpa disadari serangan rayap bisa datang dan menghancurkan pondasi atap rumah sehingga menyebabkan bagian tersebut jatuh tanpa dirasakan sebelumnya.

Namun, masalah tersebut tidak akan terjadi apabila anda menggunakan perpaduan rangka rumah dari besi serta genteng metal, dimana rayap tidak bisa menikmatinya sehingga memberikan perlindungan bagi rumah anda, meskipun anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli jenis rangka dan genteng yang berkualitas agar bisa betahan dalam jangka waktu lama.

Keuntungan lainnya dari menggunakan rangka atap rumah dari besi serta genteng metal adalah anda tidak perlu melakukan perawatan khusus secara berulang-ulang, sehingga lebih menghemat waktu, uang, dan tenaga yang diperlukan untuk merawat bagian rumah tersebut.

Anti Karat

Salah satu keraguan dari menggunakan genteng metal adalah timbulnya karat yang muncul setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Pengkaratan ini bisa muncul akibat cuaca yang berubah secara ekstrem, sehingga bagian lapisan luar atap harus menghadapi terpaan sinar matahari dan air hujan dalam jangka waktu lama.

Meskipun begitu, anda tidak perlu ragu apabila menggunakan genteng metal, sebab mereka dilapisi lapisan khusus yang anti karat, sehingga anti karat meskipun diterpa oleh berbagai cuaca panas dan hujan dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, genteng metal juga terbuat dari berbagai bahan lainnya, sehingga memungkinkan mereka untuk mengurangi resiko pengkaratan yang timbul akibat menggunakan genteng metal.

Selain itu, beberapa jenis genteng metal juga dibentuk pada oven dengan panas yang tinggi, sehingga memberikan efek berupa ketahanan genteng yang lebih baik dibandingkan jenis lain yang menggunakan bahan yang serupa.

Pembakaran genteng metal menggunakan oven dengan suhu tinggi juga memberikan keuntungan pada warna yang awet dan tahan lama, sehingga rumah anda masih terlihat baru meskipun digunakan dalam jangka waktu tertentu serta memberikan perlindungan pada anti karat.

Mudah Dipasang

Meskipun genteng metal terbuat dari bahan besi yang cenderung berat, namun anda tidak perlu ragu akan pemasangan atap tersebut.

Hal ini dikarenakan genteng metal mudah dipasang karena bobotnya yang lebih ringan dibandingkan jenis atap lain yang menggunakan bahan yang sama, sehingga tukang bangunan bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan alat khusus.

Tidak hanya itu, ukuran genteng metal yang cenderung lebar juga menguntungkan dalam pemasangan atap rumah, sebab tukang tidak perlu memasang satu persatu sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga, sehingga lebih cepat diselesaikan.

Selain itu, atap yang lebar juga menguntungkan untuk menjangkau berbagai sudut rumah sehingga menghindari dari kebocoran yang merugikan penghuni rumah di musim hujan.

Tukang juga hanya perlu memasangnya dengan menautkan tuas dengan bagian atap tertentu sehingga pemasangan akan lebih rapat.

Genteng metal yang termausk ringan juga mudah dipadukan dengan rangka rumah sehingga bisa terpasang dengan cepat dan mudah.

Genteng Metal dapat Meredam Suara

Salah satu kekurangan yang menjadi pertimbangan saat membeli jenis genteng dari bahan metal adalah mereka tidak dapat meredam suara, sehingga akan menimbulkan suara berisik saat hujan lebat atau angin besar datang dan membuat penghuni rumah kurang merasa nyaman terhadap suara tersebut.

Namun, masalah ini tidak anda temukan di genteng metal. sebab mereka menggunakan lapisan khusus yang dapat meredam suara yang tentunya akan menguntungkan bagi pemilik rumah karena terhindar dari suara bising saat hujan datang.

Hal ini tentunya tidak anda temukan di jenis genteng dengan bahan metal lainnya, dimana mereka mudah berisik apabila terkena hujan yang lebat.

Adanya peredam suara ini juga dapat membantu anda untuk menikmati suasana hujan, sehingga alih-alih merasa terganggu namun anda malah merasa tenang dengan suara hujan yang turun sehingga lebih mudah istirahat dengan tenang.

Sayangnya, jenis genteng metal yang dapat meredam suara hanya bisa anda temukan di jenis genteng metal pasir, namun tidak dapat diaplikasikan di jenis genten metal lainnya.

Warna yang Beragam

Perkembangan desain modern yang semakin cepat, membuat banyak pemilik rumah menginginkan tampilan yang estetik di rumah yang dimiliki, salah satunya adalah dengan menggunakan genteng yang berwarna agar selaras dengan warna dinding yang dimiliki.

Untungnya, anda juga bisa memilih dan menggunakan warna genteng metal yang beragam, sehingga anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Penambahan warna pada genteng metal juga memiliki fungsi tambahan, yakni memberikan kekuatan lebih pada atap ini sehingga lebih kuat dibandingingkan jenis genteng metal lainnya.

Meskipun begitu, warna genteng metal yang tersedia mungkin berbeda pada toko bahan bangunan atau supermarket bahan material yang dikunjungi, sehingga ada baiknya untuk melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui ketersediannya serta menghubungi suplier genteng metal untuk mendapatkan warna yang diinginkan dalam jumlah tertentu.

Cara ini tentunya akan memudahkan dan menghemat waktu anda agar tidak perlu melakukan survey dari satu tempat ke tempat lain yang juga menghabiskan banyak dana dan tenaga.

Genteng Metal Mudah Tertekan

Meskipun genteng metal terbuat dari bahan besi, namun mereka memiliki kekurangan yang perlu anda waspadai saat membawa atau memasangnya, yakni mereka mudah tertekan apabila terkena beban berat tertentu.

Hal ini bisa terjadi sebab genteng metal terbuat dari berbagai bahan tambahan, sehingga mengurangi kekuatan mereka dari tekanan beban berat tertentu.

Tekanan beban berat pada genteng metal dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan lubang, sehingga merugikan pemilik rumah sebab akan terjadi kebocoran.

Apabila kebocoran ini terjadi, maka akan menyulitkan bagi anda untuk menutupinya, bahkan anda perlu menggantinya dengan genteng metal baru yang tentunya akan memakan banyak biaya.

Selain itu, adanya beban berat pada genteng metal juga akan menyebabkan mereka menjadi penyok sehingga tidak mudha untuk diluruskan kembali dan tentunya akan menyulitkan anda untuk memasangnya di rangka rumah.

Sehingga penting bagi anda untuk berhati-hati dalam membawa dan memasang genteng metal agar tidak mudah berlubang setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Genteng Metal Mudah Luntur

Penambahan warna pada genteng metal akan menambah estetika hunian anda sehingga terlihat lebih cantik serta sesuai dengan gaya hunian kekinian.

Sayangnya genteng metal yang telah digunakan dalam jangka waktu lama juga memiliki resiko pelunturan warna sebab terkena cahaya matahari dan hujan secara terus menerus.

Meskipun begitu, tidak semua jenis genteng metal akan mengalami pelunturan warna, sehingga anda perlu memilih salah satu jenis atap yang terbaik yang dapat dipasang di rumah anda.

Namun, apabila anda hendak memperbarui warna genteng metal, maka anda mungkin bisa melakukan pewarnaan ulang, meskipun kegiatan ini akan menghabiskan banyak dana yang tidak sedikit namun dapat menambah estetika rumah karena terlihat lebih segar dibandingkan sebelumnya.

Genteng Metal Mudah Terasa Panas

Tinggal di negara tropis, membuat anda harus berkompromosi dengan cuaca panas sepanjang tahun, sehingga anda perlu memilih jenis genteng yang dapat meredam panas agar rumah anda terasa lebih sejuk.

Sayangnya peredam panas ini tidak anda temukan pada berbagai jenis genteng metal, sebab mereka memiliki sifat yang dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga akan membuat anda terasa panas apabila menggunakannya dalam jangka waktu lama di cuaca panas.

Sebagai solusinya, anda masih bisa menggunakan genteng metal untuk ruangan tertentu yang memerlukan cuaca panas yang cukup, misalnya ruangan laundry yang membutuhkan panas matahari agar baju basah anda cepat kering sehingga mempercepat pekerjaan rumah tangga.

Anda juga bisa mengatasi cuaca panas akibat genteng metal dengan menggunakan Air Condtioner atau kipas untuk meredam panas yang berlebihan atau menggunakan insulasi panas agar panas yang masuk tidak terlalu tinggi.

Jenis-jenis Genteng Metal

Jenis-jenis Genteng Metal

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan genteng metal yang dimiliki, anda mungkin semakin tertarik untuk menggunakan jenis pelindung atap rumah ini.

Namun, sama seperti jenis atap lainnya, genteng metal memiliki berbagai macam pilihan yang bisa anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan pembangunan rumah yang dibutuhkan.

Karenanya berikut berbagai jenis genteng metal yang bisa anda gunakan untuk melindungi rumah anda dengan aman.

Genteng Metal Tembaga

Genteng metal tembaga menjadi salah satu jenis atap yang memiliki harga paling tinggi dibandingkan jenis atap lainnya, hal ini dikarenakan bahan tembaga yang sudah mahal sehingga anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkannya.

Meskipun harga genteng metal tembaga lebih mahal, namun anda mendapatkan perlindungan yang lebih dari jenis atap tersebut.

Tidak hanya itu, genteng metal tembaga juga memiliki bentuk yang cantik, sehingga dapat mempercantik estetika hunian anda.

Meskipun genteng metal tembaga terbuat dari bahan yang berat dan mahal, namun mereka memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah dipasang oleh tukang tanpa bantuan alat tertentu.

Genteng metal tembaga juga terkenal dapat menghemat energi, sebab mereka dapat mengurangi panas dan dingin dari luar, sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya listrik untuk menyalakan pendingin ruangan dalam jangka waktu.

Bahan hemat energi yang digunakan pada genteng metal tembaga juga dapat mengurangi udara panas dari luar rumah, sehingga ruangan anda tetap terasa dingin tanpa bantuan pendingin ruangan.

Genteng Metal Beton

Genteng metal beton juga menjadi jenis pelapis atap rumah yang banyak digunakan di berbagai bangunan besar.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki perlindungan yang kuat dari perubahan cuaca sebab dapat menyerap air dengan cepat, meskipun begitu mereka memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan jenis genteng lainnya, sehingga anda mungkin membutuhkan alat bantu untuk memindahkan dan memasangkannya dengan aman.

Salah satu keunggulan lainnya yang dapat ditemukan pada genteng metal beton adalah mereka dapat bertahan puluhan tahun, sehingga lebih menghemat pengeluaran anda karena tidak perlu melakukan perawatan secara rutin untuk mempertahankan kekuatan atap rumah.

Namun, apabila anda ingin mempertahankan warna genteng metal, maka anda bisa mengaplikasikan warna tertentu secara rutin untuk mendapatkan pilihan warna yang diinginkan serta mempercantik estetika rumah anda.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, anda perlu merogoh biaya pembelian yang lebih besar untuk mendapatkan genteng metal beton yang diinginkan.

Selain memilih genteng metal terbaik untuk pelindungan rumah, penting juga untuk menggunakan tukang terbaik untuk pembangunan rumah yang sesuai keinginan, hubungi Dandanoma http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran pembangunan rumah yang menarik dan berkualitas.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *