5 Bagian Rumah Rentan Bocor dan Cara Mengatasinya

5 Bagian Rumah Rentan Bocor dan Cara Mengatasinya

Rumah rentan bocor biasanya terjadi pada hunian yang telah dibangun dalam waktu lama, hal ini terjadi karena paparan langsung dengan sinar matahari dan cuaca yang berubah sehingga menyebabkan rumah rentan terhadap kebocoran.

Di sisi lain, bagian rumah ini juga tidak pernah mengalami pemeriksaan sebelumnya, sehingga rentan terhadap kebocoran yang tidak disadari dan baru terlihat setelah memasuki musim tertentu.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, penting bagi anda untuk mengetahui bagian rumah rentan bocor untuk melakukan antisipasi sebelumnya.

atap rumah rentan bocor

Atap Rumah

Atap rumah menjadi salah satu bagain yang rentan terhadap kebocoran, sebab mereka berperan sebagai pelindung yang melindungi dari panas dan hujan secara langsung, sehingga rentan terhadap kebocoran.

Alasan lainnya mengapa atap rumah menjadi bagian rumah rentan bocor adalah bahan yang digunakan kurang baik, sehingga tidak bisa menampung paparan sinar matahari dan air hujan dalam jangka waktu lama, sehingga anda akan menemukan kerusakan yang merugikan penghuni rumah.

Beberapa masalah yang biasa dihadapi dari atap rumah adalah rembesan air yang masuk ke sela-sela rumah, sehingga apabila dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan plafon rumah berjamur atau kebocoran atap rumah.

Di sisi lain, atap rumah yang kurang kuat juga mudah terbawa apabila terkena angin kencang, sehingga bagian rumah akan mengalami kebocoran apabila terkena hujan.

Guna mengatasi masalah tersebut, anda bisa melakukan antisipasi terlebih dahulu dengan melakukan pengawasan atap rumah untuk memastikan kualitas genteng tetap baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Namun, apabila anda menemukan kerusakan di bagian atap rumah, maka anda bisa memperbaikinya dengan melakukan penambalan menggunakan bahan tertentu yang mudah digunakan secara mandiri atau bantuan tukang renovasi rumah.

Pada jenis atap rumah tertentu, anda mungkin perlu melakukan perawatan khusus karena memiliki bahan yang berbeda dari genteng lain, saat menemukan masalah ini maka ada baiknya untuk menghubungi tukang yang memasang atap rumah anda untuk membantu melakukan perbaikan.

dak beton

Dak Beton 

Keterbatasan lahan untuk membangun rumah terkadang membuat seseorang menjadi lebih kreatif untuk meningkatkan tinggi rumah guna menambah ruangan baru di bagian atas rumah.

Apabila anda memiliki keinginan untuk membangun lantai kedua, maka anda juga perlu memasang dak beton sebagai pembatas bagian atas bawah sehingga bisa memulai pembangunan rumah.

Penggunaan dak beton kerap kali digunakan karena kelebihan yang dimilikinya, misalnya memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan bahan lainnya, selain itu hasil dari dak beton juga cukup halus sehingga memiliki kualitas lantai kedua yang baik.

Tidak hanya itu, pembangunan dak beton juga lebih cepat sehingga tidak memakan banyak waktu dan menghemat pengeluaran dalam membayar tukang untuk membangun rumah.

Durasi pengerjaan dak beton yang singkat juga membantu untuk menghindari dar adanya resiko hujan yang turun saat pengerjaan datang.

Selain itu, dengan kekuatan dak beton yang dimiliki, mereka juga memiliki harga yang lebih murah, sehingga lebih menghemat biaya pembangunan dibandingkan menggunakan jenis dak lainnya.

Apabila bagian dak beton belum memiliki rencana untuk dibangun kamar tambahan, maka anda bisa membersihkannya dengan mudah menggunakan sapu, sehingga bagian tersebut tidak terlihat kotor.

Meskipun begitu, bagian dak beton juga memiliki kekurangan yang perlu anda waspadai guna melakukan pencegahan serta perbaikan yang dibutuhkan.

Salah satunya adalah potensi kebocoran dak beton apabila pengerjaan tidak dilakukan dengan sempurna, sehingga memicu perembesan yang merugikan penghuni rumah serta merusak estetika plafon apabila terjadi penjamuran.

Selain itu, bagian dak beton yang menghadap langsung ke bagian luar rumah, juga memiliki potensi untuk mengalami kelembaban, sehingga mudah ditumbuhi lumut apabila tidak dibersihkan dengan rutin.

Sehngga guna menghindari rumah rentan bocor akibat dak beton, maka penting bagi anda untuk memilih tukang terbaik yang dapat membangun bagian tersebut dengan sempurna.

Tidak hanya itu, memiliki penghitungan yang tepat juga akan membantu untuk mendapatkan pengukuran dak beton yang sesuai keinginan sehingga mencegah rumah rentan bocor di waktu yang akan datang.

talang air

Talang Air 

Air hujan yang jatuh ke atap tentunya perlu dialirkan dengan baik sehingga mencegah kemunculan lumur serta pelapukan atap rumah yang menjadi penyebab atap rumah bocor.

Sehingga guna mempercepat aliran air untuk turun ke saluran pembuangan maka talang air memiliki tugas tersebut untuk mengalirkan air dengan cepat.

Talang air biasanya dipasang di antara bagian atap rumah kemudian terdapat saluran di ujung atap sebagai tempat aliran air.

Tidak hanya itu, talang air juga memiliki fungsi untuk melindungi rumah dari kelembaban akibat hujan deras, serta meningkatkan tampilan rumah untuk jangka waktu lama.

Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari talang air, anda perlu melakukan berbagai pertimbangan sebelum memilih saluran air terbaik.

Pertama adalah memilih jenis talang air yang sesuai bagi rumah anda, pertimbangkan ukuran yang dibutuhkan serta dana yang dimiliki, sehingga anda tetap bisa menghemat pengeluaran dalam proses pembangunan rumah.

Setelah itu, baru anda bisa memilih bahan talang air yang tahan lama untuk digunakan dalam jangka waktu lama, biasanya jenis PVC, logam, atau beton banyak dipilih karena awet digunakan meskipun semuanya memliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada jenis talang air plastik, mereka memiliki harga yang lebih murah serta ringan sehingga lebih mudah dipasang, namun mereka tidak mempunyai kualitas yang tahan lama, sehingga anda mungkin perlu menggantinya dalam jangka waktu tertentu.

Berbeda dengan talang air dari beton atau logam yang memiliki harga yang lebih lama namun memiliki jaminan kekuatan serta ketahanan yang lebih lama, namun pada proses pemasangannya anda perlu melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi kebocoran.

Dalam proses pemilihan talang air, penting juga untuk memilih desain yang sesuai kebutuhan dan tidak hanya mengikuti keinginan untuk memiliki desain hunian yang estetik.

Setelah mendapatkan jenis bahan talang air yang dibutuhkan sesuai dengan budget yang dimiliki, maka ada baiknya untuk menghindari kesalahan dalam memilih talang air.

Misalnya saja ukuran yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air yang besar sehingga berpotensi terjadi kebocoran di talang air, selain itu pastikan juga untuk melakukan perbaikan apabila terlihat kerusakan yang kecil sehingga tidak merambah ke kerusakan lainnya yang menyebabkan rumah rentan bocor.

siku dinding

Siku Dinding

Rumah yang besar biasanya memiliki sudut tertentu yang memisahkan satu bagian dengan lainnya, dimana ia biasa disebut siku dinding.

Bagian ini tidak hanya berguna untuk memisahkan bagian satu dengan lainnya namun sebagai pertemuan dinding rumah untuk ruangan yang berbeda.

Namun, sama seperti bagian rumah lainnya, siku dinding juga memiliki resiko rumah rentan bocor, sebab terkadang aliran air bisa melewati bagian tersebut, sehingga apabila tidak dilindungi akan menyebabkan kebocoran dinding rumah serta penjamuran yang mengurangi estetika hunian anda.

Guna mencegah masalah tersebut maka penting bagi anda untuk memberikan lapisan di bagian tersebut guna mengurangi resiko kebocoran siku dinding.

kamar mandi

Kamar Mandi

Bagian kamar mandi memang jarang mengalami kebocoran karena berada di tempat tertutup dan terhimpit dengan ruangan lain.

Namun, apabila anda memiliki rumah dua lantai, maka bagian kamar mandi akan rentan mengalami kebocoran jika terdapat kamar atau ruang tambahan di bagian atas.

Tidak hanya itu, berbagai masalah kebocoran di kamar mandi juga bisa muncul dan merambah di bagian lain, sehingga anda perlu menyelesaikannya dengan solusi yang tepat.

Berikut beberapa masalah yang kebocoran yang kerap muncul di kamar mandi serta solusi untuk menghindari rumah rentan bocor.

Atap Kamar Mandi

Sebuah rumah yang memiliki dua lantai memiliki potensi untuk mengalami kebocoran atap rumah di bagian bawah, sebab adanya rembesan di lantai dua yang memengaruhi lantai bawahnya.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda perlu melakukan berbagai perawatan dan pencegahan agar kebocoran tidak kembali muncul.

Langkah antisipasi pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan semen khusus sebelum melakukan pemasangan keramik di ruangan atau kamar mandi lantai dua untuk mencegah kebocoran atau rembesan.

Pastikan juga untuk melakukan pembersihan area terlebih dahulu agar semen yang digunakan bisa terpasang dengan sempurna.

Namun, apabila kebocoran atau rembesan sudah terlanjur terjadi maka anda bisa melakukan penanggulangan dan pencegahan dengan cara berikut : 

Pertama adalah membongkar bagian atas kamar mandi yang mengalami kebocoran, pada kegiatan ini, anda juga perlu mengubah beberapa bagian keramik, lakukan dengan hati-hati agar keramik tidak mudah pecah yang menyebabkan anda perlu membeli keramik baru yang mengeluarkan banyak biaya.

Kemudian setelah pembongkaran dilakukan, maka anda perlu melakukan pembersihan terlebih dahulu agar lapisan waterproof yang akan dioleskan bisa menempel dengan sempurna serta memiliki permukaan yang rata.

Gunakan cat waterproof yang khusus dan cocok digunakan untuk area kamar mandi untuk memberikan perlindungan yang ekstra bagi rumah anda.

Dinding Kamar Mandi

Dinding kamar mandi biasanya dipasang dengan keramik dengan corak tertentu dibandingkan dilukis dengan warna cat dinding yang beragam.

Pemasangan keramik di kamar mandi ini dilakukan untuk menambah estetika kamar mandi serta memberikan rasa dingin di bagian tersebut.

Di samping itu, pemasangan dinding kamar mandi menggunakan keramik juga akan membantu untuk menghindari adanya kebocoran dinding rumah.

Namun, meskipun pemasangan keramik dilakukan untuk menambah estetika hunian, anda tidak bisa menghindari adanya rembesan dinding kamar mandi, dimana masalah ini bisa terjadi apabila posisi kamar mandi anda dekat dengan bagian luar dinding, sehingga memiliki potensi adanya rembesan atau kebocoran dinding karena diterpa air hujan.

Apabila masalah ini sudha terlanjur terjadi di dinding kamar mandi anda, maka beberapa pencegahan berikut bisa anda lakukan : 

Pertama adalah bersihkan dulu bagian dinding keramik untuk melihat apakah terdapat masalah di bagian tersebut, kikis bagian nat di area tersebut untuk memudahkan melihat masalah di dinding kemudian keringkan untuk menambah dengan nat baru dan diamkan sementara sampai mengeras.

Kedua apabila bagian dinding keramik dekat dengan keran atau bak mandi, maka kikis bagian yang lama dengan bahan baru, penggunaan dempul silikon bisa menjadi pilihan terbaik sebab mereka lebih fleksibel dan tidak mudah mengembang sata terjadi kontraksi.

Bak Kamar Mandi 

Sebagian besar kamar mandi di Indonesia masih menggunakan bak kamar mandi untuk menampung air sebelum digunakan, penggunaan bak ini biasa dilakukan apabila daerah rumah anda termasuk kesulitan atau kekeringan air bersih, sehingga anda perlu menampungnya agar bisa digunakan dalam waktu lama.

Namun, penggunaan bahan bak kamar mandi yang kurang tepat dan kuat akan menyebabkan kebocoran, apalagi jika bak anda terus menampung air dalam waktu lama, sehingga potensi kebocoran semakin besar.

Masalah ini memang tidak terlalu merugikan penghuni rumah, namun apabila bak kamar mandi anda terus menerus kosong padahal sudah diisi, tentunya akan menyulitkan jika hendak melakukan kegiatan membersihkan diri.

Sehingga penting bagi anda untuk mengatasi masalah ini dengan berbagai solusi yang mudah dilakukan di rumah.

Pertama adalah dengan melakukan penambalan menggunakan lem khusus yang bisa anda temukan dengan mudah di toko bahan bangunan dengan harga murah.

Sesuaikan pelapis atau lem tersebut dengan bahan bak kamar mandi yang dimiliki, sehingga memberikan ketahanan dalam waktu lama.

Kemudian deteksi kebocoran, dimana anda bisa menggunakan senter atau meraba bagian bak kamar mandi untuk mengetahui bagian yang mengalami kebocoran.

Apabila sudah menemukan bagian yang memiliki potensi sebagai sumber kebocoran, kuras dulu bak mandi dengan mengeluarkan airnya dan pastikan bagian tersebut benar-benar kering sebelum melakukan penambalan.

Bongkar bagian semen yang menghubungkan bak dengan lantai kamar mandi sebelum anda memasnagnya kembali dengan semen baru.

Pasang juga pelapis anti bocor di bagian bak kamar mandi guna mencegah kebocoran di masa yang akan datang, jika sudah selesai maka biarkan bagian tersebut mengering dan bersihkan bagian di sekitarnya sebelum mengisinya dengan air baru.

Amati bagian yang mengalami kebocoran saat mengisi air guna memastikan penambalan sudah dilakukan dengan sempurna.

Cara Mencegah Kamar Mandi Bocor

Area yang lembab dan terhimpit dengan ruangan lain menjadikan kamar mandi salah satu bagian rumah rentan bocor.

Sehingga guna menghindari masalah tersebut, anda perlu melakukan pencegahan kamar mandi bocor.

Berikut beberapa cara yang bisa dlakukan untuk mencegah kamar mandi bocor untuk menghindari kerusakan di masa yang akan datang.

Pertama adalah memprioritaskan menggunakan konstruksi kedap air di kamar mandi, misalnya di bagian pondasi, lantai, dan dinding, menggunakan bahan yang kedap air dengan rasio perhitungan yang tepat.

Hal ini juga bisa anda terapkan di bagian dak beton apabila anda hendak membangun lantai dua, sehingga tidak terjadi perembesan di atap kamar mandi.

Lakukan pengerjaan dak beton dengan hati-hati dan sempurna guna mencegah adanya kebocoran yang akan menyulitkan untuk diperbaiki dan pembongkaran.

Kedua adalah menggunakan cat pelapis anti bocor atau rembes di area dinding, lantai, atau bak kamar mandi untuk mencegah kebocoran.

Pastikan juga untuk memasang keramik dengan tepat guna mengurangi resiko kebocoran, lapisi juga bagian yang akan dipasangi keramik dengan pelapis khusus untuk memberikan perlindungan ganda.

Lakukan pelapisan di bagian-bagian tertentu yang rawan akan kebocoran secara berulang agar hasilnya lebih sempurna.

Apalagi jika anda hendak membangun kamar mandi di lantai dua, maka ada baiknya untuk melakukan kegiatan tersebut secara berulang untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

Guna menyempurnakan kemampuan untuk mencegah perembesan, maka anda bisa mengecatnya dengan cat pelapis anti bocor atau keramik yang juga berfungsi untuk meningkatkan estetika kamar mandi.

Memiliki perlindungan untuk rumah rentan bocor tentunya menjadi keinginan semua orang, karenanya konsultasikan masalah anda dengan ahlinya di Dandan Express dengan menghubungi http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *