Konsep Rumah Minimalis yang Perlu Kamu Ketahui

Konsep Rumah Minimalis yang Perlu Kamu Ketahui

Rumah minimalis menjadi salah satu pilihan hunian yang banyak digunakan akhir-akhir ini, sebab desain hunian ini cocok bagi daerah perkotaan yang memiliki lahan terbatas namun memungkinkan anda untuk memaksimalkan berbagai fungsi ruangan dengan baik.

Selain itu, desain rumah minimalis yang sederhana juga menguntungkan anda untuk mendapatkan tampilan hunian yang bersih, sehingga membuat anda merasa nyaman untuk tinggal dan melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Karenanya berikut beberapa ide rumah minimalis yang bisa anda gunakan untuk jenis hunian yang anda inginkan.

Konsep Rumah Minimalis Modern

Baca Juga https://dandanoma.com/blog/2024/03/05/inspirasi-desain-interior-rumah-minimalis-yang-nyaman/ 

Konsep Rumah Minimalis Modern

Konsep rumah minimalis modern menjadi salah satu desain yang banyak digunakan di hunian modern, sebab mereka menunjukkan penampilan kekinian yang tentunya sesuai dengan gaya masa kini.

Tidak hanya itu, konsep rumah ini juga memiliki tujuan untuk mendapatkan desain rumah minimalis yang efisien dan efektif sehingga bisa digunakan untuk tempat beraktivitas anggota keluarga dengan baik dan nyaman namun tetap mengusung keindahan hunian.

Namun sebelum merancang konsep rumah minimalis modern di hunian anda, berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan tampilan rumah yang diinginkan.

Gunakan Penataan Rumah yang Simpel

Salah stau konsep yang dibawa oleh rumah minimalis modern adalah penataan rumah yang simpel, sehingga tidak memakan banyak ruang mengingat ukuran rumah yang tidak terlalu besar.

Sehingga penting bagi pemilik rumah untuk fokus memilih furniture hunian yang simpel namun tidak memakan banyak ruang sehingga rumah terlihat lebih lega.

Contohnya saja, dibandingkan memilih lemari penyimpanan yang besar dan memakan banyak ruang, maka ada baiknya untuk memanfaatkan meja yang memilliki banyak ruang penyimpanan sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang yang dimiliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan bagian bawah tangga sebagai tempat penyimpanan yang tidak memakan banyak tempat namun dapat menyimpan barang dengan efektif.

Apabila anda memiliki ruang terbuka hijau, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai halaman rumah yang memiliki jumlah tanaman yang cukup sehingga rumah anda terkesan luas.

Kurangi juga penggunaan dekorasi dinding yang kurang perlu dan manfaatkan bagian tersebut sebagai rak penyimpanan yang mudah dijangkau sehingga terkesan rapi dan mudah dibersihkan.

Pastikan penataan ruangan membuat rumah anda memiliki satu sumber cahaya alami yang mengarah lurus dari depan ke belakang sehingga membuat rumah anda terasa lebih luas meskipun dengan ukuran rumah yang tidak terlalu besar.

Gunakan Palet Warna Netral

Guna mendapatkan kesan rumah yang bersih dan minimalis, menggunakan palet warna netral menjadi pilihan terbaik, sebab mereka dapat menyatu dengan berbagai jenis dekorasi dan interior yang dipasang di rumah.

Namun, untuk mendapatkan konsep rumah minimalis modern, anda perlu menggunakan warna palet netral tidak hanya di satu tempat saja, namun di berbagai bagian ruangan untuk memberikan kesan bersih.

Meskipun rumah anda akan terasa kosong karena pemilihan warna yang digunakan, namun anda memiliki keuntungan dengan kemudahan dalam memilih interior atau furnitur dengan warna netral, sehingga tidak memakan banyak waktu dalam mencarianya.

Selain itu, untuk memberikan ciri khas di rumah minimalis modern, anda juga bisa memesan furniture pribadi yang dimiliki dengan warna netral sehingga dapat menonjolkan kepribadian yang anda miliki.

Dalam penataan ruangan untuk rumah minimalis modern, ada baiknya untuk menatanya dalam satu garis lurus atau berdampingan dengan tembok rumah sehingga memberikan tampilan ruangan yang lebih luas.

Gunakan juga beberapa furniture yang penting saja dan hindari menggunakan mebel yang tidak perlu agar tidak memakan banyak ruang sehingga anda bisa memiliki tempat untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam rumah dengan bebas.

Hindari Penggunaan Dekorasi yang Berlebihan

Salah satu ciri khas dari rumah minimalis modern adalah tampilan interior rumah yang bersih dan sederhana, sehingga penting bagi anda untuk menghindari penggunaan dekorasi berlebihan yang justru akan membuat rumah anda terasa lebih padat.

Namun, apabila ingin merias rumah anda dengan dekorasi rumah, pastikan agar ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak memenuhi ruangan serta taruh di satu bagian rumah saja sehingga tidak memenuhi ruangan anda.

Hindari juga penggunaan dekorasi yang memiliki warna-warna cerah serta memiliki tampilan yang heboh atau rumit sehingga mengurangi tampilan hunian yang padat.

Penggunaan dekorasi yang tidak terlalu banyak juga akan membantu untuk menghemat pengeluaran sehingga anda tidak mengeluarkan biaya untuk barang yang tidak perlu.

Pada proses pemilihan furnitur untuk rumah minimalis modern, hindari juga tampilan mebel yang memiliki banyak detail sehingga terlihat menyatu satu sama lain dan selaras dengan konsep rumah minimalis modern.

Gunakan Furniture yang Bertekstur

Dalam memilih furniture untuk rumah minimalis modern, anda tidak hanya menggunakan furniture dengan detail yang minim, namun anda juga bisa berkreasi dengan mebel yang bertekstur, sehingga menghasilkan tampilan hunian yang lebih cantik namun tetap minimalis.

Furniture dengan detail tersebut bisa anda dapatkan dari mebel yang menggunakan bahan kayu atau marmet uang memiliki tekstur khusus sehingga memberikan kesan mewah di ruangan anda.

Tidak hanya itu, beberapa desain keramik juga telah menghadirkan tekstur yang simpel, sehingga cocok bagi anda untuk membangun hunian yang minimalis dengan budget yang terbatas.

Konsep Rumah Minimalis Modern

Konsep Rumah Minimalis Sederhana

Konsep rumah minimalis sederhana juga menjadi salah satu desain rumah yang banyak digunakan saat ini, apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah dan memulai hidup baru di hunian yang nyaman.

Hal ini dikarenakan konsep rumah minimalis sederhana tidak membutuhkan banyak perabotan atau dekorasi rumah, sehingga lebih menghemat pengeluaran serta anda hanya memilih barang yang dibutuhkan untuk aktivitas di dalam rumah.

Dengan jumlah perabotan dan dekorasi rumah yang sedikit, tentunya akan memudahkan anda dalam proses pembersihan rumah, sehingga cocok bagi anda yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah karena tidak memakan waktu untuk membersihkan rumah.

Dalam proses perancangan konsep rumah minimalis sederhana, anda tidak hanya memilih perabotan rumah yang multifungsi dan meminimalisir penggunaan dekorasi yang berlebihan, namun anda juga perlu memutar otak untuk memperhatikan penataan ruangan, pemilihan warna, serta sirkulasi udara dan cahaya agar rumah terasa nyaman.

Karenanya berikut beberapa penataan ruangan yang bisa anda lakukan untuk konsep rumah minimalis sederhana yang nyaman dan tidak menggunakan banyak perabotan.

Penataan Ruang yang Sederhana

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membangun konsep rumah minimalis sederhana adalah menentukan penataan ruangan yang sesuai.

Misalnya saja, bagian depan di rumah bisa anda manfaatkan sebagai area ruang tamu yang terpisah dengan ruang keluarga, sehingga anda bisa menerima tamu dengan tenang tanpa terganggu aktivitas penghuni rumah lainnya.

Sementara itu untuk bagian tengah rumah, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai ruang keluarga yang digunakan sebagai area berkumpul dengan anggota keluarga lainnya atau melakukan kegiatan lain di tempat tersebut.

Jumlah anggota keluarga yang banyak serta banyaknya kegiatan yang dilakukan di rumah, menjadikan luas ruang keluarga biasanya lebih besar dibandingkan ruangan lain sehingga bisa menampung furniture yang lebih banyak.

Tidak hanya itu untuk mendapatkan kesan sederhana, anda juga bisa memilih tata ruang sederhana yang tidak membutuhkan banyak dekorasi atau furniture lain yang tidak dibutuhkan di dalam rumah.

Pastikan untuk menaruh furniture di satu bagian ruangan saja agar tidak terlihat penuh karena beberapa furniture berada di bagian ruangan.

Pada bagian penyimpanan barang, anda bisa memanfaatkan sudut ruangan yang tidak terpakai untuk menaruh lemari penyimpanan khusus sehingga tidak mengganggu aktivitas penghuni rumah lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan bagian bawah tangga untuk menyimpan barang dengan aman dan rapi, namun anda perlu memastikan agar tidak ada keberadaan rayap di ruangan tersebut yang malah merusak barang pribadi anda.

Manfaatkan Jendela dengan Baik

Jendela menjadi bagian paling penting di rumah sebab menjadi sirkulasi udara dan cahaya agar dapat masuk dengan lancar sehingga ruangan tidak terasa pengap.

Hal ini juga berlaku di rumah minimalis sederhana, dimana anda perlu memilih jenis jendela yang baik agar sirkulasi udara dan cahaya berputar dengan lancar sehingga penghuni rumah menjadi lebih sehat.

Di sisi lain, seiring dengan perkembangan desain rumah yang semakin berkembang, anda juga memiliki pilihan jendela yang beragam, sehingga anda dapat memilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Jendela geser menjadi salah satu jenis jendela yang mulai banyak dipakai di desain rumah minimalis sederhana, sebab mereka memiliki tampilan yang modern namun dapat menyalurkan udara dan cahaya dengan baik.

Namun, anda juga perlu membersihkannya secara rutin mengingat anda akan membuka dan menutup kedua bagian jendela secara rutin, sehingga akan menyebabkan jendela menempel apabila lama tidak dibersihkan dalam jangka waktu tertentu.

Jendela tingkap juga masih menjadi jenis jendela yang terus digunakan dari waktu ke waktu, sebab modelnya yang tidak lekang oleh waktu, sehingga bisa digunakan untuk desain klasik dan modern.

Kelebihan dari jenis jendela ini adalah anda bisa mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang lebih leluasa, sehingga rumah akan semakin sehat, serta tidak mengurangi jarak pandang anda ke luar.

Sayangnya, jenis jendela ini juga memiliki kekurangan yakni kurangnya keamanan di dalam rumah karena tidak ada pengaman, sehingga penting bagi anda untuk memasang teralis agar orang asing tidak mudah masuk melalui jendela.

Selain itu, saat cuaca sedang buruk, maka anda juga perlu menutupnya agar debu dan air hujan tidak mudah masuk yang menyebabkan rumah anda lebih mudah kotor serta basah di musim tertentu.

Jendela tenda bisa menjadi pilihan terbaik apabila anda tidak memiliki ruangan yang cukup untuk jendela namun masih menginginkan sirkulasi udara dan cahaya yang alami di pagi hari.

Hal ini dikarenakan jendela tingkap tidak memakan banyak ruangan, sehingga cocok bagi desain rumah minimalis sederhana yang memiliki ukuran rumah yang tidak terlalu besar.

Selain itu, anda juga memiliki perlindungan lebih menggunakan jenis jendela ini karena ukuran bukaannya yang tidak terlalu besar sehingga menyulitkan orang asing untuk masuk ke rumah melalui jendela.

Di sisi lain, anda juga perlu memeriksakan kekuatan jendela tenda secara rutin agar bagian engsel tidak mudah aus karena sering dibuka dan ditutup, cara merawatnya juga cukup mudah, dimana anda hanya perlu memberikan oli bekas secara rutin agar engsel mudah dibuka.

Pastikan juga untuk membersihkan berbagai jenis jendela secara rutin agar cermin tidak mudah kotor dan anda bisa melihat keluar jendela dengan mudah.

Minimalisir Penggunaan Sekat Ruangan

Ukuran ruangan yang tidak terlalu besar di rumah minimalis membuat anda perlu mengurangi interior ruangan yang tidak perlu. Salah satunya adalah penggunaan sekat ruangan yang digunakan untuk memisahkan ruangan satu dengan lainnya.

Hal ini dikarenakan ukuran sekat ruangan yang memanjang akan memakan banyak ruang, sehingga membuat rumah anda terasa lebih sempit dibandingkan ukuran rumah aslinya.

Sehingga penting bagi anda untuk mengurangi penggunaan sekat ruangan sebagai pemisah antara kamar satu dengan lainnya agar rumah anda terlihat lebih lega.

Namun, untuk mengatasi masalah pemisahan ruangan di rumah minimalis, maka anda bisa menggunakan furniture yang tidak hanya berguna sebagai tempat menampung barang, namun juga dapat dipakai untuk memisahkan ruangan satu dengan lainnya tanpa memakan banyak ruang.

Gunakan Furniture Minimalis

Konsep rumah minimalis sederhana mengurangi penggunaan furniture yang tidak perlu agar tidak memakan banyak ruang sehingga anda bebas melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah.

Akan tetapi, bukan berarti anda tidak bisa menggunakan furniture di dalam rumah, namun anda perlu memilih jenis furniture yang berguna dan tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak ruang.

Misalnya saja pada pemilihan sofa di ruangan, anda sebaiknya memilih jenis sofa yang memiliki dua kegunaan, yakni untuk tempat bersantai dan duduk, sehingga tidak memakan banyak ruang karena menggunakan dua jenis furniture dengan jenis yang berbeda.

Sofa bed menjadi salah satu jenis sofa yang bisa digunakan di ruangan ini, sebab mereka memiliki dua fungsi yang berbeda namun ditempatkan di satu benda, sehingga tidak memakan banyak ruang.

Selain itu untuk pemilihan meja, pastikan mereka juga memiliki bagian penyimpanan, sehingga anda bisa menyimpan barang pribadi dengan aman dan mudah diambil saat dibutuhkan.

Untuk ukuran meja, maka anda bisa memilih jenis meja yang memanjang, sehingga meskipun memakan banyak ruang namun mereka dapat menyimpan berbagai barang pribadi dengan aman dan tidak berdebu.

Hindari penggunaan meja yang memiliki fungsi estetik saja karena akan memakan banyak ruang namun tidak mempunyai fungsi yang berarti.

Pilih Warna Netral

Salah satu tips yang banyak digunakan di desain rumah minimalis adalah penggunaan warna netral di furniture, dekorasi, atau warna cat dinding.

Hal ini dikarenakan pilihan warna tersebut dapat menyatu dengan berbagai barang lain yang memiliki warna berbeda, sehingga memudahkan anda untuk memadukan satu sama lain.

Tidak hanya itu, warna netral juga memudahkan anda untuk memilih barang yang dibutuhkan di dalam rumah, sebab sudah banyak penjual yang menjual barang rumah dengan warna netral, sehingga anda memiliki kebebasan untuk memilih barang yang dibutuhkan.

Di sisi lain, warna-warna netral juga memiliki pilihan warna yang beragam, sehingga anda memiliki keleluasaan dalam memilih warna yang diinginkan sehingga dapat menyesuaikan dengan konsep rumah yang dimiliki.

Namun, apabila anda merasa bosan dengan corak warna yang seragam, maka anda bisa memberikan sentuhan estetika dengan memilih wallpaper dengan warna netral yang memiliki corak tertentu untuk menghias ruangan dengan baik.

Setelah menggunakan interior dengan warna netral, maka anda akan mendapatkan kesan ruangan yang lebih luas, sehingga anda merasa nyaman melakukan berbagai kegiatan di dalam rumah tanpa terganggu barang pribadi yang padat.

Wujudkan konsep rumah minimalis sederhana sesuai keinginan dengan bantuan dari ahlinya yang bisa dihubungi di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaiknya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *