Penyebab Rumah Bocor dan Solusinya

Penyebab Rumah Bocor dan Solusinya

Memiliki hunian idaman tentunya menjadi keinginan banyak orang, namun setelah mendapatkan tempat yang diinginkan, anda mungkin mendapatkan kendala lain, salah satunya adalah rumah bocor.

Masalah ini bisa terjadi karena pemasangan yang kurang tetap serta bahan bangunan yang dipilih memiliki kekuatan yang kurang baik, sehingga menyebabkan rumah bocor yang merugikan penghuni rumah.

Sehingga dalam proses membangun hunian impian, penting bagi anda untuk mengetahui berbagai penyebab rumah bocor sehingga anda bisa mengatasinya dengan solusi yang tepat dan bisa dicegah selama pembangunan berlangsung.

Alasan Rumah Bocor

Setelah proses pembangunan rumah selesai, maka anda akan menemukan bahwa hunian anda memiliki kenyamanan dan keamanan bagi penghuni rumah sehingga bisa tinggal dengan tenang di dalam rumah.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kekuatan bahan material akan semakin berkurang dari tahun ke tahun, sehingga akan menjadi alasan rumah bocor yang bisa ditermui saat musim hujan datang.

Musibah rumah bocor tentunya perlu diwaspadai oleh pemilik rumah, agar anda tetap bisa nyaman tinggal di hunian impian di berbagai perubahan cuaca yang ekstrem.

Karenanya berikut beberapa alasan rumah bocor yang perlu anda pahami untuk menemukan solusi yang lebih baik.

Bentuk Atap yang Landai

Pada proses pembangunan atap rumah, tukang biasanya akan membuat ukuran genteng secara landai, sehingga memudahkan air hujan yang turun untuk masuk ke talang air sehingga mengalir menuju saluran pembuangan.

Sayangnya, pembuatan atap rumah yang terlalu landai juga akan menyebabkan masalah rumah bocor, dimana aliran air yang terlalu cepat juga menyebabkan bagian kosong diisi dengan air hujan, sehingga menjadi penyebab rumah bocor.

Sehingga guna mengatasi masalah tersebut, maka penting bagi tukang untuk mengolesi bagian atap rumah dengan pelapis cat anti bocor guna mengurangi penyebab kebocoran rumah.

Tidak hanya itu, pengukuran atap yang landai juga menjadi pertimbagan agar aliran air bisa masuk dengan lancar tanpa menjadi penyebab rumah bocor, sebaiknya memilih kemiringan atap dengan ukuran 30-40 derajat agar aliran air cepat mengalir ke bawah tanpa mengisi kekosongan yang ada.

Pemasangan Atap yang Kurang Sesuai

Pada pemasangan atap rumah, banyak orang mengandalkan genteng tanah liat karena harganya yang murah, memiliki perlindungan terhadap berbagai cuaca, serta pemasangan yang mudah.

Namun, seiring dengan perkembangan arsitektu yang semakin maju serta kebutuhan untuk membangun rumah yang estetik dan aman, maka mulai bermunculan berbagai jenis atap rumah.

Sehingga anda tidak jarang menemukan jenis atap rumah yang beragam dengan berbagai keunggulan dan tampilan yang menarik.

Namun, dengan pilihan atap rumah yang beragam, juga menjadi masalah sendiri bagi tukang dalam proses pembangunan rumah, sebab mereka belum pernah memasang jenis atap tersebut, sehingga memasang dengan tampilan seadanya.

Di sisi lain, ukuran rumah yang tidak sesuai dengan atap rumah, juga menyebabkan tukang yang profesional pun melakukan perubahan desain sehingga pemasangan tidak sesuai kebutuhan.

Apabila proses pemasangan atap rumah tidak sesuai ketentuan, maka akan menjadi salah satu alasan rumah bocor yang membuat anda mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan renovasi rumah.

Sehingga apabila hendak menggunakan jenis atap baru, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan penjual agar mendapatkan bantuan pemasangan dari tukang profesional untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Selain itu, anda juga perlu mengukur ukuran atap rumah dengan jenis genteng yang dipilih, sehingga proses pemasangan akan semakin mudah dan maksimal dan mengurangi alasan rumah bocor.

Ukuran Talang Air yang Kurang Sesuai

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, talang air menjadi tempat mengalirkan air hujan dari tempat tinggi ke rendah agar bisa mengalir ke saluran pembuangan dengan cepat dan aman.

Namun sama seperti dengan bahan bangunan lainnya, talang air bisa mengalami kerusakan apabila menggunakan bahan material yang kurang baik.

Di sisi lain, faktor eksternal juga memengaruhi kerusakan talang air, salah satunya adalah sampah daun dan ranting yang menumpuk di bagian tersebut, sehingga menyumbat air untuk turun ke saluran pembuangan, sehingga menyebabkan bahan material cepat rusak.

Guna mengatasi masalah tersebut, anda bisa melakukan pencegahan dengan membuat ukuran talang air yang sesuai, sehingga aliran air bisa dialirkan dengan cepat dan mudah ke saluran pembuangan.

Di samping itu, anda juga perlu memilih bahan material terbaik bagi talang air untuk mendapatkan perlindungan awal yang maksimal.

Pada bagian terakhir, anda juga perlu mengoleskan lapisan anti bocor khusus untuk saluran talang air, sehingga memberikan perlindungan akhir dari perubahan cuaca yang ekstrem.

Pencegahan lainnya yang bisa anda lakukan adalah secara rajin membersihkan bagian talang air dari sampah apabila mereka berdekatan dengan pohon tertentu guna mencegah pembusukan atau aliran air mengalir tidak lancar.

Celah yang Tidak Terlihat di Atap Rumah

Pemasangan atap rumah yang rapat tidak menjadi jaminan rumah bebas bocor, apabila genteng anda sudah dipasang dalam jangka waktu lama, maka akan menyebabkan celah yang tidak kasat mata yang akan menimbulkan kebocoran apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, perbandingan yang kurang rata antara semen dan pasir saat memasang bubungan juga akan menyebabkan campuran yang kurang menyatu sehingga menyebabkan keratakan pada bagian tersebut.

Pengerjaan yang kurang rapi juga menjadi penyebab bubungan mengalami keretakan, sehingga akan merugikan anda sebagai penghuni rumah.

Masalah ini akan mengurangi kenyamanan penghuni rumah, sebab akan timbulnya rembesan di bagian dinding atau atap rumah yang mengganggu.

Mengatasi masalah ini menjadi perkara yang cukup sulit sebab celah yang tidak terlihat akan sulit dilihat dengan mata telanjang, namun anda bisa mengatasinya dengan berbagai solusi yang tepat.

Pertama adalah menyiramkan sejumlah air pada bagian genteng tertentu, dimana anda akan melihat air yang jatuh mengalir ke bawah atau melihat gelembung kecil di area atap rumah yang menjadi pertanda adanya bagian atap yang memiliki celah.

Guna mengatasi masalah tersebut, maka anda perlu melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang sesuai dengan bahan genteng yang anda gunakan.

Di sisi lain, beberapa atap rumah memiliki perawatan khusus apabila terjadi kerusakan, sehingga anda perlu menghubungi tukang yang memiliki ahli di bidangnya untuk mendapatkan hasil perawatan yang sempurna.

Rembes Pada Dinding dan Atap

Salah satu tanda dari adanya rumah bocor adalah terdapat rembesan pada dinding dan atap, dimana ini menjadi pertanda bahwa bagian tersebut telah berkurang kekuatannya sehingga terdapat rembesan.

Masalah rembesan bisa terjadi apabila cat pelindung luar sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan air mudah masuk ke dalam rumah dan menyebabkan pengelupasan cat tembok luar.

Rembesan juga bisa terjadi karena bahan material yang digunakan kurang baik, sehingga mudah rapuh setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu.

Tanda-tanda rembesan bisa terlihat dari adanya noda di bagian dinding yang berasal dari bagian atas atap, apabila anda sudah melihat tanda-tanda tersebut maka ada baiknya untuk melakukan perbaikan agar tidak merusak estetika rumah serta tumbuhnya jamur.

Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa melakukan perbaikan dengan cara mengecat kembali bagian yang mengalami rembesan dengan cat pelapis anti bocor khusus untuk memberikan perlindunagn maksimal.

Selain itu, anda juga bisa mengecat ulang bagian yang mengalami rembesan untuk meningkatkan estetika hunian agar selaras dengan bagian lainnya.

Tumbuh Jamur di Dinding Luar

Cuaca yang terus berubah menjadi salah satu alasan rumah bocor, dimana anda akan menemukan dinding luar anda mengalami penjamuran.

Masalah ini bisa terjadi karena bagian dinding luar tidak mengalami pengaman apapun, sehingga saat bersentuhan dengan air hujan dan udara panas dalam waktu lama akan menyebabkan tumbuhnya jamur.

Pertumbuhan jamur yang cepat ini tidak hanya merusak estetika, namun juga mempercepat pembusukan dinding sehingga mudah terkena kebocoran dinding.

Biasanya jamur muncul tidak hanya di satu tempat, namun menyebar ke bagian lainnya, sehingga anda perlu mengetahui sumbernya untuk melakukan penyelesaian kerusakan jamur.

Guna mengatasi masalah tersebut anda bisa melihat dari posisi talang air, apabila mereka mengarah ke bagian dinding, maka ini bisa menjadi penyebab rumah bocor.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memindahkan lokasi talang air agar tidak mengarah langsung ke dinding sehingga mengurangi resiko dinding berjamur.

Tidak hanya itu, anda juga perlu membersihkan bagian dinding yang terkena jamur dan mengoleskannya dengan lapisan cat dinding khusus untuk memberikan perlindungan terhadap tembok rumah luar.

Flasing yang Kurang Baik atau Rusak

Pemilihan bahan bangunan yang kurang baik juga menjadi salah satu alasan rumah bocor, salah satunya apabila anda salam dalam memilih flashing.

Flashing adalah jenis bahan bangunan yang digunakan untuk perlindungan ekstra dari kebocoran, dimana mereka biasanya dipasang antara sambungan bawah plafon dan atap sebagai segel antar sambungan dari segala macam kerusakan akibat aliran air.

Penggunaan flashing perlu digunakan mengingat Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga anda perlu memberikan perlindungan ekstra bagi rumah anda agar tidak mudah bocor akibat air hujan dalam jangka waktu lama.

Di sisi lain, bagian atap menjadi sisi terlemah di sebuah hunian dimana mereka mudah mengalami kerusakan atau kebocoran akibat air hujan.

Flashing sendiri merupakan bahan bangunan yang terbuat dari bahan galvalum kualitas tinggi yang memiliki fungsi mencegah air hujan agar tidak mudah masuk ke dalam rumah serta menjadikan atap rumah terlihat lebih rapi dan enak dilihat.

Tidak hanya itu, flashing memiliki fungsi lain untuk melindungi dari cuaca panas dan hujan agar tidak mudah berkarat serta tahan terhadap tekanan air yang berlebihan.

Pemasangan flashing juga cukup mudah karena terbuat dari bahan yang fleksibel sehingga mudah dipasang serta ramah lingkungan.

Guna mendapatkan flashing yang sesuai kebutuhan, maka anda bisa memilihnya sesuai jenis yang dibutuhkan.

Pertama adalah flashing atap yang terbuat dari bahan logam, selain memiliki perlindungan terhadap kebocoran atap rumah, mereka juga mudah dipasang baik secara internal atau eksternal sehingga memudahkan dalam pemasangan.

Kedua adalah flashing jendela dimana anda bisa memasangnya di sekitar area jendela untuk mencegah kebocoran yang berasal dari air hujan yang turun dari genteng atau dinding rumah.

Pemasangan ini diakukan sebab hujan deras dengan angin kencang mampu membawa air masuk ke dalam jendela sehingga menimbulkan kebocoran serta menjadikan bagian kamar basah.

Kelebihan dari flashing jendela lainnya adalah memiliki perlindungan terhadap cuaca sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu lama serta melindungi area di sekitar jendela anda.

Berbeda dengan flashing atap yang memiliki bahan dasar logam, jenis flashing jendela terbuat dari tiga jenis bahan, yakni lempengan logam yang membuat mereka lebih mudah ditekuk, vinyl sebagai pelapis lantai yang biasa digunakan sebagai pelapis lantai namun mereka juga bisa digunakan untuk flashing karena harganya yang murah, penggunaan tape pada flashing juga memungkinkan mereka lebih mudah melekat sehingga memudahkan pemasangan.

Genangan Air di Talang atau Atap

Hujan deras yang turun dalam jangka waktu lama tidak hanya menghadirkan cuaca segar namun juga menjadi salah satu alasan rumah bocor.

Hal ini bisa terjadi karena air hujan yang turun tergenang di bagian atap tertentu sehingga menyebabkan pembusukan pada bagian tersebut dan jika dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan atap rumah runtuh karena tidak sanggup untuk menahan debit air yang cukup berat.

Masalah ini juga bisa muncul apabila anda memiliki jenis atap datar, sehingga air hujan turun akan menggenang di bagian tersebut dalam jangka waktu lama dan menyebabkan berbagai kerusakan.

Sehingga saat hujan deras turun dalam jangka waktu lama, maka ada baiknya untuk memeriksa genangan air bagian talang atau atap guna memastkan tidak ada genangan air di bagian tersebut.

Penting juga untuk memilih jenis genteng atau atap yang kuat sehingga mampu menampung debit air dalam jangka waktu lama.

Anda juga sebaiknya memilih atap dengan posisi menurun dengan derajat tertentu sehingga air hujan bisa mudah turun ke saluran pembuangan untuk menghindari genangan air dalam jangka waktu lama.

Lakukan juga konsultasi dengan tukang pembangunan rumah yang berpengalaman agar mereka melakukan perhitungan dengan tepat.

Kerusakan Pipa Rumah

Pipa rumah biasanya dipasang di sekitar area dinding atau genteng guna mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sama seperti bahan material lainnya, pipa yang telah dipasang dalam jangka waktu lama akan mengalami kerusakan karena pengeposan serta perubahan cuaca yang cepat sehingga kekuatan pipa berkurang.

Kerusakan pipa rumah biasanya terlihat dari adanya kebocoran atau keretakan yang keluar dari pipa, sehingga menyebabkan bagian tersebut mengalami perembesan dan kebocoran.

Berbeda dengan bagian lain yang sulit diidentifikasi apabila terjadi kerusakan, bagian pipa rumah rusak bisa mudah diidentifikasi karena ukurannya yang besar sehingga mudah terlihat dengan mata telanjang.

Guna mengatasi kerusakan pipa rumah, anda bisa melakukan perbaikan dengan mengoleskan pelapis khusus sehingga kebocoran tidak muncul kembali.

Pilihlah cat pelapis pipa yang memiliki kualitas terbaik dan direkomendasikan oleh banyak orang untuk memberikan perlindungan yang maksimal.

Namun, apabila kerusakan yang dialami sudah dan semakin parah, maka anda sebaiknya mengganti pipa dengan kualitas terbaik agar aliran air tetap aman dan tidak menyebabkan kerusakan pada dinding atau genteng.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kebocoran pipa adalah memilih bahan terbaik agar tidak mengalami kebocoran dan keretakan sehingga bisa bertahan lama meskipun anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Masalah rumah bocor bisa diatasi dengan memilih bahan material terbaik untuk perlindungan yang aman dalam jangka waktu lama, namun untuk perbaikannya anda bisa mengandalkan jasa renovasi rumah berpengalaman dari Dandan Express yang bisa anda hubungi di http://wa.me/62859106509858


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *