Kenali Penyebab Tembok Rumah yang Retak

Kenali Penyebab Tembok Rumah yang Retak

Tembok retak masih menjadi masalah bagi sebagian besar pemilih rumah, hal ini dikarenakan kerusakan dinding akan merambat ke masalah lainnya yang menyebabkan kerugian bagi pemilik rumah.

Kerusakan tembok retak sendiri terjadi karena berbagai penyebab, misalnya saja faktor cuaca, lingkungan, serta bahan bangunan yang digunakan, sehingga anda perlu mengetahui penyebabnya sebelum memberikan solusi yang terbaik bagi rumah anda.

Karenanya berikut beberapa penyebab tembok retak yang dapat membantu anda untuk memberikan solusi terbaik untuk rumah anda.

Plester Dinding Menyusut

Plester Dinding Menyusut

Saat proses pembangunan rumah dilakukan tukang bangunan akan memasang plester di dinding rumah agar warna di cat tembok lebih menempel dalam waktu lama serta tidak menyebabkan rembesan akibat hujan.

Meskipun begitu, seiring dengan berjalannya waktu, plester dinding juga bisa menyusut karena hilangnya kelembaban plester setelah mengering dan mengeras, penyusutan yang dibiarkan dalam jangka waktu lama juga akan menyebabkan masalah lainnya yakni tembok retak yang merambah ke kerusakan lainnya.

Guna mengurangi resiko plester dinding menyusut yang menyebabkan tembok retak, maka ada baiknya untuk melakukan pengeringan dalam jangka waktu yang lebih lama, misalnya saja membiarkan dinding rumah tertutup dalam keadaan gelap gulita serta bebas dari angin yang datang agar pengeringan bisa dilakukan lebih sempurna, meskipun anda akan memiliki resiko waktu pembangunan rumah yang lebih lama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membasahi dinding dengan sejumlah air sebelum melakukan plesteriasi untuk mengurasi resiko penyusutan yang menyebabkan tembok retak.

Namun, apabila anda baru melakukan plesterisasi untuk pertama kali, maka ada baiknya untuk menemukan metode pengeringan yang terbaik bagi rumah anda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Dinding Rumah Lembab

Dinding Rumah Lembab

Kondisi rumah yang lembab tidak hanya menimbulkan bau yang kurang sedap bagi rumah, namun akan menimbulkan berbagai masalah lain di hunian anda.

Selain masalah kemunculan rayap yang menyukai hunian yang lembab, kondisi ini juga menjadi penyebab timbulnya masalah rumah yang baru, salah satunya adalah keretakan tembok rumah.

Masalah ini bisa terjadi karena kondisi rumah yang memang lembab karena kurangnya ventilasi udara atau perubahan cuaca akibat curah hujan yang tinggi dalam jangka waktu lama, sehingga menyebabkan timbulnya tembok retak.

Apalagi jika tembok retak timbul dari bagian luar rumah, maka akan menyebabkan kelembaban yang berasal dari bawah dan menimbulkan banyak retakan yang merambah ke dalam rumah.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko tembok retak akibat rumah yang lembab adalah memberikan lebih banyak ventilasi atau jendela saat pembangunan rumah dilakukan.

Cara ini tidak hanya membantu untuk mengurangi kelembaban di rumah anda, namun juga dapat meningkatkan sirkulasi udara di hunian yang anda miliki, sehingga anda akan mendapatkan udara segar secara rutin serta mengurangi tagihan listrik akibat menyalakan pendingin udara dalam jangka waktu lama.

Dalam pemasangan ventilasi atau jendela udara, maka ada baiknya untuk memasang teralis besi untuk menambah keamanan di rumah anda sehingga anda tetap merasa aman tinggal di rumah sendirian.

Solusi lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tembok retak adalah melakukan penambalan menggunakan bahan tertentu yang memiliki kualitas yang lebih baik sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Lakukan diskusi dengan tukang renovasi rumah yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil perbaikan tembok retak yang diinginkan.

Langit Rumah Retak

Langit Rumah Retak

Masalah tembok retak tidak hanya terjadi karena kerusakan di sekitar dinding saja, namun juga bisa timbul dari bagian atap rumah karena mereka bersambungan satu sama lain.

Langit-langit rumah yang memiliki plesterisasi yang buruk, kelembaban, atau kerangka rumah yang terkena serangga juga berdampak pada dinding rumah, sehingga penting bagi anda untuk memilih bahan kerangka langit rumah yang baik sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, langit rumah juga bisa menjadi penopang genteng rumah, sehingga apabila kerusakan ini dibiarkan akan menyebabkan kerugian bagi pemilik rumah.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah langit rumah retak adalah memilih kerangka rumah yang baik dan sesuai dengan jenis genteng yang digunakan untuk hunian anda.

Misalnya saja, apabila anda menggunakan genteng rumah dari tanah liat maka anda masih bisa menggunakan kerangka rumah dari kayu sebab mereka masih bisa menopang satu sama lain, namun pastikan untuk memilih jenis kayu terbaik agar tidak mudah dimakan rayap.

Lakukan juga perawatan khusus sebelum melakukan pemasangan rangka kayu, misalnya saja melapisi menggunakan obat anti rayap serta memastikan tingkat kelembabapannya agar tidak mudah lapuk dimakan oleh cuaca.

Akan tetapi apabila anda menggunakan atap rumah jenis baja, maka ada baiknya untuk menggunakan kerangka besi sebab mereka bisa menopang jenis atap rumah tersebut serta bisa bertahan dalam jangka waktu lama tanpa perawatan sekalipun.

Tidak hanya itu, apabila sudah terlanjur terjadi kerusakan di langit-langit rumah anda, maka anda bisa memperbaikinya dengan mengganti bagian yang rusak serta melakukan plesterisasi di bagian tersebut agar tidak timbul kerusakan di waktu yang akan datang.

Akar Tumbuhan yang Merambat

Akar Tumbuhan yang Merambat

Membangun rumah di tanah yang subur mungkin memberikan keuntungan bagi banyak orang, salah satunya adalah mendapatkan suplai air bersih yang berlimpah serta memudahkan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan hingga tumbuh subur.

Meskipun begitu, tinggal di tanah yang subur juga memberikan kerugian bagi pemilik rumah, salah satunya adalah rumah anda mudah didatangi oleh serangga atau hewan yang berusaha masuk ke rumah anda atau gangguan rayap yang akan memakan furniture rumah yang terbuat dari kayu.

Tidak hanya itu, tinggal di tanah yang subur juga memberikan kerugian lainnya, yakni munculnya akar tumbuhan yang merambat sehingga menjadi salah satu penyebab tembok retak yang merugikan bagi pemilik rumah.

Hal ini bisa terjadi apabila sebuah akar pohon berusaha tumbuh di area rumah anda, sehingga mereka akan merusak pondasi rumah salah satunya adalah dinding yang menyebabkan tembok retak.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah akar tumbuhan yang merambat adalah menebang pohon tersebut agar tidak semakin tumbuh ke atas sehingga tidak merusak bagian rumah anda.

Selain itu, beberapa jenis pohon yang ditanam di halaman rumah juga memiliki jenis akar yang merambat, sehingga apabila dibiarkan dalam waktu lama maka akan merusak bagian dinding rumah anda dan menyebabkan kerugian yang lebih besar.

Sehingga apabila anda hendak menanam pohon di halaman rumah anda, maka ada baiknya untuk memilih jenis pohon yang tidak memiliki akar merambat sehingga tidak menimbulkan kerusakan bagi rumah anda.

Konsultasikan juga masalah ini ke penjual pohon agar mereka membantu memilih jenis pohon yang sesuai serta tentukan jenis pohon yang sesuai keinginan namun tidak merusak bagian rumah anda.

Bencana Alam

Bencana Alam

Faktor bencana alam menjadi salah satu penyebab terjadinya keretakan tembok rumah, bencana ini tentunya tidak bisa dihindari sebelumnya apabila daerah rumah anda tidak pernah terkena gempa sebelumnya.

Meskipun begitu untuk mengatasi masalah tembok retak akibat bencana alam, maka anda bisa melakukan berbagai pencegahan yang efektif.

Pertama anda bisa memilih daerah rumah yang tidak rawan gempa sebelumnya, sehingga akan membantu anda untuk menghindari masalah kerusakan akibat goyangan tanah.

Anda bisa mengetahui keamanan daerah rumah anda dengan melakukan pencarian informasi melalui internet atau bertanya penduduk sekitar mengenai daerah rumah tersebut.

Namun, apabila anda terpaksa tinggal di daerah rawan bencana gempa bumi akibat pekerjaan atau domisli tempat tinggal, maka anda bisa mengatasinya dengan membangun rumah anti gempa, dimana jenis rumah ini memiliki struktur rumah khusus sehingga memberikan perlindungan bagi penghuni dari bencana gempa dengan skala tertentu.

Sehingga meskipun anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk melakukan konsultasi dengan arsitek dan desainer interior setra membeli berbagai bahan material terbaik yang dibutuhkan untuk rumah anti gempa, namun ini akan memberikan rumah anda perlindungan dari bencana gempa.

Akan tetapi apabila rumah anda sudah terkena bencana gempa bumi dan timbul tembok retak di area tertentu, maka anda bisa mengatasinya dengan melakukan penembalan menggunakan bahan tertentu sehingga tidak muncul kerusakan di waktu yang akan datang.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan antisipasi agar struktur rumah anda tetap aman meski telah diguncang gempa dan memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari bencana lain yang mungkin muncul.

Penurunan Tanah

Penurunan Tanah

Memilih tinggal di rumah yang padat penduduk akan memberikan dua sisi koin yang berbeda bagi pemilik rumah, selain kemudahan untuk mendapatkan berbagai fasilitas umum yang dekat dengan rumah, anda juga perlu memahami resiko lain yang timbul saat tinggal di lingkungan padat penduduk.

Salah satunya adalah masalah penurunan tanah, dimana masalah ini bisa terjadi karena banyaknya penduduk yang tinggal di daerah tersebut dan menyerap suplai air bersih sehingga menyebabkan penurunan tanah secara drastis dari tahun ke tahun.

Tidak hanya itu, pekerjaan penggalian di dekat rumah yang terjadi secara rutin juga bisa menyebabkan penurunan tanah sebab akan membuak resiko kebocoran yang menyebabkan penurunan tanah.

Masalah penurunan tanah ini tidak hanya merugikan bagi sebagian besar pemilik rumah sebab kurangnya akses air bersih yang diperlukan dari waktu ke waktu, namun juga menimbulkan masalah lain yakni keretakan tembok rumah yang merugikan banyak orang sebab akan merusak pondasi rumah, mengurangi estetika hunian, serta merambah ke berbagai kerusakan lainnya.

Apabila penurunan tanah sudah terjadi dalam waktu lama dan menyebabkan kerugian bagi banyak orang, maka anda bisa melakukan kerjasama dengan penduduk lain untuk mengatasi masalah penurunan tanah.

Misalnya saja melakukan pengehematan air bersih, dimana anda dapat menggunakan air bersih secukupnya agar jumlah air tidka terbuang sia-sia untuk berbagai kegiatan yang berlebihan sehingga proses penurunan tanah bisa sedikit melambat.

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi penurunan tanah adalah menyuntikkan sejumlah air ke daerah tertentu menggunakan metode gravitasi atau pompa untuk menjaga ketersediaan air sehingga tidak terjadi penurunan tanah.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah turunnya air tanah dengan mudah adalah mengguanakan sumur resapan sehingga air hujan yang turun tidak terbuang sia-sia sehingga menyebabkan banjir.

Renovasi Rumah

Renovasi Rumah

Seiring dengan berlajannya waktu, anda mungkin ingin memugar rumah anda untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik atau memperluas ukuran rumah anda agar lebih besar dari sebelumnya sehingga dapat menampung anggota rumah lainnya.

Meskipun renovasi rumah menguntungkan pemilik rumah sebab anda akan mendapatkan tampilan rumah yang baru serta mendapatkan luas rumah yang lebih lega, namun melakukan renovasi rumah juga memberikan resiko yang perlu anda waspadai sebelumnya.

Salah satunya adalah kerusakan tembok retak yang bisa terjadi akibat pukulan benda keras dalam jangka waktu tertentu sehingga dinding rumah anda akan menagalami keretakan.

Tidak hanya itu, penggunaan bahan yang berbeda pada dinding rumah anda juga bisa menyebabkan keretakan tembok rumah, meskipun dinding rumah anda terlihat baik-baik saja sebelumnya.

Selain itu, apabila anda mengganti posisi jendela serta penambahan ukuran dinding maka retakan tersebut akan muncul karena terdapat posisi yang kosong serta diganti dengan bahan lain yang berbeda dengan sebelumnya.

Keretakan tembok rumah yang terjadi akibat renovasi juga bisa menyebabkan masalah lain, salah satunya adalah masalah rembesan hunian yang merugikan pemilik rumah.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka ada baiknya untuk menggunakan tukang yang sama dengan sebelumnya sehingga mereka juga bisa menggunakan bahan yang serupa yang dipakai saat pembangunan rumah untuk pertama kali.

Pastikan juga untuk memilih tukang renovasi rumah yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang terbaik pada pembangunan rumah sehingga tidak terjadi masalah tembok retak.

Anda juga bisa meminta tukang bangun rumah untuk membangun kembali rumah anda untuk mendpatkan hasil yang diinginkan.

Tanaman Rambat

Tanaman Rambat

Memiliki hunian dengan tema yang asri mungkin menjadi keinginan banyak orang sebab memberikan kesejukan yang alami, apalagi di tengah cuaca yang sering berubah membuat anda membutuhkan kesujukan di tengah udara panas dan dingin yang terus berganti.

Salah satu cara yang bisa didapatkan dengan mendapatkan hunian yang asri dengan menanam tumbuhan rambat di sekitar dinding luar rumah anda, sehingga hunian anda terlihat asri bagi siapapun yang memandangnya.

Namun, menanam tanaman rambat juga memberkan kerugian bagi pemilik rumah, salah satunya adalah resiko tembok retak akibat bagian akar atau ranting pohon masuk ke dalam dinding rumah.

Masalahnya, banyak orang yang tidak menyadari masalah ini karena jarang memerhatikan bagian luar rumah, sehingga baru ketahuan apabila sudah terjadi keretakan tembok retak.

Tidak hanya itu, penanaman tanaman rambat di dinding rumah anda juga menyebabkan masalah lain, salah satunya adalah timbulnya lumut di tembok rumah yang menjadi penyebab rumah anda terasa lembab serta merusak pondasi rumah.

Sehingga dibandingkan menanam tanaman rambat di rumah anda, maka ada baiknya untuk menggantung pot bunga di sekitar dinding rumah agar mengurangi resiko keretakan tembok rumah.

Tidak hanya itu, dengan memilih menanam pot bunga di sekitar area rumah anda, maka akan memberikan anda banyak pilihan bunga yang beragam sehingga tampilan hunian terlihat lebih cantik dan berwarna.

Anda juga bisa menanam tumbuhan kecil di sekeliling dinding rumah anda yang juga bisa menjadi pencegah masuknya rayap sehingga mencegah serangga masuk ke rumah anda dengan cara alami yang menguntungkan anda.

Guna melakukan perbaikan rumah akibat tembok rumah maka anda juga perlu melaukan perbaikan dengan ahlinya dengan menghubungi Dandan Express di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran spesialnya.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *