12 Solusi dan Penyebab Cerdas Mengatasi Tembok Retak di Rumah

12 Penyebab dan Solusi Mengatasi Tembok Retak di Rumah

Setelah bertahun-tahun dibangun biasanya rumah mengalami beberapa kerusakan, salah satunya adalah masalah tembok retak.

Tembok retak sendiri bisa terjadi karena kualitas bahan yang kurang baik sehingga menimbulkan keretakan di dinding rumah sesaat setelah dibangun atau beberapa tahun setelah pembangunan dilakukan.

Meskipun begitu, faktor alam juga bisa menjadi penyebab terjadinya tembok retak, misalnya saja gempa bumi dengan skala tertentu yang bisa menyebakan keretakan rumah.

Untungnya, masalah tembok retak bisa diatasi dengan berbagai bahan khusus sehingga kerusakan tidak timbul setelah pembangunan rumah dilakukan beberapa tahun setelahnya.

Penyebab Tembok Retak

Penyebab Tembok Retak

Memiliki hunian yang aman dan nyaman tentunya menjadi keinginan banyak orang, namun seiring dengan berjalannya waktu, biasanya anda akan menemukan kerusakan yang timbul di rumah anda.

Salah satunya adalah masalah tembok retak yang muncul setelah rumah dibangun atau beberapa waktu setelah pembangunan dilakukan di hunian anda.

Masalah tembok retak ini tentunya menjadi problema bagi banyak orang, mengingat kerusakan ini akan merambah ke masalah lain yang memerlukan perbaikan rumah.

Karenanya berikut beberapa penyebab tembok retak yang perlu anda waspadai agar bisa menemukan solusi yang sesuai.

Struktur yang Gagal

Salah satu penyebab dari adanya kerusakan tembok retak adalah struktur yang gagal, hal ini bisa terjadi karena pembuatan denah atau konstruksi rumah tidak mempertimbangkan kondisi lahan, sehingga mandor memberikan denah yang kurang sesuai.

Di samping itu, faktor eksternal juga bisa menjadi penyebab tembok retak, misalnya saja bencana gempa bumi dengan skala tertentu yang membuat penghuni rumah mengalami kerusakan karena tembok retak karena kekuatan skala richter yang cukup besar dan mencapai lokasi rumah anda.

Meskipun begitu, kerusakan tembok retak akibat gempa bumi bisa diatasi sebelumnya dengan menggunakan denah khusus untuk rumah yang berada di lokasi rawan gempa, sehingga rumah anda memiliki perlindungan lebih dari bencana tersebut.

Namun, untuk tembok retak yang timbul karena struktur yang gagal, maka anda perlu menjelaskan kondisi tanah ke mandor atau arsitek sebelum pembangunan dilakukan agar anda bisa mendapatkan desain rumah terbaik yang sesuai keinginan serta keamanan yang memadai.

Bahan Material yang Buruk

Seperti yang diketahui oleh banyak orang, proses pembangunan rumah membutuhkan biaya yang sangat besar, sehingga mungkin bagi anda untuk melakukan penghematan dengan membeli bahan material dengan harga yang lebih murah.

Sayangnya, cara ini justru merugikan banyak orang karena dapat memberikan hasil pembangunan yang buruk, salah satunya adalah kerusakan tembok retak yang bisa terjadi karena pemilihan bahan material yang buruk.

Kerusakan tembok retak tentunya akan menimbulkan banyak masalah yang merambah dari hari ke hari dan semakin dirasakan setelah rumah dihuni beberapa tahun kemudian.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan agar kerusakan tembok retak tidak terjadi adalah menggunakan bahan material terbaik meskipun anda perlu merogoh kocek yang lebih besar namun harganya tentunya sebanding dengan kualitas yang dimiliki.

Anda juga perlu melakukan konsultasi dengan mandor atau kontraktor yang akan membangun rumah anda guna mengetahui merk atau jenis bahan bangunan yang dibutuhkan untuk pembangunan hunian sehingga mendapatkan hasil terbaik yang diinginkan.

Pastikan juga untuk melakukan analisa mandiri untuk mengetahui brand bahan material kenamaan sehingga anda bisa memilih yang terbaik bagi rumah anda.

Sediakan juga waktu untuk mengunjungi supermarket bahan bangunan guna mengetahui merk bahan material terbaik serta melakukan konsultasi dengan penjual secara langsung.

Plesteran yang Buruk

Setelah proses pembangunan dinding dilakukan biasanya tukang juga akan melakukan plester ke bagian tembok agar memudahkan pengecatan dan warna yang diberikan awet dalam waktu lama.

Sayangnya, beberapa tukang bangunan yang kurang berpengalaman mungkin memberikan plester yang kurang baik bagi rumah anda, sehingga menyebabkan cat tembok kurang menempel serta masalah tembok retak yang muncul setelah plesterisasi dilakukan oleh tukang.

Sehingga untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka anda perlu memilih tukang yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil plester yang baik agar bisa bertahan dalam waktu lama serta tidak menyebabkan tembok retak.

Tidak hanya itu, anda juga perlu memilih bahan yang bagus untuk plester tembok guna memberikan hasil yang maksimal dan sesuai keinginan.

Anda juga perlu membongkar dinding anda untuk melakukan plester ulang yang tentunya akan memakan banyak waktu dan biaya, sehingga ada baiknya untuk melakukan pencegahan dengan memilih bahan bangunan terbaik serta pengerjaan plester terbaik.

Kombinasi Bahan yang Kurang Sesuai

Dalam proses pembangunan dinding, biasanya tukang tidak hanya menyusun batu bata dan olahan semen lainnya, namun terdapat beberapa bahan bangunan tambahan yang dapat membantu untuk proses pembangunan konstruksi rumah yang lebih kuat.

Sayangnya kombinasi bahan tersebut juga akan merugikan bagi pemilik rumah, apabila bahan penyusunnya tidak sesuai sehingga menghasilkan masalah tembok retak setelah proses pembangunan selesai dilakukan oleh tukang.

Sehingga untuk mendapatkan hasil pembangunan rumah yang diinginkan serta menghindari masalah tembok retak di waktu yang akan datang, maka penting bagi anda untuk memastikan tukang menggunakan kombinasi bahan terbaik untuk hasil rumah yang lebih kuat.

Permukaan Tanah yang Turun

Padatnya pembangunan di kota besar menyebabkan dampak lingkungan bagi sekitarnya, salah satunya adalah permukaan tanah yang turun dari waktu ke waktu.

Masalah ini bisa terjadi karena banyak orang yang menghuni area tersebut dan menyedot sumber daya alam berupa air dari tanah yang dihuni, sehingga akan menyebabkan penurunan tanah pada dari waktu ke waktu tanpa disadari oleh banyak orang.

Penurunan tanah juga menyebabkan masalah lain yang memengaruhi kualitas hunian, salah satunya adalah muncul tembok retak yang terjadi secara perlahan, meskipun anda telah menggunakan bahan material terbaik serta menggunakan tukang yang berpengalaman.

Sehingga agar masalah tembok retak akibat penurunan rumah tidak terjadi kepada anda di masa yang akan datang, maka penting untuk bertanya ke pemilik tanah atau developer mengenai kualitas tanah yang dimiliki sehingga anda memiliki perhitungan kekuatan tanah.

Namun, apabila anda tidak mendapatkan informasi yang diinginkan, maka anda bisa melakukan pencarian mandiri melalui internet untuk mendapatkan data yang diinginkan.

Beban Berat di Dinding

Luas hunian yang tidak terlalu besar menjadikan banyak orang melakukan berbagai kreasi agar bisa menempatkan berbagai dekorasi rumah atau menggantung berbagai barang yang dimiliki.

Salah satunya adalah memanfaatkan bagian tembok rumah untuk menggantung dekorasi rumah agar terlihat estetik atau menaruh berbagai barang yang dimiliki, hal ini biasanya dilakukan di dapur dimana anda menempatkan bumbu makanan di dinding agar mudah dijangkau.

Sayangnya, solusi penataan rumah ini juga menyebabkan masalah baru, salah satunya adalah kemunculan tembok retan yang bisa muncul karena dinding rumah tidak kuat untuk menahan beban di dinding sehingga muncullah masalah keretakan tersebut.

Sehingga sebelum meletakkan berbagai barang di bagian tembok rumah, penting bagi anda untuk mengukur kekuatan tembok rumah agar tidak terjadi kerusakan di masa yang akan datang.

Selain itu, anda juga perlu mengurangi untuk menempatkan berbagai barang di dinding untuk mencegah masalah tembok retak.

Solusi Tembok Retak

Solusi Tembok Retak

Masalah tembok retak yang muncul tentunya harus diselesaikan dengan segera agar tidak menjalar ke masalah rumah lainnya.

Meskipun begitu, dalam menghadapi masalah ini, anda juga perlu mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tembok retak agar bisa diselesaikan dalam waktu cepat.

Karenanya berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tembok retak yang bisa dilakukan oleh tukang yang profesional.

Ketahui Penyebab Tembok Retak

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah tembok retak adalah mengetahui penyebab dinding retak, sebab ini akan membantu untuk menentukan solusi yang bisa dilakukan oleh tukang.

Apabila tembok retak terjadi karena bencana alam, penggunaan bahan material yang kurang baik, plester yang gagal, atau konstruksi yang buruk, maka tukang biasanya akan melakuakn pembangunan ulang yang tentunya akan memakan banyak biaya.

Namun, untuk masalah penurunan ketinggian tanah, tentunya anda tidak mengatasinya dengan bantuan tukang mengingat masalah ini muncul karena kerusakan alam,

Sehingga apabila anda masih merasa terganggu dengan masalah tembok retak yang muncul, maka ada baiknya untuk berpindah ke tempat lain yang memiliki kekuatan tanah yang lebih baik dibandingkan sebelumnya untuk keamanan dan kenyamanan penghuni rumah lainnya.

Akan tetapi, apabila masalah tembok retak muncul akibat beban berat di dinding rumah, maka anda perlu mengurangi benda yang tergantung di dinding anda setelah melakukan perbaikan rumah agar tidak menimbulkan keretakan di dinding anda di waktu yang akan datang.

Alternatif untuk mengurangi beban berat di tembok adalah menambah jumlah lemari baru yang dapat menampung berbagai barang yang anda miliki sehingga tidak perlu tergantung di dinding anda dalam jangka waktu lama.

Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui penyebab masalah tembok retak, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk perbaikan rumah.

Hal ini dilakukan mengingat proses perbaikan tembok retak memerlukan berbagai bahan untuk menutupi keretakan yang didapatkan oleh dinding tersebut.

Namun, untuk memudahkan pekerjaan anda dalam memperbaiki tembok retak, maka anda bisa meminta tukang untuk membeli bahan yang dibutuhkan agar sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Pastikan juga agar tukang memilih bahan terbaik agar kerusakan tembok retak tidak kembali serta dinding rumah anda bisa bertahan dalam waktu lama.

Lakukan Pembersihan Dinding

    Apabila anda sudah menemukan tukang renovasi rumah yang tepat serta melakukan konsultasi mengenai masalah tembok retak yang dihadapi dan mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, maka anda bisa memulai untuk melakukan perbaikan area dinding tersebut.

    Biasanya tukang renovasi rumah akan memulai pekerjaan tersebut dengan melakukan pembersihan rumah, kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan bagian kotoran yang menempel sehingga hasil plesteran menjadi lebih baik dan bertahan lebih lama.

    Biasanya tukang menggunakan spatula atau pahatan untuk melakukan pembersihan yang lebih maksimal sehingga hasil plester bisa menempel lebih lekat agar tidak timbul masalah tembok retak di waktu yang akan datang.

    Tambal dengan Plesteran

    Setelah melakukan pembersihan bagian tembok retak, maka tukang biasanya akan membagi tingkatan kerusakan ke dalam dua bagian, yakni kerusakan ringan dan berat.

    Apabila kerusakan tembok retak yang terjadi masih pada tahap ringan, maka tukang hanya perlu melakukan plesterisasi saja, sehingga tidak memakan banyak waktu dan bahan yang dibutuhkan.

    Tukang biasanya memilih jenis plester yang sesuai kebutuhan tembok, dimana biasanya plesteran semen menjadi pilihan terbaik sebab bahan bakunya mudah ditemukan serta dapat dicampur dengan bahan lain untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

    Sebelum proses plesterisasi dilakukan maka biasanya tukang akan menyebutkan berbagai bahan yang dibutuhkan, dimana anda bisa membelinya secara mandiri atau meminta tukang untuk membelinya dengan jumlah dan nominal tertentu.

    Pastikan untuk meminta tukang memilih bahan material terbaik agar bahan plesteran bisa bertahan lama, sehingga kerusakan tembok retak tidak kembali terulang, tukang juga biasanya membawa berbagai alat yang dibutuhkan untuk plesterisasi tembok retak sehingga lebih menghemat biaya.

    Kegiatan plesterisasi tembok juga akan dimulai setelah tukang membasahi tembok, sehingga hasil plesterisasi dapat menempel dengan sempurna, sehingga pastikan agar kotoran dan debu sudah dibersihkan dengan sempurna serta mematikan instalasi listrik dimatikan untuk sementara agar tukang dapat membasahi dinding dengan sempurna.

    Apabila hasil plesteran sudah selesai dilakukan maka tukang akan membiarkannya beberapa saat agar dapat mengering dengan sempurna, pastikan untuk tidak terburu-buru untuk melakukan pengecatan sebab hasil plester yang masih basah juga akan memicu timbulnya tembok retak di waktu yang akan datang.

    Tambal Tembok dengan Semen

    Apabila masalah kerusakan tembok retak sudah sampai tahap yang parah, maka ada baiknya untuk menyemen bagian tersebut untuk mendapatkan hasil perlindungan yang maksimal sehingga masalah tersebut tidak akan muncul lagi.

    Sama seperti proses plesterisasi sebelumnya, tukang biasanya akan melakukan pembersihan tembok yang retak terlebih dahulu agar hasil penyemenan dapat menempel dengan baik dan bertahan dalam waktu lama.

    Pembersihan ini juga dilakuman pada bagian tembok yang retak atau berlubang, sehingga hasil penyemenan akan lebih efektif.

    Selain itu, tukang juga memerlukan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum memulai proses penyemenan, anda juga dapat meminta tukang untuk membeli berbagai bahan terbaik yang dibutuhkan sehingga hasil penyemenan tembok dapat lebih maksimal.

    Setelah proses pembersihan selesai dilakukan dan bahan yang diperlukan sudah disiapkan, maka tukang akan melakukan penyemenan dengan memasukkan berbagai bahan campuran ke tembok yang berlubang atau retak secara menyeluruh serta melakukan pembersihan pada bagian yang sudah terisi agar tidak tembok terlihat rata satu sama lain.

    Apabila proses penyemenan sudah selesai dilakukan maka tukang akan menunggu beberapa jam sampai hasil semen kering dengan sempurna, dimana tukang akan melanjutkan dengan mengamplas bagian tersebut agar terlihat bersih dan rata.

    Lakukan Pengecatan Tembok

    Tembok yang sudah selesai diperbaiki tentunya harus dilukis ulang agar terlihat selaras dengan bagian dinding lainnya sehingg tidak terlihat telah dilakukan perbaikan sebelumnya. Anda sebaiknya memilih warna tembok yang sama dengan sebelumnya agar terlihat selaras satu sama lain.

    Sebelum proses pengecetan ulang tembok rumah, maka ada baiknya untuk memilih merk cat tembok yang terkenal dan berkualitas untuk menghasilkan warna cat tembok yang bagus dan bisa bertahan lama sesuai dengan kualitas yang dimiliki.

    Ada baiknya juga untuk menggunakan jenis cat tembok anti air agar dinding anda tetap kuat saat musim hujan turun dan tidak terjadi tembok rembes di waktu yang akan datang.

    Masalah tembok retak perlu diatasi segera agar tidak merambah ke kerusakan rumah lainnya, tentunya dengan bantuan tukang profesional dan ahli di bidangnya dari Dandanoma yang bisa dihubungi di http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran spesialnya.


    Posted

    in

    by

    Tags:

    Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *