Kuat dan Tahan Lama, Jenis Kayu Anti Rayap untuk Rumah Anda

Kuat dan Tahan Lama, Jenis Kayu Anti Rayap untuk Rumah Anda

Bahan material kayu sering diidentikan dengan makanan kesukaan rayap, sebab jenis serangga ini biasanya akan memangga rangka bangunan atau furniture yang terbuat dari kayu kecuali kayu anti rayap.

Hal ini akhirnya membuat banyak orang berfikir orang untuk menggunakan bahan baku kayu di hunian mereka untuk menghindari serangan kayu.

Namun, tahukah anda bahwa tidak semua jenis kayu disukai oleh rayap, karena mereka memiliki bau dan bahan yang kurang disukai oleh mereka, sehingga serangga satu ini enggan memangsanya.

Sehingga anda bisa menggunakan jenis kayu ini sebagai rangka rumah atau bahan furniture anda agar kuat dan tahan lama, serta tidak dimangsa oleh rayap.

kayu ulin

Kayu Ulin

Kayu ulin menjadi salah satu jenis kayu yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pembangunan rumah atau bahan baku mebel.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki karakteristika yang kuat, sehingga sering disebut sebagai kayu besi, hal ini terlihat dari keawetannya terhadap serangan serangga seperti rayap dan tahan air, sehingga anda tidak perlu takut apabila hunian anda terkena banjir karena jenis kayu ini akan tetap awet.

Tidak haya itu, kayu ulin juga memiliki beberapa kelebihan yang menjadi daya tarik bagi anda untuk menggunakannya di berbagai penggunaan rumah tangga.

Ukuran yang Besar

Kayu ulin yang tumbuh besar di negara tropis memilki kelebihan berupa ukuran yang cukup besar dan tinggi yang menjulang, hal ini bisa terlihat dari tingginya yang mencapai 50 meter dengan diameter 1.2 meter, cukup besar untuk ukuran kayu.

Ukurannya yang besar ini menjadikannya incaran bagi banyak orang untuk digunakan di berbagai kebutuhan, baik sebagai bahan utama pembangunan rumah atau keperluan pembuatan mebel yang menghasilkan nilai jual yang menjanjikan.

Tahan Terhadap Berbagai Cuaca

Tumbuh dan besar di negara tropis, memiliki kayu ulin memiliki karakteristik yang tahan banting terhadap berbagai cuaca, mengingat negara tropis memiliki perubahan cuaca yang tidak bisa ditebak.

Ketahanan terhadap cuaca ini juga menjadikan kayu ulin dijuluki sebagai kayu besi karena kekuatannya, sehingga digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga dan bahan baku furniture yang diincar banyak orang dan kolektor.

Tekstur yang Keras dan Kasar

Perubahan cuaca yang ekstrim juga memberikan ciri khas yang khusus terhadap kayu ulin, salah satunya adalah tekstur yang keras dan kasar, sehingga cocok digunakan sebagai pondasi rumah.

Ciri khas tekstur yang keras dan kasar ini terlihat saat anda mencoba memotongnya, dimana anda memerlukan jenis gergaji khusus serta keahlian yang matang, sehingga bsia memotong kayu ulin sesuai keinginan dan kebutuhan sebelum dikirimkan ke perajin furniture atau suplier bahan bangunan.

Aroma Kayu yang Khas

Saat berkunjung ke hutan, anda tentunya akan merasakan bau alami yang membuat betah untuk bertahan di hutan dalam waktu lama.

Bau ini biasanya disebabkan dari aroma rumput segar serta bau alami yang dihasilkan dari pepohonan sehingga membuat anda merasa nyaman.

Kayu ulin menjadi salah satu jenis pohon yang memberikan aroma ini, dimana anda akan merasakan aroma yang menenangkan saat dekat dengan jenis kayu ini.

Aroma ini juga menjadi kelebihan kayu ulin sata diubah menjadi furniture, dimana pembeli akan merasakan bau kayu ulin yang khas, sehingga menambah estetikan rumah anda serta membuat hunian anda terasa lebih tenang.

kayu merbau

Kayu Merbau

Kayu merbau menjadi salah satu jenis kayu kebanggaan Indonesia, sebab mereka banyak diincar oleh kolektor dari seluruh dunia untuk dijadikan bahan baku furniture yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan kayu merbau ini memiliki jenis yang variatif sehingga memberikan tampilan yang berbeda-beda serta keunggulan yang memikat kolektor.

Kekuatan yang dimiliki serta keunikan yang melingkupi kayu merbau, menjadikan jenis kayu ini banyak digunakan sebagai bahan baku furniture atau pondasi rumah, sehingga tampilan hunian anda terlihat lebih estetik dan memiliki ciri khas sendiri.

Karenanya berikut keunggulan kayu merbau yang disukai banyak orang dan bisa menjadi pertimbangan untuk membangun rumah dari kayu anti rayap.

Asal Kayu Merbau

Kayu merbau menjadi salah satu jenis kayu kebanggan dari Indonesia, sebab jenis ini merupakan tumbuhan tropis yang tumbuh di dataran Sulawesi, Kalimantan, Papua, hingga Maluku.

Jenis kayu ini memiliki ciri khas berupa ukuran yang cukup besar mencapai 50 meter, sehingga dapat menyamai tinggi kayu ulin yang menjadi incaran banyak orang.

Ukuran yang besar serta kekuatan yang dimiliki tidak jarang membuat kayu ulin dijuluki dengan kayu besi, sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku utama pondasi rumah, jembatan, hingga badan truk karena dapat bertahan dalam waktu lama.

Namun, anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan baku utama furniture dengan perawatan dan perlakukan khusus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Warna dan Tektur Kayu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kayu merbau memiliki jenis yang berbeda-beda, sehingga memberikan tekstur dan tampilan yang berbeda.

Sehingga anda mungkin akan menemukan warna dan tektur kayu merbau yang berbeda-beda, ada yang memiliki karakter kasar dengan serat yang lurus, atau tesktur yang tidak beraturan.

Warna dan tekstur yang berbeda-beda ini menjaidkan anda dapat memilih jenis kayu merbau yang sesuai keinginan dan kebutuhan pembangunan rumah atau membuat furniture khusus sesuai pesanan.

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh kayu merbau adalah mereka memiliki tampilan seperti kayu jati, sehingga bisa menjadi alternatif apabila jenis kayu jati tidak ditemukan di daerah atau pengrajin yang anda pilih.

Kayu Merbau Sangat Keras

Sesuai dengan julukan yang dimilikinya sebagai kayu besi, kayu merbau memiliki tekstur yang cukup keras, sehingga cocok digunakan sebagai pondasi bahan bangunan karena kekuatan yang dimiliki.

Beberapa jenis bagian bangunan yang baisa dibuat dari kayu merbau adalah bagian kusen pintu dan jendela, lantai, furniture khusus seperti rak penyimpanan atau hiasan rumah, sehingga bagian rumah anda terlihat lebih estetik dan memiliki ciri khas khusus yang tidak ditemukan di hunian lainnya.

Selain estetika hunian yang khas dari kayu ulin, anda juga akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa keamanan dari serangan rayap atau serangga lainnya, sebab jenis kayu merbau termasuk jenis kayu anti rayap, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu tanpa memerlukan perlindungan tambahan.

Awet dan Tahan Lama

Kekuatan yang dimiliki oleh kayu merbau, menjadikan mereka awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama meskipun anda meletakkannya di area luar ruangan.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki kekuatan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem karena tumbuh dan besar di negara tropis,

Tidak hanya itu, keawetan ini juga didukung dengan perlindungannya terhadap serangan serangga atau rayap, sehingga furnitur anda bisa bertahan dalam jangka waktu lama tanpa perlindungan serta perawatan khusus.

kayu sengon untuk kayu anti rayap

Kayu Sengon Laut

Kayu sengon menjadi salah satu jenis kayu yang populer di kalangan msyarakat, baik yang sudah berpengalaman dalam membangun rumah atau orang awam sekalipun.

Hal ini dikarenakan kayu sengon laut banyak ditemukan di berbagai toko bahan bangunan dengan mudah sebab banyak orang yang mengembangkannya karena keuntungan yang diberikan dalam waktu cepat.

Tidak hanya itu, jenis kayu sengon laut memiliki kelebihan berupa kekuatan dan keawetannya, sehingga banyak digunakan untuk pembuatan mebel oleh para pengrajin kayu.

Sehingga apabila anda hendak membuat furnitur khusus dengan harga murah, maka kayu sengon bisa menjadi solusi yang tepat dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Bobot yang Ringan

Saat membeli furnitur di toko mebel, mungkin anda akan menemukan bahawa sofa incaran anda menggunakan rangka khusus sebagai penahan busa yang dipasang.

Biasanya sofa tersebut menggunakan jenis kayu sengon laut karena memiliki bobot yang ringan, sehingga cocok untuk dipadukan dengan bahan lain pada proses pembuatan mebel kekininan yang disukai banyak orang.

Bobot ringan yang dimiliki oleh kayu sengon juga menjadikannya lebih mudah dibawa kemana saja, sehingga memudahkan dalam proses pindahan atau pengiriman barang.

Namun dengan bobot yang ringan, menjadikan anda perlu berhat-hati saat menggunakannya, pastikan anda tidak menaruh beban yang berat di furnitur dari kayu sengon kaena mudah rusak atau patah karena bobot yang terlalu berat.

Kayu Sengon Cepat Kering

Furniture rumah saat ini tidak hanya bisa dibeli dengan model dan bahan yang tersedia, namun anda juga bisa membuatnya sendiri apabila anda menginginkan tampilan furniture khusus yang sesuai dengan ciri khas rumah yang dimiliki.

Apabila anda memiliki budget pembuatan rumah yang terbatas namun ingin memiliki model furniture tertentu dengan harga murah dan pembuatan yang cepat, maka kayu sengon bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebab serat kayu sengon lebih cepat kering karena ukurannya yang besar, sehingga mempercepat pengrajin untuk membuat furnitur yang sesuai keinginan dalam waktu cepat, sehingga anda juga bisa merasakannya sesegera mungkin.

Lapisan dengan Bahan Khusus

Salah satu ketakutan yang dimiliki oleh pemilik rumah yang memiliki furnitur dari kayu adalah serangan dari seranga tertentu, seperti rayap, kutu, atau semut.

Sebab ketiga jenis serangga ini apabila dibiarkan dalam jangka lama akan menggerogoti bagian lemari dan isinya tanpa anda sadari sebelumnya, sehingga dapat merusak dokumen berharga yang anda miliki.

Namun, anda tidak perlu khawatir, sebab anda bisa memberikan perlindungan pada furnitur kesayangan anda dnegan melapisinya menggunakan bahan khusus, sehingga tahan terhadap serangan rayap dalam jangka waktu lama.

Meskipun begitu, anda perlu melapisi mebel yang dimiliki dengan cairan khusus secara rutin untuk mempertahankan kekuatan yang dimiliki agar tidak diserang oleh rayap secara perlahan.

Harga Kayu Sengon yang Murah

Salah satu kendala yang dialami dalam membuat furniture model khusus adalah harga yang lebih mahal, sebab anda perlu memesan kayu dengan jenis khusus serta membayar jasa pengrajin dengan harga yang lebih mahal.

Namun, apabila anda masih menginginkan memiliki furniture khusus dengan anggaran terbatas, maka anda bisa melakukan alternatif dengan memilih bahan baku yang lebih murah.

Salah satunya dengan menggunakan kayu sengon, dimana mereka memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis kayu lainnya, sehingga anda bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan pembuatan sofa atau mebel lainnya.

Akan tetapi sebelum melakukan pembuatan furnitur dari kayu sengon, ada baiknya anda menambahkan bahan tambahan yang lebih kuat agar barang anda bisa lebih aman dan mebel anda dapat bertahan lebih lama dibandingkan menggunakan kayu sengon saja sebagai bahan utamanya.

kayu meranti

Kayu Meranti

Kayu meranti menjadi salah satu jenis kayu yang populer di daerah Asia Tenggara, sebab mereka termasuk kayu keras namun memiliki bobot yang ringan, sehingga tidak heran apabila mereka sering digunakan untuk konstruksi bangunan serta menjadi bahan dasar furnitur berkat kekuatan yang dimiliki.

Salah satu ciri khas yang dapat anda temukan dari kayu meranti adalah warnanya yang beragam, mulai dari pucat hingga kecoklatan, dimana semakin gelap warnanya menunjukkan kekuatan yang dimiliki.

Karenanya sebelum menggunakan kayu meranti untuk kebutuhan rumah tangga, maka ketahui dulu kekuatan yang dimiliki sebagai pertimbangan untuk menggunakannya.

Mudah Kering

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebelum melakukan pembuatan perabotan rumah tangga atau mebel, biasanya pengrajin akan mengeringkan kayu yang dipilih agar mudah dibuat dan dipoles serta dapat bertahan dalam waktu lama.

Proses pengeringan ini terkadang membutuhkan waktu lama, sehingga memengaruhi proses pembuatan furnture yang dimiliki.

Namun, anda tentunya tidak akan menemukan kendala ini saat menggunakan kayu meranti, sebab mereka mudah dikeringkan sehingga mempercepat proses pembuatan mebel atau perabotan rumah tangga lainnya.

Pengeringan kayu meranti bisa dilakukan dengan mengandalkan sinar matahari atau alat khusus dengan tujuan menjaga ukuran dan bentu kayu agar tetap stabil saat dibentuk ke berbagai ukuran.

Kayu Meranti Awet

Salah satu keinginan dari pemilik rumah saat menggunakan furniture dari kayu adalah keawetan yang dimiliki, namun setelah pemakaian beberapa tahun, anda mungkin akan menyadari bahwa jenis kayu yang digunakan mulai terasa rapuh sehingga anda perlu menggantinya dengan jenis lain, sehingga menghabiskan banyak biaya dan waktu untuk melakukan pencarian barang.

Namun, masalah ini mungkin tidak anda temukan saat menggunakan kayu meranti, dimana rata-rata jenis kayu ini memiliki keawetan hingga puluhan tahun, sehingga lebih hemat biaya karena bisa digunakan dalam jangka waktu lama tanpa perawatan khusus.

Biasanya untuk menjaga keawetan kayu meranti yang digunakan, maka pengrajin akan menambahkan bahan khusus dalam proses pembuatan dalam waktu lama, sehingga memberikan kepuasaan pelanggan yang sesuai keinginan karena kekuatan yang dimiliki.

Kayu Meranti Memiliki Struktur yang Kuat

Beberapa tahun belakangan, penggunaan kayu sebagai rangka atap rumah mulai berkurang sebab ketakutan akan serangan rayap yang dapat merobohkan bagian genteng tanpa disadari sebelumnya.

Namun, anda masih bisa menggunakan kayu meranti sebagai kerangka atap rumah sebab mereka memiliki kekuatan yang memadai untuk menahan genteng rumah dan menjadi kayu anti rayap, sehingga cocok digunakan untuk bagian struktur rumah.

Tidak hanya itu, ukuran dan kekuatan kayu meranti tidak mudah berubah meskipun digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Berkat kekuatan dan ketahanan yang dimiliki, menjadikan kayu meranti cocok digunakan sebagai material penyusun struktur bangunan karena dapat bertahan lama dari berbagai cuaca.

Kayu Meranti Sebagai Bahan Baku Furnitur

Dalam pembuatan furniture untuk hunian, pengrajin tidak hanya mempertimbangkan estetika saja, namun kekuatan bahan yang dimiliki.

Sehingga apabila anda ingin untuk mendapatkan keduanya maka kayu meranti bisa menjadi pilihan terbaik sebab memiliki kekuatan bahan yang kuat serta mudah dibentuk, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *