12 Cara Menghilangkan Rayap di Kayu

12 Cara Menghilangkan Rayap di Kayu

Rayap masih menjadi salah satu jenis serangga yang dihindari untuk berkembang biak di dalam rumah, sebab mereka memiliki kemampuan menggerogoti bagian yang berkayu dengan cepat, sehingga membuat furniture rumah mudah rusak serta melemahkan kekuatan bahan material rumah yang menyebabkan rumah mudah runtuh.

Masalah rayap yang dibiarkan terlalu lama, tentunya akan merugikan pemilik rumah sehingga perlu dicegah sebelumnya agar rayap tidak semakin berkembang biak di rumah anda.

Karenanya berikut beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rayap di kayu dengan cara tradisional atau modern yang bisa anda lakukan secara mandiri atau dengan bantuan tukang di rumah.

Hindari Kontak dengan Lantai Kayu

Hindari Kontak dengan Lantai Kayu

Lantai kayu telah menjadi pilihan banyak orang untuk dipasang sebagai interior di rumah dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Pertama adalah penampilan estetik yang dimiliki menjadikan rumah anda terlihat memiliki kesan modern yang hangat, selain itu warna lantai yang beragam juga membuat anda memiliki pilihan untuk menentukan jenis lantai yang sesuai keinginan.

Selain itu, lantai kayu juga memberikan kehangatan saat musim hujan dan memberikan hawa dingin saat musim panas, sehingga penghuni rumah merasa nyaman berada di rumah dengan lantai kayu yang dimiliki.

Namun, memiliki lantai kayu juga memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai oleh pemilik rumah, salah satunya adalah timbulnya rayap tanpa disadari sehingga mereka dapat menghabiskan furniture kayu secara perlahan.

Hal ini bisa terjadi sebab lantai kayu memiliki kelembaban yang tinggi ketika bersentukan dengan furniture kayu, sehingga apabila dibiarkan akan menjadi tempat rayap berkembang biak yang tentunya merugikan pemilik rumah.

Guna mengatasi masalah ini, anda bisa memberikan pembatas dari besi antara lantai kayu dengan furniture yang anda miliki, sehingga tidak menjadi tempat rayap berkembang biak.

Ada baiknya juga untuk memiliki lantai kayu yang berkualitas tinggi, sehingga menghindari udara yang lembab di sekitar lemari sehingga rayap tidak mudah berkembang biak, meskipun anda perlu mengeluarkan biaya pembelian yang mahal di awal.

Gunakan Asam Borat

Gunakan Asam Borat

Asam borat biasanya digunakan di dunia kesehatan sebagai bagian dari bahan obat yang efektif, namun anda juga bisa menggunakan jenis asam lain untuk keuntungan lainnya, salah satunya adalah menggunakannya untuk mengusir rayap.

Hal ini dikarenakan asam borat memiliki senyawa khusus yang dapat mengusir rayap dengan mudah dan cepat, sehingga anda tidak perlu melakukan usaha lebih untuk menggunakannya.

Cara penggunaan asam borat untuk membersihkan rayap cukup mudah, dimana anda hanya perlu mencampurkan cairan tersebut dengan sejumlah air kemudian masukkan masukkan ke dalam alat penyemprot.

Apabila peralatan sudah dipersiapkan maka anda bisa menyemprotkan cairan tersebut ke bagian mebel atau rumah yang memiliki indikasi menjadi tempat kembang biak rayap, semprotkan secukupnya agar rayap bisa menghilang dari tempat tersebut.

Lakukan juga kegiatan tersebut secara rutin untuk menghilangkan rayap secara tuntas dan berkala sehingga mereka tidak kembali ke tempat tersebut.

Pastikan juga untuk menggunakan alat pelindung seperti masker dan sarung tangan sebelum menyemprotkan asam borat untuk menghindari resiko yang ditimbulkan.

Gunakan Jebakan Kardus

Gunakan Jebakan Kardus

Rayap menyukai bahan-bahan dari kertas atau kayu, sehingga tidak mengherankan apabila mereka suka menyerang furniture kayu atau koleksi buku yang tersimpan.

Namun, kesukaan rayap ini juga bisa menjadi solusi lain untuk memberantas keberadaan mereka, salah satunya adalah menggunakan jebakan kardus.

Jenis jebakan kardus ini mudah dilakukan dan tidak memakan banyak biaya, dimana anda bisa mendapatkannya dari hasil belanja anda.

Cara menggunakan jebakan kardus cukup mudah, dimana anda hanya perlu menempatkan kardus di tempat rayap berkumpul, anda bisa menunggu beberapa jam sampai melihat mereka berkumpul untuk menikmati kardus yang disajikan.

Apabila jumlah rayap yang terkumpul sudah cukup banyak, maka anda tinggal membawa mereka keluar untuk dibakar, sehingga rayap tidak akan kembali lagi.

Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mematikan rayap dengan waktu cepat, sehingga mereka tidak datang kembali, sehingga anda bisa fokus pada perawatan mebel yang diserang oleh rayap.

Gunakan Lampu UV

Gunakan Lampu UV

Apabila cara tradisional dinilai menghabiskan banyak waktu dan tenaga karena harus melakukannya secara rutin, maka anda perlu menggunakan cara modern untuk mengatasinya, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan lampu UV.

Jenis lampu UV ini sudah banyak digunakan di berbagai hunian rumah, sebab mereka dapat mengusir berbagai jenis serangga dengan mudah dan cepat secara rutin, sehingga anda tidak perlu mengerjakan kegiatan rutin membasmi rayap yang membosankan.

Penggunaan lampu UV tentunya cocok bagi anda yang memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak sempat untuk membersihkan rayap secara rutin.

Cara ini juga efektif bagi anda yang memiliki furnitur ukuran besar, dimana anda tidak mungkin untuk mengeluarkannya secara rutin untuk menjemurnya yang tentunya akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memindahkannya.

Anda bisa menggunakan lampu UV juga cukup mudah, dimana anda bisa menyalakan serta meletakkan lampu UV di tempat rayap berkembang biak, sehingga dapat mengusir serangga tersebut dengan mudah.

Meskipun terlihat mudha dan tidak merepotkan, namun anda perlu mengguankan lampu UV dengan hati, dimana anda perlu menghindarkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan yang mungkin penasaran dengan alat tersebut dan berpotensi untuk merusakkannya.

Semprotkan Cairan Kapur Sirih

Semprotkan Cairan Kapur Sirih

Cara tradisional masih menjadi metode terbaik untuk menghilangkan rayap karena bahannya yang mudah ditemukan serta mudah dilakukan untuk pemula sekalipun.

Salah satu cara lain yang bisa digunakan untuk membasmi rayap secara tradisional adalah menyemprotkan kapur sirih.

Kapur sirih biasanya digunakan untuk membersihkan area mulut agar lebih higienis, namun anda juga bisa menggunakannya untuk membasmi rayap.

Penggunaan cairan kapur sirih untuk menghilangkan rayap juga cukup mudah, anda cukup merebus kapur sirih yang bisa anda temukan di toko obat tradisional, tunggu beberapa saat hingga mereka luluh dengan sempurna dan menjadi dingin sebelum memasukkannya ke alat penyemprot.

Semprotkan cairan kapur sirih ke bagian yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya rayap secara rutin sehingga mereka tidak datang kembali dan membuat furniture anda lebih awet dalam waktu lama.

Tempatkan Furnitur di Suhu Dingin

Tempatkan Furnitur di Suhu Dingin

Rayap memiliki sifat yang sama dengan manusia, dimana mereka juga membenci perubahan suhu udara yang ekstrim, misalnya cuaca panas yang tinggi serta suhu udara yang terlalu dingin.

Sehingga apabila anda hendak menyimpan dokumen kertas di dalam furniture kayu, maka ada baiknya untuk menyimpannya di ruangan dalam suhu udara yang dingin.

Cara ini dilakukan agar rayap tidak mudah berkembang biak serta dokumen yang anda simpan bisa bertahan lama dengan awet sehingga tidak merusak tulisannya.

Namun, untuk menempatkan furnitur di suhu udara yang dingin, anda juga perlu memerhatikan biaya listrik yang dikeluarkan dalam jangka waktu lama, apalagi jika anda tinggal di cuaca panas yang tentunya akan meningkatkan tagihan listrik yang tinggi dari waktu ke waktu.

Sehingga ada baiknya untuk menyimpan dokumen pribadi anda di lemari besi untuk menghindari serangan rayap serta menghindari dari tagihan listrik yang membengkak.

Gunakan Obat Anti Rayap

Gunakan Obat Anti Rayap

Penggunaan obat anti serangga menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan orang untuk mengatasi serangan rayap.

Sebab obat anti serangga mudah digunakan, dimana anda hanya perlu menyemprotkannya ke bagian tertentu yang menjadi sarang rayap, sehingga anda tidak perlu repot dengan berbagai langkah penggunaan yang panjang dan lama.

Tidak hanya itu, obat anti serangga juga mudah ditemukan dimana saja, seperti toko bahan bangunan, supermarket bahan meterial, serta toko daring dengan berbagai pilihan merk dan ukuran, sehingga anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Namun, dalam penggunaan obat anti serangga anda juga perlu melakukannya dengan hati-hati, sebab mereka memiliki bau yang cukup menyengat serta hasil asap yang cukup banyak, sehingga anda perlu menggunakan masker agar tidak terserap indra penciuman yang tentunya akan membahayakan bagi kesehatan.

Selain itu, anda juga melakukan penyemprotan obat anti serangga secara rutin ke bagian yang rawan ditinggali oleh rayap sehingga mereka tidak berkembang biak dan membentuk koloni yang semakin banyak.

Obat anti rayap tidak hanya bisa diaplikasikan dengan cara disemprot saja, namun anda juga bisa menemukannya dalam bentuk cairan pelapis kayu, sehingga saat anda mengoleskan ke bagian tersebut maka rayap akan sulit berkembang biak karena tidak tahan dengan bau yang ditimbulkan sehingga furniture anda akan lebih tahan lama.

Kurangi Kelembaban Rumah

Kurangi Kelembaban Rumah

Rumah yang lembab menjadi sasaran empuk bagi rayap untuk berkembang biak, sebab mereka menyukai udara yang stabil dalam jangka waktu lama.

Kelembaban yang terjadi di rumah tidak hanya timbul karena jumlah ventilasi yang kurang banyak tinggi rumah yang pendek, namun masalah ini juga bisa terjadi karena talang air yang bocor.

Hal ini dikarenakan posisi talang air yang bocor menempel pada dinding rumah, sehingga akan menyebabkan kelembaban dan menjadi sasaran empuk bagi rayap untuk berkembang biak dan mulai menghabiskan bagian rumah anda secara perlahan.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka ada baiknya untuk segera memperbaiki kerusakan pipa talang air dengan segera agar tidak mengundang rayap untuk datang.

Cara memperbaiki talang air juga cukup mudah, dimana anda bisa melapisinya dengan lem penambal khusus sehingga pipa air masih bisa tersambung dan tertutup dan membuat air masih mengalir dengan mudah.

Namun, apabila kerusakan talang air semakin parah, maka anda bisa menggantinya dengan talang air yang baru agar bisa lebih awet dalam waktu lama.

Gunakan Minyak Tanah

Gunakan Minyak Tanah

Minyak tanah menjadi salah satu bahan tradisional yang banyak digunakan untuk mengusir rayap dengan efektif, meskipun mereka memiliki bau menyengat serta tekstur yang lengket.

Penggunaan bahan ini dilakukan sebab mereka memiliki bau yang menyengat sehingga mengusir rayap untuk pergi serta mengandung bahan khusus yang membuat mereka enggan kembali.

Cara penggunaan minyak tanah untuk mengusir rayap juga cukup mudah, anda hanya perlu memasukkan minyak tanah ke alat penyemprot tanpa campuran bahan tambahan.

Jika sudah siap, pastikan area yang hendak disemprot jauh dari jangkauan api karena dapat memicu kebakaran yang membahayakan penghuni rumah serta lingkungan sekitar.

Semprotkan sejumlah minyak tanah ke bagian yang diinginkan secukupnya sampai terlihat basah dan tinggalkan agar mereka dapat kering dengan sendirinya.

Pastikan juga untuk melakukan penyemprotan ini secara rutin sehingga rayap tidak kembali serta melindungi furniture anda dari serangga yang mengganggu.

Gunakan Tembakau

Gunakan Tembakau

Tembakau biasanya digunakan sebagai salah satu bahan rokok karena bau dan rasa yang dimiliki, selain itu, tanaman ini juga memiliki fungsi lebih yakni sebagai pengusir rayap.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki bau dan rasa yang menyengat, sehingga membuat rayap kurang suka untik berada di tempat tersebut dalam jangka waktu lama.

Kelabihan lainnya dari menggunakan tembakau sebagi pengusir rayap adalah anda tidak perlu mengolahnya kembali, sebab anda hanya perlu menaruh sebatang rokok di area yang menjadi tempat berkumpul rayap. sehingga mereka tidak akan datang ke tempat tersebut.

Sehingga penggunaan tembakau sebagai pengusir rayap bisa diprtimbangkan, sebab tidak memakan banyak biaya, waktu, dan tenaga, namun efektif untuk mengusir serangga dengan optimal.

Namun, pastikan untuk tidak menaruh tembakau di area dekat baju, sebab aromanya akan menempel di kain anda dan susah dihilangkan kecuali mencucinya dengan pewangi pakaian.

Selain itu, anda juga perlu menggantinya secara rutin untuk mendapakan hasil yang efektif sekaligus melakukan inspeksi apakah terdapat rayap di tempat tersebut.

Gunakan Termisida

Gunakan Termisida

Penggunaan termisida tentunya menjadi solusi yang bisa digunakan untuk mengusir rayap kayu, sebab cairan ini memiliki bahan khusus untuk mengusir jenis serangga yang membandel ini.

Sama seperti bahan cairan lainnya, anda hanya perlu memasukkan termisida ke alat penyemprot khusus kemudian menyemprotkannya ke bagian yang berpotensi untuk diserang rayap atau telah digerogoti rayap sebelumnya.

Semprotkan termisida ke bagian tersebut sampai terlihat basah dan biarkan hingga mengering untuk mendapatkan efek yang digunakan.

Meskipun termisida memberikan efek pengusiran rayap yang efektif, namun jarang yang menggunakan cairan ini sebab mereka memiliki bahan yang membahayakan bagi kesehatan manusia.

Sehingga untuk menggunakan cairan termisida, ada baiknya untuk menggunakan lapisan pelindung khusus agar cairan tersebut tidak merusak kulit dan pernafasan anda yang tentunya berdampak pada kesehatan.

Anda bisa mendapatkan bahan ini dengan membelinya toko peralatan kimia, toko bahan bangunan, serta supermarket bahn material yang menjual peralatan rumah tangga yang lengkap.

Gunakan Minyak Nimba

Gunakan Minyak Nimba

Minyak nimba menjadi salah satu bahan yang digemborkan-gemborkan menjadi pengganti pestisida, sebab mereka lebih aman untuk digunakan sehingga tidak menimbulkan efek samping penggunaan.

Minyak nimba sendiri berasal dari biji pohon nimba yang memiliki fungsi untuk memengaruhi siklus hidup serangga.

Kelebihan yang dimiliki minyak nimba serta keamanan untuk penggunaan, menjadikan minyak nimba sebagai solusi untuk mengatasi rayap secara efektif, apalagi jika serangga tersebut sudah beranak pinak di furniture anda.

Cara penggunaan minyak nimba juga cukup efektif, dimana anda bisa meneteskan minyak tersebut ke bola-bola kapas sampai terasa basah, kemudian tempelkan bola tersebut ke bagian furnitur yang sudah digerogoti rayap.

Bau minyak nimba yang cukup menyengat serta bahan yang dikandungnya menjadikan cairan tersebut mampu membunuh rayap agar berhenti makan serta bertelur, sehingga lama kelamaan mereka akan berhenti berkembang biak.

Penggunaan minyak nimba ini tentunya efektif bagi anda yang ingin mengusir rayap dengan aman dan tidak merusak kesehatan.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *