6 Cara Memilih Atap Anti Bocor dan Kuat

6 Cara Memilih Atap Anti Bocor dan Kuat

Bagian atap menjadi bagian penting dalam proses pembangunan atau renovasi rumah, sehingga penting bagi anda untuk memilih atap anti bocor.

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak inovasi atap anti bocor yang lebih kuat serta desain yang beragam sehingga menambah estetika hunian anda.

Meskipun begitu, anda perlu memilih atap anti bocor terbaik bagi hunian anda agar bisa tahan lama dalam berbagai cuaca.

Berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan dalam memilih atap anti bocor yang kuat dan sesuai dengan desain rumah anda.

cara memilih bahan anti bocor yang sesuai

Pilih Bahan yang Sesuai

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memilih atap anti bocor yang kuat adalah memilih bahan yang sesuai.

Indonesia sendiri masih menggunakan jenis atap anti bocor dengan bahan tanah liat karena ketersediaannya yang masih banyak dan mudah ditemukan di daerah tertentu.

Ketersediaan tanah liat yang masih banyak dan mudah ditemukan menjadikan genteng jenis ini memiliki harga yang lebih murah, sehingga menjadi pilihan bagi banyak kontraktor untuk membangun atau renovasi rumah menggunakan jenis atap ini.

Akan tetapi, dibalik kelebihan ini atap anti bocor dari tanah liat juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah mudah berlumut karena diterpa cuaca panas dan dingin dalam jangka waktu lama.

Sehingga ada baiknya untuk mengganti genteng secara rutin guna mendapatkan kekuatan hunian yang lebih kuat.

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan bahan atap anti bocor yang lain sesuai dengan kebutuhan dan untuk menambah estetika hunian anda.

Salah satunya adalah jenis atap anti bocor dengan bahan transparan yang banyak digunakan di hunian modern untuk bagian tertentu, misalnya saja bagian garasi atau ruang menjemur.

Penggunaan atap anti bocor transparan ini dipilih karena mereka bisa memancarkan pencahayaan yang cukup, sehingga dapat mengeringkan pakaian yang dicuci dalam waktu cepat namun tetap memberikan keamanan bagi rumah anda.

Kelebihan yang diberikan ini menjadikan banyak orang menggunakan atap anti bocor transparan sebagai kebutuhan hunian anda dengan pilihan bahan yang beragam, berikut beberapa jenis bahan yang bisa anda pilih dan gunakan di hunian anda : 

Polikarbonat

Apabila daerah rumah anda memiliki cuaca ekstrim yang sering berubah sepanjang tahun, maka ada baiknya untuk menggunakan jenis atap anti bocor dengan bahan polikarbonat.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki ketahanan yang kuat dari cuaca ekstrem, selain itu atap anti bocor dengan bahan polikarbonat juga dapat meningkatkan estetika rumah karena memiliki tampilan yang lebih kaca namun lebih kuat dan ringan sehingga lebih mudah dalam proses pemasangannya.

Bagi anda pecinta lingkungan yang ingin membangun hunian ramah lingkungan maka menggunakan atap anti bocor jenis ini bisa menjadi bahan terbaik, sebab mereka bisa didaur ulang dengan mudah sehingga tidak merusak lingkungan.

Kaca

Penggunaan atap anti bocor menggunakan kaca memang jarang digunakan di hunian indonesia, sebab mereka dapat dengan cepat memancarkan panas, sehingga kurang cocok digunakan di iklim tropis.

Namun, bagi anda yang ingin memberikan kesan elegan di rumah anda, maka mengguankan atap anti bocor dari kaca bisa menjadi pilihan terbaik, sebab merkea bisa menonjolkan desain rumah mewah yang dimiliki.

Akan tetapi, dibalik kesan mewah yang diberikan oleh atap anti bocor dari kaca, mereka juga memiliki kekurangan.

Salah satunya adalah mudah memancarkan panas, sehingga kurang cocok digunakan di iklim tropis, namun jika anda ingin menggunakannya, maka ada baiknya untuk memilih sudut tertentu saja dengan ukuran kecil.

Sebab atap anti bocor dari kaca lebih berat dibandingkan polycarbonat, sehingga sulit dipasang yang menyulitkan jika mengalami kerusakan sebab bahannya yang dapat dengan mudah melukai kulit manusia.

Misalnya saja, anda bisa memasang di bagian jendela rumah atau bagian atap jendela untuk menimbulkan kesan estetika yang elegan di rumah mewah anda.

PVC

Seperti yang telah diketahui banyak orang, bahwa proses pembangunan atau renovasi rumah membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga untuk menghemat pengeluaran anda perlu memilih bahan bangunan dengan harga yang lebih murah namun dengan kekuatan yang sama.

Salah satunya adalah memilih atap anti bocor dari PVC, sebab memiliki tampilan genteng yang transparan namun dengan durabilitas yang tinggi.

Selain itu, atap dari bahan PVC juga lebih murah dan ringan serta memiliki ketahanan terhadap bahan kimia dan panas, sehingga cocok digunakan di daerah tropis yang dominan akan cuaca panas.

Sayangnya, bahan PVC dapat membahayakan nyawa manusia sebab bahan kimia yang dimiliki, sehingga dibutuhkan pemasangan khusus agar atap anda tetap tahan lama.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, mulai muncul atap anti bocor dengan bahan uPVC yang bebas dari BPA, serta lebih tahan api sehingga mencegah penyebaran kebakaran dan korsleting listrik.

Jenis bahan ini tentunya cocok digunakan di hunian padat penduduk sehingga mencegah penyebaran kebakaran yang membahayakan banyak orang.

Kelebihan lainnya dari yang dimiliki bahan uPVC adalah mereka bisa di daur ulang kembali, sehingga cocok bagi anda si pecinta lingkungan yang ingin memiliki hunian ramah alam.

Pilih Atap Anti Bocor yang Memberikan Garansi

Pilih Atap Anti Bocor yang Memberikan Garansi

Dengan persaingan penjualan atap anti bocor yang ketat, menjadikan banyak merk menawarkan kelebihan lain dari produk yang dimilikinya.

Salah satunya adalah dengan memberikan garansi di atap anti bocor yang dimiliki, sehingga memikat konsumen untuk membelinya.

Namun, dengan garansi yang diberikan, anda sebaiknya tidak mudah tergiur namun tetap mengecek kualitas produk yang dimiliki.

Pertama adalah memastikan atap anti bocor memiliki kualifikasi yang sesuai, dimana anda bisa melihat dari kandungan bahan yang dimiliki.

Kedua adalah melihat ulasan produk dari konsumen yang pernah membeli barang tersebut, anda bisa bertanya ke kenalan atau kerabat dekat yang pernah melakukan renovasi dalam waktu dekat guna mengetahui jenis atap anti bocor yang pernah mereka beli dan gunakan sebelumnya.

Tanyakan mengenai pengalaman mereka setelah menggunakan merk atap anti bocor tersebut guna memastikan klaim yang diberikan.

Mencari ulasan konsumen di internet seperti forum khusus atau sosial media juga bisa menjadi pilihan terbaik, sebab banyak pembeli yang mencurahkan perasaanya saat menggunakan merk anti bocor dalam jangka waktu tertentu.

Perhatikan juga klaim yang diberikan dan tanyakan garansi apabila atap anti bocor mengalami kerusakan sebelum waktunya, sehingga anda bisa memastikan kualitasnya.

Baca juga bahan yang dikandung di atap anti bocor dan pastikan mereka memenuhi kebutuhan hunian dan desain rumah anda.

Ketahui Cara Pemasangan Atap Anti Bocor

Ketahui Cara Pemasangan Atap Anti Bocor

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa atap anti bocor memiliki bahan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan perlakuan khusus agat genteng anda tidak mudah pecah saat pemasangan serta kuat dalam waktu lama.

Pada beberapa bahan atap anti bocor seperti polikarbonat atau uPVC anda bisa memasangnya dengan mudah sebab bahannya yang ringan dan mudah dibentuk.

Namun berbeda dengan atap anti bocor yang menggunakan kaca, dimana anda membutuhkan teknik khusus agar pemasangan atap anda tidak mudah rusak dan pecah sehingga bisa bertahan lama.

Selain itu, perhatikan juga pengukuran ventilasi yang digunakan, sebab kaca mudah memuai dalam kondisi cuaca tertentu, sehingga anda perlu membuat ukuran yang lebih kecil dibandingkan ventilasi agar tidak mudah pecah dan terpasang dengan sempuran.

Pertimbangkan juga lokasi pemasangan atap anti bocor, sehingga anda bisa memilih bahan yang selaras dengan kebutuhan serta desain rumah yang dimiliki.

Pada proses pemasangan ini anda tentunya memerlukan bantuan dari tukang yang berpengalaman sehingga mereka bisa memasang atap anti bocor dengan sempurna.

Misalnya saja atap anti bocor yang menggunakan genteng tanah liat atau baja, dimana anda perlu membongkarnya satu persatu untuk menggantinya serta memastikan agar mereka tidak mudah pecah saat anda menginjaknya.

Berbeda dengan genteng rumah yang menggunakan bahan uPVC yang tidak hanya mudah dipasang namun juga memiliki teknik penguncian khusus menggunakan interlock, sehingga melindungi dari masalah atap rumah bocor.

Pilih Atap Anti Bocor dengan Perawatan Mudah

Pilih Atap Anti Bocor dengan Perawatan Mudah

Sama seperti bagian rumah lainnya, atap juga memerlukan perbaikan dan perawatan khusus agar bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Namun, dengan kesibukan yang dimiliki serta posisi atap yang cukup tinggi menjadikan anda cukup sulit untuk merawat bagian genteng secara rutin.

Solusinya adalah memilih atap anti bocor yang memiliki perawatan mudah sehingga tidak memakan waktu untuk merawatnya.

Misalnya saja, anda memiliki atap anti bocor dengan bahan uPVC, dimana atapnya mudah dibersihkan dengan cara menyapu bagian yang kotor agar sampah daun mudah turun atau menyiramnya pada waktu-waktu tertentu.

Kegiatan ini dilakukan agar sampah yang menggunung tidak merusak kekuatan bagian atap anti bocor sehingga bisa tahan lebih lama.

Apabila anda memiliki pohon yang rimbun di dekat rumah anda, maka ada baiknya untuk memotongnya secara rutin agar sampah yang jatuh tidak berkumpul di bagian genteng rumah yang menyebabkan kerusakan atap anti bocor.

Lakukan juga pemeriksaan secara rutin di bagian genteng anda guna memastikan tidak ada sampah atau kotoran yang menggunung di area atap anti bocor.

Selain memeriksa bagian genteng secara rutin, maka ada baiknya juga untuk memeriksa talang air, dimana mereka menjadi saluran pembuangan air saat hujan turun, sehingga anda perlu memastikan bahwa mereka tetap bersih,

Penumpukan sampah di talang air juga menyebabkan turunnya kekuatan talang air yang menjadikan mereka mudah runtuh di waktu yang tidak disangka-sangka.

Sedangkan bagi pemilih atap anti bocor dari tanah liat, tentunya anda sudah tidak asing dengan keberadaan lumut.

Timbulnya lumut bisa terjadi sebab perubahan cuaca dalam waktu lama sehingga membuat mereka tumbuh sumur, mengingat tanah liat juga menjadi pertumbuhan lumut yang subur.

Tumbuhnya lumut di bagian atap anti bocor dari tanah liat tidak hanya menjadi penanda bahwa genteng anda sudah berumur lama, namun juga menjadi indikasi untuk segera mengganti genteng tersebut.

Hal ini dilakukan sebab timbulnya lumut yang berlebihan dapat menghilangkan estetika rumah, sehingga membuat hunian anda terlihat lebih tua beberapa tahun dibandingkan usianya.

Tentunya anda tidak ingin menghilangkan keindahan rumah anda bukan? 

Membersihkan lumur di atap anti bocor dari tanah liat cukup mudah, anda cukup membersihkannya dengan campuran pemutih dan air dengan ukuran yang sama.

Pilih Atap Anti Bocor untuk Iklim yang Sesuai

Pilih Atap Anti Bocor untuk Iklim yang Sesuai

Saat melakukan pemilihan atap anti bocor, anda mungkin tergoda dengan genteng yang memiliki harga murah serta sesuai dengan desain rumah yang dimiliki.

Namun, anda sebaiknya tidak memilih hanya karena memiliki kecocokan dengan jenis bahan yang dipilih, sebab anda perlu menyesuaikan dengan iklan yang dimiliki.

Hal ini dilakukan sebab atap tidak hanya sebagai pelindung rumah namun mereka juga perlu berhadapan langsung dengan cuaca luar, sehingga anda perlu memilih atap anti bocor yang tahan dengan berbagai cuaca.

Misalnya jika anda memiliki hunian di daerah yang memiliki iklim panas sepanjang tahun, maka ada baiknya untuk menghindari atap anti bocor dari bahan kaca.

Sebab bahan dari kaca dapat memancarkan panas secara langsung yang tentunya akan membuat anda tidak nyaman di dalam rumah.

Namun, anda bisa menggunakan atap rumah kaca pada bagian tertentu, seperti ruang menjemur atau kebun mini yang dimiliki, dimana mereka membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan area lainnya.

Apabila anda tinggal di iklim tropis yang panas sepanjang tahun, maka ada baiknya untuk menggunakan atap anti bocor dari bahan tanah liat, polycarbonat, serta uPVC.

Sebab selain mudah dibentuk, mereka juga memiliki ketahanan yang lebih kuat dalam menghadapi cuaca ekstrim yang terus berubah.

Mereka juga tidak memancarkan cahaya matahari secara langsung, sehingga membuat bagian rumah anda terasa lebih dingin.

Guna menemukan atap anti bocor yang tepat, maka ada baiknya untuk menyamakannya dengan hunian lain di sekitar lingkungan anda guna menemukan jenis genteng terbaik sesuai kebutuhan.

Kenali Model Atap Rumah yang Beragam

Kenali Model Atap Rumah yang Beragam

Dalam proses pemilihan atap anti bocor terbaik, anda tidak hanya memilih bahan yang diinginkan namun juga modal atap yang sesuai.

Model atap anti bocor yang relevan juga akan memudahkan air hujan mengalir dengan mudah sehingga mengurangi resiko kebocoran.

Hal ini tentunya dapat anda sadari saat melihat model atap rumah di berbagai pemukiman yang tentunya memiliki tujuannya sendiri-sendiri.

Atap Pelana

Jenis atap rumah pertama yang banyak ditemukan di berbagai desain rumah adalah model pelana kuda yang memiliki bentuk prisma segitiga.

Model ini banyak ditemukan di berbagai hunian pemukiman sebab desainnya yang sederhana namun tetap memberikan rasa aman bagi penghuninya.

Keuntungan dari menggunakan jenis atap rumah ini adalah biaya perawatannya lebih terjangkau serta lebih mudah bagi anda untuk memantau kerusakan yang terjadi sehingga bisa lebih cepat diperbaiki.

Atap pelana juga cocok digunakan di iklim tropis yang mengalami cuaca panas sepanjang tahun, sebab mereka memiliki daya serap tinggi dari sinar dan panas matahari sehingga membuat penghuni rumah merasa lebih sejuk.

Atap Limas

Dalam membangun rumah, anda tidak hanya memperhitungkan segi keamanan dan kenyamanan saja, namun juga estetika hunian yang dimiliki.

Apabila anda ingin membuat rumah anda terlihat lebih estetik maka desain atap limas bisa digunakan, sebab mereka memiliki tampilan yang indah sehingga membuat anda tidak merasa bosan untuk memandangnya.

Kelebihan lainnya dari menggunakan desap atap rumah bentuk limas adalah mereka juga dapat melindungi rumah dari sinar matahari dengan baik, sehingga cocok untuk digunakan di iklim tropis dan membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman.

Konsultasikan atap rumah terbaik denagn ahlinya serta pemasangan dengan tukang yang profesional dengan Dandan Express, http://wa.me/62859106509858 yang bisa dihubungi untuk berbagai penawaran terbaiknya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *