5 Desain Rumah Anti Bocor

5 Desain Rumah Anti Bocor

Musim hujan menjadi salah satu waktu yang ditunggu oleh banyak orang setelah kemarau berkepanjangan, namun dengan datangnya musim ini, anda harus bersiap-siap dengan resiko yang datang, salah satunya adalah kebocoran atap rumah.

Masalah ini bisa timbul karena saat musim hujan, anda tentunya tidak menyadari kerusakan atap rumah bocor atau rumah rembes karena tidak terjadi sebelumnya.

Namun, setelah musim hujan datang, anda baru menyadari adanya kebocoran tersebut dan terpaksa untuk memperbaikinya dengan terburu-buru.

Meskipun begitu, masalah ini bisa diantisipasi sebelumnya dengan cara melakukan pengecekan atap rumah atau membuat desain rumah anti bocor yang bisa didiskusikan sebelum pembangunan rumah.

Guna merencanakan desain rumah anti bocor, berikut beberapa pilihan untuk membuat rumah anda tetap aman di musim hujan.

Desain Rumah Anti Bocor

Desain Rumah Anti Bocor

Saat membangun rumah impian, tentunya anda memiliki keinginan untuk memiliki rumah dengan tampilan yang indah namun tetap memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Sehingga dalam proses pembangunan dan desain rumah, tentunya anda perlu mempertimbangkan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Salah satunya adalah membuat desain rumah anti bocor yang berfungsi untuk melindungi rumah anda dari resiko kebocoran atap rumah dan rumah bocor rembes yang mengganggu ketenangan penghuni rumah.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi desain rumah anti bocor yang sesuai kebutuhan penghuni rumah di musim hujan.

Gunakan Bentuk Atap Miring

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan desain rumah anti bocor adalah menggunakan bentuk atap miring.

Desain rumah anti bocor ini biasa digunakan oleh kontraktor atau mandor sebab mereka dapat dengan mudah mengalirkan air hujan ke talang air yang kemudian masuk ke dalam saluran pembuangan dengan mudah, sehingga tidak berkumpul di satu tempat yang akan menyebabkan perembesan atap rumah.

Namun pada proses pembuatan atap rumah bentuk miring, kontraktor dan mandor harus melakukan berbagai perhitungan terlebih dahulu.

Pertama adalah tingkat kemiringan yang sesuai, sehingga air hujan bisa langsung mengalir ke talang air dengan murah tanpa hambatan.

Selain itu, kontraktor juga perlu menghitung tingkat kemiringan untuk rangka atap rumah. sehingga genteng rumah bisa dipasang dengan selaras satu sama lain.

Biasanya mandor atau tukang akan memilih bentuk atap dengan tingkat kemiringan 25 derajat, dimana ukuran ini paling cocok digunakan di daerah dengan musim tropis.

Di sisi lain, memiliki atap rumah miring tidak hanya berguna untuk mengalirkan air hujan dengan lancar, namun juga dapat menghalau air hujan yang terbawa oleh angin kencang.

Hal ini dikarenakan atap rumah miring juga memiliki bentuk yang beragam, seperti bentuk atap pelana, perisai, hingga yang menghadap ke salah satu arah, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan desain rumah yang anda pilih.

Guna mendapatkan hasil atap rumah miring yang maksimal dan melindungi dari kebocoran atap rumah, anda juga bisa memberikan perlindungan dengan memberikan lapisan anti bocor.

Gunakan Material yang Tepat

Saat berkunjung ke supermarket bahan bangunan, anda mungkin akan merasa galau dengan berbagai pilihan material yang akan dipilih untuk pembangunan rumah.

Sehingga untuk mendapakan perlindungan yang maksimal, maka ada baiknya untuk memilih bahan material yang tepat untuk melindungan dari kebocoran atap rumah.

Pertama adalah anda perlu memilih bahan atap rumah terbaik yang dapat memberikan rasa sejuk pada rumah anda di musim kemarau namun juga bisa memberikan perlindungan saat musim hujan tiba.

Sebagian besar orang biasanya memilih jenis genteng dari tanah liat karena memiliki harga yang relatif murah namun tetap memberikan perlindungan maksimal di musim hujan.

Namun, apabila anda ingin memiliki desain atap rumah yang selaras dengan hunian anda, maka ada baiknya untuk memlih jenis genteng lain yang memiliki warna yang beragam serta memiliki perlindungan terbaik.

Kedua adalah memilih jenis cat tembok terbaik yang anti jamur serta rembes, sebab cat tembok tidak hanya memberikan pilihan warna yang beragam sesuai dengan desain rumah anda, namun juga menjadi perisai pertama rumah anda apabila hujan datang.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih merk cat dinding terkenal yang dapat memberikan perlindungan maksimal bagi rumah anda.

Mintalah rekomendasi dari mandor, tukang, atau penjual untuk mendapatkan merk cat dinding dengan perlindungan maksimal.

Anda juga bisa bertanya dengan tetangga atau kenalan yang telah membangun rumah sebelumnya untuk mendapatkan merk cat dengan hasil yang diinginkan.

Kunjungi juga toko cat atau supermarket bahan bangunan untuk mendapatkan sampel warna yang diinginkan dan sesuai dengan desain rumah.

Ketiga adalah pemilihan lapisan anti air yang biasanya dioleskan ke bagian genteng rumah atau dinding untuk memberikan perlindungan dari terpaan air hujan.

Pengolesan ini dilakukan mengingat bahan material juga perlu mendapatkan perlindungan yang maksimal, meskipun mereka memiliki jenis bahan yang kuat sebab kekuatan mereka akan terus berkurang dari tahun ke tahun.

Oleskan lapisan anti bocor tersebut ke seluruh atau sebagian atap atau dinding rumah untuk memberikan perlindungan anti hujan yang maksimal.

Rancang Sistem Talang Air yang Baik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, perancangan sistem talang air yang baik juga akan membantu memberikan desain rumah anti bocor yang aman.

Sehingga penting bagi anda untuk mendiskusikan sistem talang air yang baik bersama mandor dan tukang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pertama adalah memilih bentuk dan ukuran talang air yang dapat menampung dan mengalirkan debit air hujan dengan baik, sehingga mereka dapat masuk ke lubang yang tepat dan tidak melebar ke bagian lain sehingga memberikan resiko tumbuhnya jamur.

Kedua adalah menghindari desain talang air yang penuh sambungan karena memiliki resiko kebocoran apabila debit air hujan sedang tinggi, ada baiknya untuk memilih desain talang air yang langsung ke bawah untuk memudahkan pengaliran air hujan.

Ketiga adalah memilih bahan talang air terbaik yang awet digunkan dalam waktu lama, biasanya mandor atau tukang akan memilih jenis bahan dari plastik, sehingga anti korosi serta mengurangi resiko pertumbuhan jamur, sehingga bisa tahan lebih lama dibandingkan jenis bahan lain.

Beberapa jenis bahan talang air dari plastik juga memiliki perlindungan terhadap sinar matahari, sehingga memberikan perlindungan lebih yang tahan lama.

Tidak hanya itu, bahan talang air dari plastik juga lebih ringan dibawa, sehingga memudahkan untuk pemasangan di lokasi yang sulit dijangkau, 

Namun, apabila anda hendak memilih bahan talang air yang sesuai dengan desain rumah anda, maka menggunakan jenis talang air dari tembaga dan logam bisa menjadi pilihan terbaik, sebab mereka memiliki pilihan warna yang beragam sehingga mempercantik hunian.

Akan tetapi, untuk memberikan perlindungan dari sifat korosif, maka ada baiknya untuk mengoleskan bagian tersebut dengan pelapis anti bocor, korosi, serta jamur untuk memberikan perlindungan yang maksimal.

Selain itu, jika anda memiliki desain rumah mewah dengan ukuran besar, tentunya anda memerlukan talang air dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan biasanya untuk pengaliran air yang lebih lancar, apalagi jika anda tinggal di daerah yang memiliki curah hujan tinggi.

Guna mengatasi masalah ini, maka anda bisa menggunakan jenis talang air dari beton atau cor, dimana anda bisa membangun ukuran talang air yang lebih besar.

Penggunaan talang air tidak hanya mampu mengalirkan air hujan ke saluran pembuangan, namun anda juga bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Seperti mengalirkan ke tanaman hidroponik yang anda miliki untuk mendapatkan aliran air yang matang dan langsung dari sumbernya.

Pasang Kanopi Sebagai Pelindung Air Hujan

Curah hujan yang deras dalam waktu lama tentunya akan mengotori bagian teras rumah serta memberikan efek banjir yang menggangu penghuni rumah.

Sehingga penting bagi anda untuk memasang kanopi guna melindungi dari tempias air hujan yang membuat teras licin, berikut beberapa cara memilih jenis kanopi terbaik untuk rumah anda.

Pertama adalah mengenali desain rumah yang dimiliki untuk menyesuaikan tampilan kanopi rumah, sebab kanopi juga memiliki jenis desain yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Biasanya, anda akan diberikan berbagai bahan dan desain kanopi yang beragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Anda juga perlu melakukan konsultasi dengan pembuat kanopi untuk memastikan mendapatkan jenis kanopi yang dibutuhkan dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

Desain kanopi yang beragam juga memungkinkan anda untuk memilih tampilan yang sesuai desain rumah, misalnya tampilan yang simpel untuk desain rumah minimalis atau modern untuk rumah mewah sehingga saling berdampingan satu sama lain.

Pilih juga warna kanopi yang selaras dengan desain rumah yang dimiliki sehingga terlihat saling menyatu satu sama lain.

Apabila anda ingin mendapatkan tampilan yang lebih keren, maka anda bisa memilih desain kanopi dengan ornamen yang beragam.

Kedua adalah memilih bahan material terbaik, sebab kanopi memiliki tugas untuk melindungi rumah dari hujan dan panas dalam waktu lama, sehingga anda perlu memastikan bahwa bahan yang dipilih memiliki perlindungan terbaik.

Dalam pemilihan bahan material untuk kanopi, anda juga sebaiknya menyesuaikan dengan intensitas cuaca di daerah anda guna memberikan rasa aman dan nyaman.

Apabila anda tinggal di daerah dengan cuaca panas hampir sepanjang tahun, maka ada baiknya untuk menghindari bahan kanopi dari kaca, sebab akan membuat cahaya matahari lebih mudah masuk dan membuah rumah anda terasa lebih panas.

Namun, jika anda tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi, maka ada baiknya untuk memilih bahan kanopi dengan perawatan yang mudah serta tidak mudah untuk terkena jamur atau pengkaratan lainnya.

Hal ini dikarenakan curah hujan yang tinggi juga menjadi penyebab kedua masalah tersebut, dimana perawatannya juga cukup sulit dan anda mungkin perlu menggantinya apabila timbul kesuakan di kanopi anda.

Di sisi lain, apabila anda hendak memberiskan sisi estetik pada kanopi anda, maka anda bisa memilih jenis kanopi kayu yang memiliki kesan estetik, namun pastikan untuk memilih bahan kayu yang tidak mudah termakan rayap atau pelapukan karena hujan.

Ketiga adalah mempertimbangkan fungsi penggunaan kanopi, dimana fungsi utama kanopi adalah memberikan perlindungan ekstra dari tempias hujan, sehingga anda mungkin perlu menyampingan jenis desain dan bahan yang dipilih agar kanopi bisa digunakan dalam waktu lama.

Di sisi lain, kanopi tidak hanya dipasang di bagian depan rumah saja, namun di bagian tertentu yang menjadi pembatas antara area luar dan dalam rumah untuk memberikan perlindungan dari panas dan hujan.

Penggunaan Teras Sebagai Tempat Bersantai

Saat proses pembangunan rumah, anda akan diberikan tempat khusus untuk teras sehingga bisa digunakan sebagai tempat bersantai.

Sehingga untuk mendapatkan desain teras yang nyaman, maka ada baiknya untuk merancang area tersebut dengan nyaman sesuai kebutuhan dan keinginan.

Pertama adalah menempatkan beberapa pot bunga dan tanaman di area teras sehingga memberikan kesan sejuk di tempat tersebut.

Anda bisa memilih jenis tanaman plastik yang memiliki warna yang beragam serta mempunyai ketahanan untuk waktu yang lama, namun anda juga bisa memilih tanaman asli yang memberikan kesegaran yang nyata.

Namun, dalam pemilih tanaman untuk area teras, ada baiknya untuk memilih jenis bunga yang tidak mengundang nyamuk sehingga membuat anda lebih nyaman untuk bersantai di teras rumah.

Pilih juga ukuran tanaman hias yang tidak terlalu besar sehingga tidak mengganggu jalan penghuni rumah untuk masuk ke dalam hunian, rawat juga tanaman dengan menyiraminya serta memberikan pupuk secara rutin.

Kedua adalah menambahkan dekorasi di sekitar teras, pemilihan dekorasi ini akan membantu mempercantik bagian teras sehingga tampak selaras dengan desain rumah, apalagi jika anda sering menggunakan area tersebut untuk menerima tamu atau bersantai di waktu tertentu.

Dalam memilih dekorasi untuk teras, ada baiknya untuk memilih barang dengan ukuran kecil namun memiliki fungsi ganda, misalnya saja asbak atau tempat penyimpanan minuman, sehingga bisa menjadi tempat menjamu tamu yang nyaman.

Anda juga dapa memilih desain dekorasi yang sesuai dengan tampilan rumah anda, baik dengan model tradisional atau modern sesuai kebutuhan, pastikan juga bahan untuk dekorasi tersebut tidak mudah pecah dan mudah dibersihkan sehingga bisa dipajang tanpa merasa takut.

Ketiga adalah memilih jenis furnitur yang sesuai. ukuran teras rumah yang relatif kecil dan sempit membuat anda harus melakukan inovasi untuk memilih jenis furnitur yang sesuai kebutuhan.

Ada baiknya untuk memilih jenis furnitur yang memiliki ukuran kecil, biasanya sebauh meja dengan kaki tinggi serta dua buah kursi untuk menampung tamu yang datang.

Sebaliknya, anda juga bisa memasang jenis kursi panjang dengan kaki pendek namun dengan meja dengan kaki panjang, sehingga memungkinkan anda untuk menampung lebih banyak orang, namun ada baiknya untuk mengetahui ukuran teras yang dimiliki.

Sebaiknya anda memilih furnitur dengan bahan mebel, sebab mereka akan memiliki ketahanan terhadap cuaca dalam waktu yang lama, mengingat mereka akan menghadapi cuaca luar secara langsung.

Untuk memberikan kesan yang berbeda pada teras rumah, anda juga bisa merancang desain furnitur yang sesuai kebutuhan dan keinginan sehingga selaras dengan desain rumah anda.

Anda juga bisa menggunakan furnitur dengan bahan besi sehingga bisa bertahan dalam waktu lama tanpa perawatan khusus serta variasi warna yang beragam untuk mempercantik area teras rumah.

Keempat adalah menyesuaikan pencahayaan di area teras, pada pagi dan siang hari anda tentunya tidak perlu menyalakan lampu karena telah mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun di malam hari anda perlu memilih pencahayaan yang cukup terang, sehingga melindungi anda saat bersantai atau memberikan kesan khusus di area teras rumah anda.

Guna menghemat energi di area teras, anda bisa memilih lampu hemat energi yang bisa anda atur pencahayaan serta durasinya sehingga lebih menghemat penggunaan listrik.

Memilih desain rumah anti bocor akan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penghuni rumah dalam waktu lama, sehingga pilihlah desain terbaik dengan ahlinya dengan mengubungi http://wa.me/62859106509858 untuk penawaran terbaik.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *